Desain Modul Matematika berbasis Teori Van Hiele untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis

Rieza Indriani, Bambang Priyo Darminto, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Penelitian ini berfokus pada desain modul matematika dengan fase belajar Van Hiele. Perancangan modul dilakukan karena belum adanya modul berbasis Teori Van Hiele untuk materi segi empat. Tujuan dari penelitian ini yaitu melakukan desain modul matematika berbasis Teori Van Hiele untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis siswa serta mengetahui kevalidan dan kepraktisan modul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE) sampai pada tahap development sehingga dihasilkan desain modul matematika berbasis Teori Van Hiele pada materi segi empat. Fase belajar pada modul dirancang sesuai fase belajar Van Hiele yaitu informasi, orientasi terarah, uraian, orientasi bebas, dan integrasi. Pada desain modul tersebut, dilengkapi dengan stimulasi atau perintah yang bertujuan untuk menemukan konsep dan memandu siswa dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Modul dilengkapi dengan materi dan tugas diskusi yang dikaitkan dengan indikator kemampuan berpikir kritis sehingga dapat menstimulasi kemampuan berpikir kritis siswa. Pada tahap development dilakukan validasi produk oleh ahli materi dan ahli media serta uji coba terbatas untuk mengetahui kepraktisan modul dengan memberikan angket respon kepada guru dan siswa. Hasil dari uji kevalidan yaitu 94% untuk validasi materi dan 93% untuk validasi media. Sedangkan hasil uji kepraktisan yaitu 85%. Berdasarkan hal tersebut, disimpulkan bahwa modul memiliki tingkat kevalidan dan kepraktisan dengan kategori sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan pada uji coba secara klasikal. Modul mempunyai potensi positif dalam menstimulasi kemampuan berpikir kritis siswa karena stimulasi yang tedapat pada modul sangat kuat dengan fase belajar sesuai materi serta dikaitkan dengan indikator berpikir kritis.

Kata kunci: Teori Van Hiele, Modul Matematika, Kemampuan Berpikir Kritis.


Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, Nina. 2015. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Matematika SMP. Phytagoras, 4(1), 39-46.

Budiyono. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta : UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).

Diana, M., Netriwati, & Suri, F. S. (2018). Modul Pembelajaran Matematika Bernuansa Islami dengan Pendekatan Inkuiri. Jurnal Matematika, 1(1), 7-13.

Ennis, R. (1991). Critical Thinking: A Streamlined Conception. Teaching Philosopy, 5-24.

Himmi, N., & Hatwin, L.B.A.(2018). Pengembangan Modul Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel berbasis Geobegra terhadap Kemampuan Visual Thinking Matematis Siswa Kelas X. Pythagoras, 7(1), 35-46.

Howse, T. D., & Howse, M. E. (2014). Linking the Van Hiele Theory to Instruction. The National Council of Teachers of Mathematics, 305-313.

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. AdMathEdu, 5(1), 87-106.

Kurniati, A. (2016). Pengembangan Modul Matematika berbasis Kontekstual Terintegrasi Ilmu Keislaman. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Imu Pengetahuan, 4(1), 43-58.

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Peneilitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

NCTM. (2000). Executive Summary Principles an Standards for School Mathematics . Restorn, VA: NCTM.

OECD. (2016). Programme for International Student Assesment (PISA) Result from PISA 2015. OECD.

OECD. (2018). PISA 2018 Results Combined Executive Summaries Volume I, II, III. OECD.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Siagaan, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58-67.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Utami, T. N. (2018). pengembangan modul matematika dengan pendekatan science, technology, engineering, and Mathematics (STEM) pada materi segiempat. jurnal matematika, 1(2), 165-172.

Walle, J. (1994). Elementary School M




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.