Analisis Faktor Penyebab Kecemasan Belajar Matematika Pada Siswa SMA Ditinjau dari Hasil Belajar

Pandanwangi Cahya Milena, Puji Nugraheni, Dita Yuzianah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang menyebabkan kecemasan belajar matematika yang ditinjau berdasarkan hasil belajar pada siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prembun. Teknik pengambilan subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan snowball sampling. Pengambilan data penelitian menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan faktor penyebab kecemasan belajar matematika dengan kategori hasil belajar tinggi yaitu faktor lingkungan berupa tertekan saat pembelajaran daring, faktor intelektual meliputi kebingungan dengan materi, dan faktor lainnya yaitu takut jika nilai tidak sesuai dengan harapan. Kategori hasil belajar sedang faktor penyebabnya yaitu faktor intelektual berupa kurang paham dengan matematika, faktor kepribadian meliputi kurangnya kepercayaan diri, dan faktor lingkungan meliputi takut tidak dapat menyelesaikan persoalan di depan kelas. Kategori hasil belajar rendah faktor penyebabnya adalah faktor intelektual berupa kurangnya pemahaman matematika serta cemas saat ujian, dan faktor lingkungan meliputi takut saat pembelajaran tatap muka.

Full Text:

PDF

References


Kartono, K. (2014). Patologi Sosial 3 Gangguan-gangguan Kejiwaan (8th ed.). PT. Raja Grafindo Persada.

KBBI. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. Retrieved November 28, 2020, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/cemas

Nurjanah, I., & Alyani, F. (2021). Kecemasan Matematika Siswa Sekolah Menengah pada Pembelajaran Matematika dalam Jaringan. Jurnal Elemen, 7(2), 407–424. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3522

Peker, M. (2009). Pre-service teachers’ teaching anxiety about mathematics and their learning styles. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 5(4), 335–345. https://doi.org/10.12973/ejmste/75284

Priyanto, D. (2017). Tingkat Dan Faktor Kecemasan Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(10), 217220.

Qausarina, H. (2016). Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh [UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR- RANIRY DARUSSALAM- BANDA ACEH]. https://core.ac.uk/download/pdf/293465511.pdf

Ranjan, & Chandra, G. (2013). Math anxiety: The poor problem solving factor in school mathematics. International Journal of Scientific and Research Publications, 3(4), 1–5.

Sudrajat, A. (2008). Upaya Mencegah Kecemasan Siswa di Sekolah. https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/07/01/upaya-mencegah-kecemasan-siswa-di-sekolah/

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Whyte, J., & Anthony, G. (2012). Maths Anxiety: The Fear Factor in the Mathematics Classroom. New Zealand Journal of Teachers’ …, 9(1), 6–15. http://www.teacherswork.ac.nz/journal/volume9_issue1/whyte.pdf




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.