Strategi Student Team Heroic Leadership dengan Pendekatan Open Ended Ditinjau dari Motivasi dan Prestasi Belajar

Muhammad Farid Nasrulloh, Khusnul Khotimah, Faisol Hidayatulloh, Agustina Sukrianingsih

Abstract


Seiring dengan berkembangnya zaman, semua bidang dalam segala aspek kehidupan ikut berkembang termasuk di dalamnya adalah bidang pendidikan. Pelajaran matematika di sekolah merupakan pelajaran yang bersifat abstrak, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang tepat untuk mengajarkan matematika agar peserta didik lebih mudah memahami konsep. Berdasarkan hasil wawancara dengan pendidik di MTsN 14 Jombang bahwa peserta didik cenderung pasif dan kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran khususnya pembelajaran matematika, karena mereka beranggapan  matematika  itu sulit. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui keefektifan penerapan Strategi Pembelajaran Student Teams Heroic Leadership dengan pendekatan Open Ended ditinjau dari motivasi belajar siswa. (2) Mengetahui keefektifan  penerapan Strategi  Pembelajaran Student Teams Heroic Leadership dengan pendekatan Open Ended ditinjau dari prestasi belajar siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Preexperimental design jenis one group pretest-posstest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 14 Jombang, sedangkan sampel penelitian yang diambil adalah siswa kelas VII A MTsN 14 Jombang yang berjumlah 38 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah (1) penerapan strategi pembelajaran Student Team Heroic Leadership dengan pendekatan Open Ended ditinjau dari motivasi belajar efektif dan (2) penerapan strategi pembelajaran Student Team Heroic Leadership dengan pendekatan Open Ended ditinjau prestasi belajar efektif.


Full Text:

PDF

References


Aditya Indra Kusuma, M. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri Pakem Sleman Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Negeri Yogyakarta.

Agustyaningrum, N. (2014). Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran Matematika Melalui Contextual Teaching and Learning Berbasis Open-Ended Problem. PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v3i2.586

Agustyaningrum, N., & Suryantini, S. (2016). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 27 Batam. PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v5i2.470

Anggraini, N. E. (2011). Peningkatan Keaktifan dan Pemahaman Konsep Lingkaran Melalui Strategi Student Team Heroic Leadership pada Siswa Kelas VIII Semester II MTS Negeri Pacitan Tahun Ajaran 2010/2011 [S1, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://doi.org/10/2011

Chasanah -, W., Nasrulloh, M. F., & Darmawan, M. F. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pertidaksamaan Irasional dengan Strategi Pembelajaran Discovery. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 6(1), 18–23.

Darmadi, L. P., Sulastri, M., & Rati, N. W. (2013). Pengaruh Strategi Student Team Heroic Leadership Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA di Gugus 1 Kecamatan Busungbiu. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1272

Desy Rikha Setyanty, 4101403575. (2007). Efektivitas Pembelajaran Matematika Bangun Ruang dengan Strategi Student Team Heroic Leadership dan Pemberian Tugas Terstruktur Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N 15 Semarang [Other, Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/1876/

Hanggara, Y., & Wajubaidah, W. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 50 Batam Tahun Pelajaran 2015/2016. PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v5i2.465

Isnani, I. (2018). Strategi Student Team Heroic Leadership Berbasis LMS Moodle Pada Matakuliah Analisis Real. Procediamath, 1(2), Article 2. https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/semnasmat/article/view/3263

Khotimah, K., & Nasrulloh, M. F. (2019). Kemampuan Literasi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Global dan Kemampuan Matematika. Prosiding Silogisme, 1(1), Article 1. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/PSNPM/article/view/598

Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29–36. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332

Nasrulloh, M. F. (2019). Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA: Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 4(1), 7–15.

Nidawati, N. (2013). Belajar Dalam Perspektif Psikologi Dan Agama. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.22373/pjp.v4i1.153

Shilaturahmi, S., & Yusnita, Y. (2018). Hubungan Antara Motivasi dan Gaya Belajar Terhadap IP Mahasiswa Pekerja Prodi Pendidikan Matematika Unrika Tahun 2016/2017. PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 7(1), 55–60. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1227

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sukestiyarno, & Waluyo, B. (2006). Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Membentuk Mahasiswa menjadi Matematikawan yang Filsafati Melalui Pembelajaran Filsafat Ilmu dengan Strategi Student Team Heroic Leadership. UNNES Semarang.

Sukoco, H., & Safitri, N. (2017). Pengaruh Penerapan Strategi Active Learning Tipe Question Student Have terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Sultan Agung Seyegan. PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i1.620

Surya, E., & Husna, A. (2018). Hubungan Sense of Humor, Kecerdasan Emosional dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Teladan Kota Batam. PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 7(1), 68–77. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1190

Susanto, H. P. (2016). Analisis hubungan kecemasan, aktivitas, dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika siswa. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 134–147. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.10




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.