Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs

Ardy Irawan, M. Arif Rahman Hakim

Abstract


Media pembelajaran memiliki kontribusi dalam proses belajar mengajar, tidak saja membantu pengajar menyampaikan pelajaran tetapi juga memberikan nilai tambah dalam pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan media dalam proses belajar mengajar memiliki dua peranan penting, yaitu: (1) media sebagai alat bantu mengajar atau disebut sebagai dependent media karena posisi di sini sebagai alat bantu (efektivitas), (2) media sebagai sumber belajar yang digunakan sendiri oleh para peserta secara mandiri atau disebut dengan independent media. Salah satu media yang dapat dijadikan solusi sebagai media pembelajaran yang menarik adalah komik matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepraktisan dari media yang dikembangkan yaitu komik matematika. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang diadaptasi dari Branch (2009) meliputi tahap analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data kepraktisan dilakukan dengan menggunakan angket uji kepraktisan media pembelajaran oleh guru pada uji perorangan dan pengumpulan data kepraktisan oleh pada uji lapangan skala lecil dengan menggunakan angket persepsi siswa. Data pada instrumen angket uji kepraktisan yang telah diisi kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan melakukan perhitungan skor total untuk seluruh indikator yang kemudian dianalisis dengan rumus untuk mengetahui nilai kepraktisannya. Berdasarkan hasil uji kepraktisan dapat diketahui bahwa media yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat praktis yaitu dengan persentase uji coba perorangan (guru) 91,4% dan uji kelompok kecil (siswa) 93,8%. Jika dilihat berdasarkan penilaian dari guru maupun siswa menunjukan bahwa ada pertimbangkan mengenai media pembelajaran sehingga memenuhi kriteria kepraktisan.

Kata kunci: Media pembelajaran, Komik Matematika

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Aqib, Zainal. (2018). Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya

Arsyad, Azhar. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo

Branch, R.M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. USE: Springer Science -Bisnis Media, LLC, 233 Spring Street, New York, NY 10013, USA.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yokyakarta: Gava Media.

Hafiz, M. (2013). Research and Development: Penelitian di Bidang Pendidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Padang, vol. 16, no. 1 (http://ecampus. iainbatusangkar.ac.id, diakses 30 Januari 2021).

Jusniar, S., dkk. (2014). Pengembangan Perangkat Assesment Berbasis Keterampilan Generik Sains (KGS) pada Mata Kuliah Praktikum Kimia Fisika II. J.Pen.Pend.Kim, 1(1), 35-42.

Nieven, dkk. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Jan Van den Akker, Robert Maribe Braneh, Ken Gustafson, and Tjeerd Plomp (Ed). London: Kluwer Akademik Plubishers.

Pramita, A., & Agustini, R. (2016). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga pada Materi Senyawa Hidrokarbon Kelas XI SMA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa”. Unesa Journal of Chemical Education, 5(2), 336-344.

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano Universitas Negeri Semarang, 3(1). 69-70.

Sumantri, S. M. (2015). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali

Yuliana, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan PMRI pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk SMP Kelas IX.” Yogyakarta, vol. 6, no. 1 (http://journal.student.uny.ac.id, diakses 30 Januari 2013).




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.