Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri dan Pengukuran

Gemmi Santoso, Putri Yulia, Nur Rusliah

Abstract


Pembelajaran berbasis etnomatematika dirancang untuk berfokus pada materi yang dikaitkan dengan budaya daerah tempat siswa. Banyak siswa yang tidak mengetahui istilah-istilah adat desa setempat khususnya istilah-istilah yang bersifat pengukuran matematis, padahal siswa tersebut  merupakan penduduk asli desa setempat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Validitas Lembar Kerja peserta didik Siswa (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi geometri dan pengkuran. Penelitian ini bertempat pada SMP Negeri 4 Sungai Penuh dilakukan pada kelas VII dengan jumlah siswa 159  orang. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian pengembangan (Development Research) dengan jenis pengembangan Instructional Development Institute (IDI).Pengembangan instruksional model IDI menerapkan prinsip-prinsip pendekatan sistem. Ada tiga tahapan besar pendekatan sistem, yaitu penentuan (define) atau analisis kebutuhan, pengembangan (develop), dan evaluasi (evaluate).Hasil pada taha pengembangan (develop) dalam penelitian ini adalah LKPD berbasis berbasis etnomatematika pada materi geomerti dan pengkuran dinyatakan valid. Validasi LKPD ini dinilai oleh empat orang validator yang terdiri dari ahli media, bahasa dan pendidikan matematika. Rata-rata validitas LKPD Berbasis etnomatematika Pada Materi Geomerti dan Pengkuran secara keseluruhan adalah 4,417 dengan kategori valid.

Kata Kunci: Etnomatematika, Lembar Kerja Peserta Didik(LKPD)


Full Text:

PDF

References


Dewi, E. K., & Yulia, P. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran TAI dan PBI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 50 Batam. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 42-48.

Erita, S. (2017, September). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Realistic Mathematiceducation di Kelas VIIIMTSN Model Sungai Penuh. in conference proceeding icets 2016 (p. 546).

Husna, A., & Himmi, N. (2018). Pengembangan modul berbasis konstruktivisme pada mata kuliah analisis vektor di unrika. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 12-21.

Navia, Y., & Yulia, P. (2017). Hubungan Disiplin Belajar dan Konsentrasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2).

Rusliah, N. (2016). Pendekatan Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Anak di Wilayah Kerapatan Adat Koto Tengah Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi.

Sugiono (2009) .MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung :Cv.Alfabeta.

Tamur, M. (2012). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Etnomatematika Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Mahasiswa PGSD: Mengintegrasikan Tarian Caci Ke Dalam Bahan Ajar Di STKIP St Paulus Ruteng-Flores NTT (Doctoral dissertation, Universitas pendidikan indonesia).

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013, November). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. In Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY.

Yulia, P. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas V SD. In Seminar Nasional (Vol. 1, No. 1).

Yulia, P. (2017). Penerapan Teknik Spotlight dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMAN 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i2.2674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.