Pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan macromedia Flash 8 pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV)

Suripah Suripah, Romas Intan Siregar, Alzaber Alzaber, Leo Adhar Effendi, Nofriyandi Nofriyandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berupa media pembelajaran interaktif menggunakan macromedia flash 8 pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP yang teruji kevalidanya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi menjadi 4 fase, yaitu: (1) analysis; (2) design; (3) development; (4) evaluation. Instrumen pengumpulan data penelitian adalah lembar validasi media pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert. penelitian ini dilaksanakan mulai dari validasi media pembelajaran pada tanggal ….kepada dua orang validator dan satu guru Matematika SMP.  Data validasi dianalisis secara deskriptif dengan cara menghitung rata-rata dari setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi media pembelajaran sebesar 71.666 dengan kategori cukup valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan macromedia flash 8  pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP teruji cukup valid.  

This study aims to develop mathematics learning media in the form of interactive learning media using macromedia flash 8 on the two-variable linear equation system (SPLDV) material in class VIII SMP whose validity has been tested. This research is a development research using the ADDIE development model which is modified into 4 phases, namely: (1) analysis; (2) designs; (3) development; (4) evaluation. The research data collection instrument is a learning media validation sheet. The data collection technique used a Likert scale questionnaire. This study was validated by two validators and one junior high school mathematics teacher. Validation data were analyzed descriptively by calculating the average of each meeting. The results showed that the results of the validation of the learning media were 71,666 with a fairly valid category. Based on the results of the study, it can be concluded that interactive learning media using macromedia flash 8 on the material of the two-variable linear equation system (SPLDV) in class VIII SMP has been tested to be quite valid.


Keywords


ADDIE, macromedia flash 8, media pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

References


Afriyanti, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Macromedia Flash Pro 8 Materi Gerak Lurus. UIN Raden Intan Lampung.

Aholongan, A., & Suripah, S. (2021). Student Ability in Using Algebrator Software: Case Study During Online Learning. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 24–34. https://doi.org/10.22373/jppm.v5i1.9977

Arda, A., Saehana, S., & Darsikin, D. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer untuk siswa SMP Kelas VIII. Mitra Sains, 3(1), 69–77.

Atmawarni, U. M. A. (2012). Penggunaan Multimedia Interaktif Guna Menciptakan Pembelajaran yang Inovatif di Sekolah. Perspektif, 1(1).

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.

Azriah, A. (2018). Peranan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Berbantuan Macromedia Flash Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Daya Ingat Dan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Jarak Dalam Ruang Untuk Sma Kelas XII. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 865–869.

Cahyanti, A. D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif Berbasis Adobe Flash CS 6 Pada Kompetensi Jurnal Penyesuaian Untuk Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Tempel. Skripsi Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Daulati, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP. Universitas Islam Riau.

Fitriani, F., Maifa, T. S., & Bete, H. (2019). Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4).

Hendikawati, P., Zahid, M. Z., & Arifudin, R. (2019). Keefektifitan media pembelajaran berbasis android terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 917–927.

Instrumen Perangkat Pembelajaran. (Remaja Ros). (n.d.).

Marhayati, L. (2018). Pengaruh Strategi Everyone Is Teacher Here Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA S PP DR. M. Natsir Alahan Panjang. Journal of RESIDU, 2(5, Juni), 50–57.

Mayana, I., Sthephani, A., Effendi, L. A., & Yolanda, F. (2021). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Macromedia Flash 8 Dimasa Pandemi Covid-19. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(2), 144–155.

Meilinda, N. V., Nuraisyah, L. F., & Senjayawati, E. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash 8 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Journal on Education, 1(3), 512–524.

Munir. (2013). Multimedia (Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan). Alfabeta.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Prestasi Pustaka.

Permendiknas, R. I. (2006). No 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi Untuk Satiuan Pendidikan Dasar Dan Menengah”. Jakarta: Depdiknas.

Putri, V. W., & Suripah, S. (2021). Eksplorasi Hasil Penelitian yang Terintegrasi Teknologi Informasi dan komputer (TIK) dalam Pembelajaran Matematika. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 14(2), 208–222. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v14i2.11762

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana Pernadamedia Grup.

Simorangkir, F. M. A., & Sembiring, R. K. B. (2018). Peningkatan Kemampuan Number Sense Siswa Melalui Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Software Lectora Inspire. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 29–35. https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.866

Suherman, E. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Jica.

Suripah, S., Dahlia, A., Effendi, L. A., Ariawan, R., & Ningsih, P. D. S. (2021). Ipteks bagi Masyarakat: Guru SMP/MTs Mahir Menganalisis Data Menggunakan Program SPSS. Community Education Engagement Journal, 3(01), 69–77. https://doi.org/10.25299/ceej.v3i01.6752

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Wardani, K. W., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis macromedia flash materi luas dan keliling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 73–84.

Wati, E, R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i1.3961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.