Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi program linier dengan prosedur Newman

Daniel Dikman Simangunsong, Yesi Gusmania, Asmaul Husna

Abstract


Abstrak. Berdasarkan hasil survey di lapangan, siswa masih beranggapan matematika itu abstrak, sulit, dan tidak ada penerapannya dikehidupan sehari-hari. Salah satu materi yang erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari adalah Program linier. Kesulitan siswa dalam materi program linear kurangnya pemahaman dalam memahami konsep program linier, sehingga banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal program linear. Seperti salah membuat model matematikanya, salah dalam menggambarkan grafik penyelesaiannya, dan juga tidak menyelesaikan soal tersebut berdasarkan langkah-langkah yang telah diajarkan oleh guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMA Tunas Baru Jin-Seung Batam bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan dan kesalahan apa yang paling sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi program linier berdasarkan prosedur Newman. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan metode kualitatif melalui tahapan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPS 1 SMA Tunas Baru Jin-Seung Batam yang berjumlah 38 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu instrumen tes yang valid dan reliabel (r = 0,648) dan instrumen wawancara semi-terstruktur. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI IPS 1 SMA Tunas Baru Jin-Seung Batam melakukan kesalahan yang meliputi kesalahan keterampilan proses sebesar 68,42%, kesalahan memahami sebesar 60,52%, kesalahan transformasi sebesar 46,05%, kesalahan penulisan jawaban sebesar 28,95%, dan kesalahan membaca sebesar 14,47%. Sehingga siswa diharapkan untuk lebih memahami konsep program linier dan menambah latihan soal dengan variasi yang berbeda. Kata kunci: Kesalahan Siswa, Soal Cerita Matematika, Program Linier, Prosedur Newman Abstract. Students still think math is abstract, difficult, and there is no application to daily life. One of the subject closely related to daily life is the linear programming. However, the students still do not understand the concept of a linear programming that made a mistake in completing. This research was conducted in Senior High School Jin-Seung Batam to describe the types of errors made by students and the type of error that most student make in resolving the math word problems on linier programming materials based on Newman procedures. This research is a descriptive study used a qualitative method cover the phases of data collection, data reduction, data display, and data verification. Research subjects in this study were all the students of class 11th social Senior High School Jin-Seung Batam which numbered 38 students. The instruments used to collect data were valid and reliable (r = 0,648) test instrument and a semi-structured interview instrument. Based on the result obtained, it can be concluded that students in class 11th social Senior High School Jin-Seung Batam made mistakes in resolved math word problems on linier programming materials that includes process skills erorrs by 68,42%, comprehension errors by 60,52%, transformation errors by 46,05%, encoding errors by 28,95%, and reading errors by 14,47%. So students are expected to better understand the concept of the linear programming and add to exercise problems with different variations. Keywords: Students Error, Math Word Problems, Linier Programming, Newman Procedures

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amalia, R., Aufin, M., & Khusniah, R. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pokok Bahasan Persamaan Linier Berdasarkan Newman Kelas X-Mia di SMA Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, II, 346–359.

Bazaraa, M. S., Jarvis, J. J., & Sherali, H. D. (2010). Linear Programming and Network Flows (Edisi ke-4). Wiley.

Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi datar. Journal for Research in Mathematics Learning, 1(1), 71–78.

Febriani, D. E., & Mukhni, M. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(4), 24–29.

Haryati, T., Suyitno, A., & Junaedi, I. (2016). Abstrak. Journal of Mathematics Education, 5(1), 1–15.

Himmi, N, & Husna A. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Prinsip Inklusi Eksklusi Berdasarkan Prosedur Newman. Pythagoras Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 18 - 27.

Jha, S. K. (2012). Mathematics performance of primary school students in Assam (India): An analysis using Newman Procedure. International Journal of Computer Applications in in Engineering Sciences, II(I), 17–21.

Paladang, K. K., Indriani, S., & Dirgantoro, K. P. S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SLH Medan Dalam Mengerjakan Soal Matematika Materi Fungsi Ditinjau Dari Prosedur Newman. Journal of Holistic Mathematics Education, 1(2), 93–103.

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitaif Instrumen Penelitian (Edisi ke-1.). Parama Publishing.

Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis Problem Solving in Mathematical Using Theory Newman. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671–681. https://doi.org/10.12973/ejmste/80630

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif (Edisi ke-3). Alfabeta Bandung.

Sundayana, R. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan (Edisi ke-4). Alfabeta Bandung.

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876–884.

Suyitno, H. (2015). Learning Therapy For Students In Mathematics Communication Correctly Based-On Application Of Newman Procedure. International Journal of Education and Research, 3(1), 529–538.

Wijaya, A. P., & Yunarti, T. (2018). Program Linier (Edisi ke-1). Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2.3525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.