KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN METODE K-MEANS CLUSTERING MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Malim Muhammad, Lukmanul Akhsani

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dengan metode k-means clustering melalui model problem based learning pada mata kuliah pengembangan media komputer. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Untuk memperoleh data kemampuan komunikasi matematis mahasiswa menggunakan tes pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pada mata kuliah pengembangan media komputer meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai pemahaman kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pada siklus 1 terdiri dari cluster 1 beranggotakan 22, cluster-2 beranggotakan 2, dan cluster-3 beranggotakan 1 mahasiswa dengan jarak minimum antar pusat cluster yang terjadi dari hasil iterasi adalah 1,252. Pada siklus 2 terdiri dari cluster-1 beranggotakan 4, cluster-2 beranggotakan 13, dan pada cluster-3 terdapat beranggotakan 8 mahasiswa dengan jarak minimum antar pusat cluster yang terjadi dari hasil iterasi adalah 1,527. Pada siklus 3 terdiri dari cluster-1 beranggotakan 7, cluster-2 beranggotakan 13, dan pada cluster-3 terdapat beranggotakan 5 mahasiswa dengan jarak minimum antar pusat cluster yang terjadi dari hasil iterasi adalah 1,521. Nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematika mahasiswa pada siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 mengalami peningkatan, dimana pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata sebesar 24,84 termasuk kriteria kurang dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 4%, pada siklus 2 nilai rata-ratanya sebesar 47,56 termasuk kriteria cukup dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 32% dan pada siklus 3 diperoleh nilai rata-rata 64,92 termasuk kriteria baik dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 60%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis mahasiswa meningkat.

Kata kunci: Komunikasi Matematis, Problem Based Learning, K-Means Clustering

 

Abstract. This research aims to improve the ability in mathematic communication of the students with the method of k-means clustering through problem based learning model on the courses of computer media development. This research is a classroom action research that consists of 3 cycles. To obtain the data of the ability in mathematic communication of the students used test at the end of each cycle. Based on the research results, the ability in mathematic communication of the students on the courses of computer media development increased. This is demonstrated by an increased understanding of the value of mathematical communication ability of students in cycle 1 there is cluster-1 consists of 22, cluster-2 consists of 2, and cluster-3 consists of 1 student with a minimum distance between the center of the clusters that occur from the results of the iteration was 1.252. On cycle 2 there is cluster-1 consists of 4, cluster-2 consists of 13, and cluster-3 consists of 8 student with a minimum distance between the center of the clusters that occur from the results of the iteration was 1.527.  On cycle 3 there is cluster-1 consists of 7, cluster-2 consists of 13, and cluster-3 consists of 5 student with a minimum distance between the center of the clusters that occur from the results of the iteration was 1.521. The average value of mathematical communication ability tests of students in cycle 1, cycle 2, and cycle 3 has increase, where in the cycle 1 obtained average value of 24.84 including criteria less with percentage by 4%, on the average value of cycle 2 of 47.56 including the criteria fair with percentage of 32% and study on cycle 3 obtained average value of 64.92 including the criteria good with percentage of 60%. It can be concluded that the ability of mathematical communication students increased.

Keywords: Mathematical Communication, Problem Based Learning, K-Means Clustering


Full Text:

PDF

References


Agusta, Y. (2007). K-Means-Penerapan, Permasalahan dan Metode. Jurnal Sistem dan Informatika, Vol. 3, 47-60.

Arikunto, S. (2010). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Duch, et.al. (2000). Problem-Based Learning: Preparing Students to Succeed in the 21st Century. http://www.hku.hk/caut/homepage/tdg/5/Teaching%20Matter/Dec.98.pdf. Diakses tanggal 22 Januari 2016.

Kunandar. (2008). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Lang, H. R, & Evans, D.N. (2006). Models, Strategis, and Methods for Effective Teaching. USA: Pearson Education, Inc.

NTCM. (2000). Prinsiples and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM.

Nugroho, Y.S. (2014). Modul Praktikum Data Mining Berdasarkan Kurikulum 2013. Surakarta: Program Studi Teknik Informatika Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Roh, K. H. (2003). Problem-Based Learning in Mathematics. Dalam ERIC Digest. ERIC Identifier: EDO-SE-03-07. http://www.ericdigest.org/ . Diakses tanggal 14 Januari 2016.

Santoso. 2007. Pengertian K-Means Clustering. http://www.eprints.undip.ac.id/23168/1/TA_NUXON_J2F005280.pdf . Diakses tanggal 02 Februari 2016.

Sudjana, N. (2001). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remadja Rosdakarya.

Tan, O. S. (2004). Cognition, Metacognition, and Problem-Based Learning, in Enhancing Thinking through Problem-based Learning Approaches. Singapore: Thomson Learning.

Usman, U. (2006). Menjadi Dosen Profesional. Bandung :Remadja Rosdakarya.

Vermont Department of Education. (2004). Mathematics Problem Solving Criteria. http://www.acsu.k12.vt.us/sclrpt97/MATHPRO.html Diakses tanggal 25 Januari 2016.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v5i2.464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.