HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 27 BATAM

Nina Agustyaningrum, Silfia Suryantini

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dan kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII  SMP N 27 Batam. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP N 27 Batam yang terdiri dari 129 siswa sedangkan metode pengambilan sampel adalah sampel jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji signifikansi koefisien korelasi dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 27 Batam dengan besar hubungan yang termasuk kategori hubungan kuat; (2) terdapat  hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 27 Batam dengan besar hubungan 0,5 yang termasuk kategori hubungan cukup; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dan kepercayaan diri secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 27 Batam dengan besar hubungan 0,6 yang termasuk kategori hubungan kuat.

Kata kunci: kebiasaan belajar, kepercayaan diri, hasil belajar matematika

 Abstract. This study aims to find out if there any significant relationship between the habits of learning and self-confidence with mathematics learning outcomes of 8th graders in SMP N 27 Batam. This type of research was correlational with the population was all 8th graders of SMP N 27 Batam which consist of 129 students, while the sampling method was saturated sampling. The instrument used in this study was a questionnaire that had been tested for the validity and reliability. The data was analyzed using F and t test to test the significance of the correlation coefficient. The results of the study using 5% significant level, showed that (1) there was a significant relationship between the habits of learning with mathematics learning outcomes of 8th graders in SMP N 27 Batam with correlation coefficient 0,6 which belongs to strong relationship category; (2) there was a significant relationship between the self-confidence of 8th graders in SMP N 27 Batam with correlation coefficient 0,5 which belongs to enough relationship category; and (3) there was a significant relationship between the learning habits and self-confidence together with mathematics learning outcomes of 8th graders in SMP N 27 Batam with correlation coefficient 0,6 which belongs to strong relationship category.Keywords: habits of learning, self-confidence, mathematics learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenademedia Group.

Arly Asena Syarif. (2012). ”Hubungan antara Self Confidence dan Personality dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N Batam Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi, tidak diterbikan, Universitas Riau Kepelulauan, Batam.

Dimyati dan Mujiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamilah Bondan Widjajanti. (2010). Mengembangkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa calon guru matematika melalui strategi perkuliahan kolaboratif berbasis masalah. Makalah Seminar Nasional Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yogyakarta 17 April 2010

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Undang-Undang Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003

Wulanningsih. (2012). Pengaruh kebiasaan belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar SMK Muhammadiyah Cawas Tahun Ajaran 2011/2012. Diambil pada tanggal 02 Oktober 2015, dari https://izzaila.files.wordpress.com/2012/01/prilaku-belajar-1.pdf




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v5i2.470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.