Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Islam pada Materi Pokok Bilangan Bulat dan Pecahan

Fahrurrozi fahrurrozi Fahrurrozi, Nila Hayati, Miftahul Rahmi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika terintegrasi niali-nilai Islam yang valid, praktis, dan efektif di MTs NW Aik Anyar TP 2018-2019. Model pengembangan yang digunakan adalah model Dick & Carey yang telah dimodifikasi. Melalui proses pengembangan, telah dihasilkan perangkat pembelajaran matematika terintegrasi niali-nilai Islam dan instrumen penelitian. Berdasarkan analisis uji coba lapangan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika terintegrasi niali-nilai Islam telah memenuhi kriteria  kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kriteria kevalidan terlihat dari hasil analisis kevalidan perangkat pembelajaran matematika yang memenuhi kriteria valid. Kriteria kepraktisan perangkat pembelajaran matematika dilihat dari skor angket kepraktisan sebesar 204 yang memenuhi kriteria sangat mudah digunakan, skor lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 131 yang memenuhi kriteria sangat baik, skor lembar aktivitas siswa sebesar 126 yang memenuhi kriteria baik, dan skor angket respon siswa yang positif. Kriteria keefektifan perangkat pembelajaran matematika terlihat dari persentase ketercapain ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 63% yang memenuhi kriteria baik dari 35 siswa yang mengikuti tes.


Full Text:

PDF

References


Abdussakir. (2009). Matematika 1: Kajian integratif matematika dan Niali-nilai Islam. Malang: UIN Malang-Press.

Abdussakir. (2005). Matematika dan al-Qur'an. Disajikan pada Seminar Integrasi Matematika, al-Qur’an danKehidupan Sosial, 3 Agustus 2005, Topografi Komando Daerah Militer V Brawijaya, Malang. Abdussakir. 2006. Ada Matematika dalam Al-Qur’an. Malang: UIN-Maliki Press.

Abdussakir. 2007. Ketika Kyai Mengajar Matematika. Malang: UIN-Maliki Press.

Abdussakir. 2009. Matematika 1: Kajian Integratif Matematika dan Al-Qur'an. Malang: UIN-Maliki Press.

Abdusysyakir. (2006). Ada matematika dalam Niali-nilai Islam. Malang: UIN Malang-Press.

Aizikovitsh, E. Amit, M. In P. Brosnan, P., Erchick, D. B., & Flevares, L. (eds.) 2010. Is It Possible to Improve the Students Critical Thinking Dispositions Through Teaching a Course In Probability. Proc. 32nd Annual Meeting of the North American Chapter of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. OH: The Ohio State University.

Alim, Sahilur. (1998). Menguak Keterpaduan Sain, Teknologi dan Islam. Yogyakarta: Titian Ilahi Press

Arni Rahmawati. (2017). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis nilai-nilai Islam pada materi aritmatika sosial. Jurnal aksioma (Universtias Muhammadiyah metro). Vol. 6, No 1 (2017)

Annisah Kurniati. (2016). Pengembangan modul matematika berbasis kontekstual terintegrasi ilmu keislaman. Jurnal Al-khawarizmi (IAIN Palopo). Vol. 4, No 1 (2016)

Bambang Q-Anees, & Adang Hambali. (2008). Pendidikan karakter berbasis Niali-nilai Islam. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Deky Yudha Saksono. (2015). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Niali-nilai Islam di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Gemuh Pondok Pesantren Darul Arqam 4 Kendal. Naskah Publikasi Ilmiah. Surakarta: Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Endah Wulantika. (2016). Makalah seminar “Pengembangan bahan ajar matematika yang terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi garis dan sudut” UIN Raden Intan Lampung.

Fahmi Basya. (2004). Matematika islam. Jakarta: Penerbit Republika.

Fahrurrozi. (2014). Pengaruh PBM dalam setting pembelajaran kooperatif tipe STAD dan GI terhadap prestasi belajar dan kecerdasan emosional siswa. Jurnal riset pendidikan matematika. Volume 1, Nomor 1, Mei 2014.

Juz’an Afandi. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual budaya lombok. Jurnal Beta. Vol. 10, No. 1, hal. 1-17.

Karunia Eka Lestari, & Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian pendidikan matematika: Panduan praktis menyusun skripsi, tesis, dan karya ilmiah dengan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi disertai dengan model pembelajaran dan kemampuan matematis. Bandung: PT Refika Aditama.

Kohar, A.W. 2010. Makalah Seminar Pendidikan Matematika “Membumikan Pendidikan Nilai Melalui Integrasi Islam Dalam Pembelajaran Matematika”.FMIPA UNESA. Online ps://www.academia.edu

Kohar, A.W. 2010. Membumikan Pendidikan Nilai Melalui Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Seminar Pendidikan Matematika. (Online) https://bangqohar.wordpress.com/2012/10/16/membumikan pendidikan-nilai-melalui-integrasinilai-islam- dalam-pembelajaranmatematika

Kurniati, A. 2015. Mengenalkan Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak Dini. Suska Journal of Mathematics Education. 1(1): 1-8.

Kurniasih W. (2016). Implementasi integrasi agama dan sains dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar islam terpadu harapan umat brebes. Jurnal Dialektika. Vol. 3, No 2 (2016)

La Jamaa. (2015). Integrasi Matematika dan Islam. (Online) https://syariah.iainambon.ac.id/index.php/artikel- dosen/integrasimatematika-dan-islam-dr-la-jamaamhi

Mulia diana, Netriwati, & Freulein Intan Suri. (2018). Modul pembelajaran matematika bernuansa Islami dengan pendekatan inkuiri. Jurnal desimal. Vol. 1, No 1 (2018)

Nihayati. 2017. Integrasi Nilai-Nilai Islam dengan Materi Himpunan (Kajian Terhadap Ayat-Ayat Al-Qur’an). Jurnal Edumath. 3(1): 65-77.

Putra, R. W. Y., Nurwani, N., Putra, F. G., & Putra, N. W. (2017). Pengembangan Desain Didaktis Bahan Ajar Materi Pemfaktoran Bentuk Aljabar pada Pembelajaran Matematika SMP. NUMERICAL : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 193– 206.

Saifuddin Azwar. (1996). Tes prestasi: Fungsi pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Salafudin. (2015). Pembelajaran matematika yang bermuatan nilai islam. Jurnal Penelitian, Vol. 12, No. 2, hal. 223-243.

Sirojudin Wahid. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pedekatan saintifik dan bermuatan nilai-nilai Alqur’an untuk meningkatkan religiusitas dan prestasi belajar matematika siswa MTs kelas VII semester II. S2 thesis. Yogyakarta: UNY.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yasri. (2013). Strategi Pembelajaran Matematika yang Bernuansa Islami. [Online]. (Tersedia: http://bdkpadang.kemenag.go.id)

Zainuddin. (2008). Paradigma pendidikan terpadu: Menyiapkan generasi ulul albab. Malang: UIN-Malang Press.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i2.2648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.