PERBEDAAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN GEOGEBRA DAN AUTOGRAPH DI MAN 1 MEDAN

Nailul Himmi Hasibuan

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan self-efficacy antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra dan autograph. Jenis penelitian quasi eksperiment. Populasi seluruh siswa MAN 1 Medan. Sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas XI IPA 3 (41 siswa) diajarkan dengan PBM berbantuan geogebra dan kelas XI IPA 4 (43 siswa) diajarkan dengan PBM berbantuan Autograph. Instrumen yang digunakan berupa angket self eficacy. Analisis yang dilakukan menggunakan ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan terhadap self- efficacy antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra dengan Autograph (signifikan 0.005)

Kata kunci: Berpikir Kritis, Self Efficaccy, Pembelajaran Berbasis Masalah, Geogebra, Autograph

 

Abstract. The aim of this research is to know about the difference of students' self-efficacy between problem-based learning by Geogebra and Autograph. The research is a quasi-experiment. Population is students of MAN 1 Medan. The sampling technique is using purposive sampling. Class XI IPA 3 (41 students) was taught by PBM by GeoGebra and class XI IPA 4 (43 students) was taught by PBM by Autograph. The instrument use self-efficacy questionnaire. Analysis is done using ANAVA. The results showed that there are significant differences between the students' self-efficacy between problem-based learning by Geogebra and Autograph with sig (0.005).

Keywords: Critical Thinking, Self Efficaccy, Problem Based Learning, GeoGebra, Autograph

Full Text:

PDF

References


Bandura. 1977. Self efficacy: Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Psychological Review, Vol 84 No 1: 191-215.

Dewanto, S.P. 2008. Peran Kemampuan Akademik Awal, Self Efficacy dan Variabel Non Kognitif Lain Terhadap Pencapaian Kemampuan Representasi Multipel Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Educationist. Vol 11(2): 123-133.

Gaspersz, V. 1994. Metode Perancangan Percobaan untuk: Ilmu-ilmu Pertanian, Ilmu-ilmu Teknik, Biologi. Bandung: Armico

Kartz, S. 2015. Enhancing Self Efficacy of Elementary School Students to Learn Mathematic. Jurnal of Curriculum and Teaching. Vol 4. No 1: 2015.

Laili, N.I. 2015. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dan Self Efficacy pada Materi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi Kelas XI SMA Negeri 4 Sidoarjo. UNESA Journal of Chemical Education. Vol 4. No1: 62-68: 2015.

Makkulau. 2009. Perempuan dan Matematika. Egelita, Vol 4 No 2: 178-184.

Mukhid, A. 2009. Self Efficacy (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya Terhadap Pendidikan). Tadris, Vol 4 No 1: 106-122.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: USA.

Neter, J. 2005. Applied Linier Statistical Model Fifth Edition. New York : McGraw-Hill Companies, Inc

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Peofesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Warwick, J. 2008. Mathematical self efficacy and student engagement in the mathematics classroom. MSOR Connection, Vol 8 No 3: 31-37.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v5i2.469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.