CAN REMEDYING INDUCE CONCEPTUAL CHANGE IN STUDENTS’ MISCONCEPTION OF LINEARITY?

Dwi Afrini Risma

Abstract


Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari sering ditemukan masalah-masalah yang dapat dimodelkan ke dalam persamaan linear. Kenyataan ini menimbulkan persepsi dan generalisasi bahwa konsep linearitas dapat diaplikasikan terhadap semua permasalahan. Persepsi dan generalisasi ini tentu saja tidak benar. Generalisasi yang berlebihan dan persepsi ini seringkali ditemukan ketika siswa bekerja dengan konsep nonlinear, yakni siswa cenderung menggunakan konsep linearitas ketika menyelesaikan masalah nonlinear. Kesalahan seperti ini tentu saja bukan hanya kesalahan persepsi saja tetapi juga telah menjadi kesalahan konseptual. Banyak studi telah dilakukan guna mengetahui sumber kesalahan konseptual ini. Banyak pula studi yang dilakukan guna mengubah kesalahan konseptual pada siswa.  Salah satu studi terkini dan sering diperbincangkan adalah studi yang dilakukan oleh Van Dooren, Hessel, Janssens, dan Verschaffel (2004). Dalam studinya, Van Dooren et.al (2004). melakukan intervensi terhadap 35 orang siswa kelas 8 di Finladers, Belgia. Terdapat beberapa aspek yang diabaikan dalam riset tersebut, dan berlawanan dengan konsep perubahan konseptual yang disampaikan. Berkaitan dengan masalah tersebut, pada artikel ini penulis akan mendiskusikan dan mengritisi  studi yang dilakukan oleh Van Dooren et. al. (2004).

 

Keywords: conceptual change, linearity problem, nonlinearity problem


Full Text:

PDF

References


Behr, M. J., Harel, G., Post, T., & Lesh, R. (1992). Rational number, ratio, and proportion. (D. A. Grouws, Ed.) New York: Macmillan.

Berté, A. (1993). Mathématique dynamique [Dynamical mathematics]. Paris: Nathan.

Chinn, C. A., & Samarapungavan, A. (2009). Conceptual Change - Multiple Mechanisms: A Commentary on Ohlsson. Educational Psychologist, 4(1), 48-57.

Daumas, D. (1989). La démonstration de l’irrationalité chez les grecs [Demonstration of irrationality by the Greek]. In Commission inter-IREM Histoire et Epistémologie des Mathématiques (Ed.). Lyon: IREM.

Daumas, D. (1989). La démonstration de l’irrationalité chez les grecs [Demonstration of irrationality by the Greek]. In In Commission inter-IREM Histoire et Epistémologie des Mathématiques (Ed.). Lyon: IREM.

De Bock, D., Van Dooren, W. H., Janssens, D., & Verschaffel, L. (2002). Imporper Use of Linear Reasoning: An In-Depth Study of The Nature and The Irresistibilty of Secondary School Student's Errors. Educational Studies In Mathematics, 311-334.

De Bock, D., Van Dooren, W., Janssens, D., & Verschaffel, L. (2007). The Illusion of Linearity: From Analysis to Improvement. Springer.

Greer, B. (1993). The mathematical modelling perspective on wor(l)d problems. Journal of Mathematical Behavior, 12, 239-250.

Lelouard, M., Mira, C., & Nicolle, J. M. (1989). Différentes formes de démonstrations dans les mathématiques grecques [Different forms of demonstrations in Greek mathematics]. In In Commission inter-IREM Histoire et Epistémologie des Mathématiques (Ed.) (pp. 155-180). Lyon: IREM.

Litwiller, B., & Bright, G. (Eds.). (2002). Making sense of fraction, ratios, and proportions. Reston: VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Mason, L. (2001). Introduction to special issue ‘‘Instructional practices for conceptual change in science domains’’. Learning and Instruction, 11, 259-263.

Mortimer, E. F. (1995). Conceptual Change or Conceptual Profile Change? Science & Education, 4, 276-285. doi:31.270-901

Poortvliet, R., & Huygen, W. (1977). Gnomes. New York: Harry N. Abrams Inc.

Rouche, N. (1989). Prouver: amener à l’évidence ou contrôler des implications? [Proving: bringing back to evidence or verifying the implications?]. In Commission inter-IREM Histoire et Epistémologie des Mathématiques (Ed.) (pp. 8-38). Lyon: IREM.

Rouche, N. (1992). Le sens de la mesure [The sense of measurement]. Bruxelles: Didier Hatier.

Tourniaire, F., & Pulos, S. (1985). Proportional reasoning: A review of thee literature. Educational Studies in Mathematics, 16, 181-204.

Van Dooren, W., De Bock, D., Hessels, A., Janssens, D., & Verschaffel, L. (2004). Remedying secondary school students' illusion of linearity: a teaching experiment aiming at conceptual change. Learning and Instruction, 458-501.

Van Haaften, W. (2007). Conceptual Change ang Paradigm Change: What's the Difference? Theory & Psychology, 59-84.

Verschaffel, L., De Corte, E., & Lasure, S. (1994). Realistic considerations in mathematical modelling of school arithmetic word problems. Learning and Instruction, 4, 273-294.

Verschaffel, L., De Corte, E., Lowyck, J., Dhert, S., & Vandeput, L. (2000). Supporting mathematical problem solving and posing in upper elementary school children by means of Knowledge Forum. Deliverable of project No. 2017 CL-Net: Computer Supported Collaborative Learning Network in Primary and Secondary Education.

Verschaffel, L., Greer, B., & De Corte, E. (2000). Making sense of word problems. Lisse, The Netherlands: Sweet & Zeitlinger.

Vosniadou, S., Ioannides, C., Dimitrakopoulou, A., & Papademetriou, E. (2001). Designing learning environments to promote conceptual change in science. Learning and Instruction, 11, 381-419.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v3i2.582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.