Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA ditinjau dari gender

Reski Herawati, Zainuddin Untu, Achmad Muhtadin

Abstract


Literasi matematis merujuk pada kemampuan siswa dalam merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan konsep matematika dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi literasi matematis adalah perbedaan gender. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk menganalisis dan mengetahui kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA ditinjau dari gender. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik triangulasi data yang mengambil data dengan metode tes, wawancara dan dokumentasi, metode tes yang melibatkan 30 subjek siswa (15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan) yang berumur 15 tahun keatas di SMP Negeri 22 Samarinda, selanjutnya dipilih 3 siswa dari setiap gendernya dari hasil tes literasi matematika yang dinilai berdasarkan pedoman penskoran untuk di wawancarai, setiap gender mewakili soal berdasarkan kategori rendah, sedang dan tinggi. Adapun indikator kemampuan literasi matematis dalam penelitian ini mengacu pada indikator proses literasi matematis, yaitu merumuskan situasi nyata secara matematis, menggunakan konsep fakta prosedur dan alasan matematika, serta menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi hasil matematika. Hasil dari penelitian diperoleh subjek laki-laki dan subjek perempuan sudah mampu memenuhi indikator proses literasi matematis untuk setiap kategorinya, dan mampu menjelaskan yang diketahui dan ditanyakan pada soal, akan tetapi subjek perempuan memiliki kecenderungan malu-malu dan kurang percaya diri akan argumennya

Keywords


literasi matematis; gender; soal PISA

References


Abrar, A. I. P., Annas, A., Siddik, A. S. M., Aulliani, I., & Jamaluddin, A. I. (2025). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pada Materi Geometri Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, I, 481–490.

Aisyah, S. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender [Other, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24319/

Amelia, Effendi, K. N. S., & Lestari, K. E. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(9), 136–145.

Anggoro, B. S. (2022). Persepsi Siswa Smp Terhadap Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender Dan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis. Edutainment, 10(2), 71–78. https://doi.org/10.35438/e.v10i2.656

Awalyah, S., Nuraida, I., & Sunaryo, Y. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Dilihat Dari Perspektif Gender. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6697

Azainil, Muhtadin, A., & Tahir, M. U. (2024). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Mts Insan Cendekia Sangatta. Prosiding Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), Article 1.

Damanik, A. S., & Handayani, R. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.596

Farida, R. N., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pisa Konten Change and Relationship. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2802–2815. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.972

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.535

Ginting, R. J. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Biasa Kelas Iv Sd Internasional Putri Deli T.a 2018/2019. Digital Repository Universal Quality, 5–13.

Hanifah, N. (2018). Smp Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Maju : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 133–146.

Hidayanti, N., Soekamto, H., & Masruroh, H. (2023). Model Project Based Learning berbantuan 3D Maps materi pola aliran sungai: Pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(4), Article 4. https://doi.org/10.17977/um063v3i4p354-366

Kahar, M. S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMA kota Sorong terhadap Butir Soal dengan Graded Response Model. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 11–18. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1389

Laily, E. N., Adirakasiwi, A. G., & Nur, I. R. D. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Kelas X ditinjau dari Gender. PRISMA, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3473

Laksana, H. (2020). MAGNET KEPRIBADIAN Bagaimana Menjadi Pribadi Hebat, Tangguh, Memikat, dan Berpengaruh. Araska Publisher.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: In PT. Refika Aditama

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825

Muslimah, H., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 8(1), 36–43. https://doi.org/10.21831/jpms.v8i1.30000

Novitria, F., & Khoirunnisa, R. N. (2022). Perbedaan Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa Baru Jurusan Psikologi Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1), 11–20. https://doi.org/10.26740/cjpp.v9i1.44550

Noviana, K. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 195–211. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.2830

Nurjanah, M. (2021). Implementasi LOTS DAN HOTS Pada Soal Tema 3 Kelas 1 MI/SD. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.52647/jep.v3i2.36

OECD. (2019). PISA 2018 Mathematics Framework. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, 73–95.

OECD. (2022). Program for International Student Assessment (PISA). National Center for Education Statistics. https://nces.ed.gov/surveys/pisa/

OECD. (2023). PISA 2022 Assessment and Analytical Framework. OECD. https://doi.org/10.1787/dfe0bf9c-en

Oktaviani, R., Fatimah, A. T., & Nuraida, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Dalam Penyelesaian Soal Matematika Berbasis Cerita. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(2), 433. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6698

Oktaviani, R., Fatimah, A. T., & Nuraida, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Dalam Penyelesaian Soal Matematika Berbasis Cerita. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(2), 433. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6698

Qadry, I. K., Dessa, A., & Aynul, N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Space and Shape Pada Kelas Ix Smp Negeri 13 Makassar. Jurnal Matematika Dan Aplikasinya (IJMA), 2(2), 78–92.

Pratama, R. Y., Arjudin, A., Hikmah, N., & Subarinah, S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam menyelesaikan Soal Cerita SPLTV Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1472–1481. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.792

Rahma, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran MMP (Missouri Mathematics Project) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Dalam Perspektif Gender Di SMA Negeri 7 Pinrang [Undergraduate, IAIN Parepare]. https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4149/

Ramdhini, S. A., & Afrizal, S. (2024). Dinamika Gender Dalam Keseimbangan Peran Keluarga: Studi Kasus Peran Ayah Dalam Kegiatan Rumah Tangga Di Kp. Sukacai. Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 6(2), Article 2.

Ridzkiyah, N., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Program For International Student Assessment (PISA). JIPMat, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8237

Rusdiana, R., Samsuddin, A. F., Muhtadin, A., & Fendiyanto, P. (2023). Development of Mathematical Literacy Problems using East Kalimantan Context | Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1885

Saputra, F. A., & Khotimah, R. P. (2023). Profil Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi PISA Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1675–1688. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2413

Sari, D. P., Sudargo, S., & Muhtarom, M. (2021). Analisis Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi PISA Konten Quantity pada Siswa SMA ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 64–70. https://doi.org/10.51651/jkp.v2i2.35

Sari, I. P., & Tarihoran, A. C. (2024, Desember 30). Pengaruh Metode Pengajaran dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. OMEGA : Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i3.760

Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pairs-Share Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kota Sungai Penuh. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.221

Setiawan, A., Inganah, S., & Ummah, S. K. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Penyelesaian Soal Pisa Ditinjau Dari Gender. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 43. https://doi.org/10.26714/jkpm.6.1.2019.43-48

Soenarjadi, G. (2020). Profil Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin Dan Gaya Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 3(2), 78–91. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v3n2.p78-91

Susilawati, W. (2020). Belajar dan Pembelajaran Matematika. CV Insan Mandiri.

Tayibu, N. Q., & Faizah, A. N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 117–128. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.728

Umaroh, U., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Mengerjakan Soal PISA Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 40–53.

Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-Teori Belajar Dan Model-Model Pembelajaran. Puri Cipta Media.

Yuniza, E. C., Surya, E., Syahputra, E., & Simbolon, M. (2017). Improving the Students’ Mathematical Problem Solving Ability by Applying Problem Based Learning Model in VII Grade at SMPN 1 Banda Aceh Indonesia. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 138–144. www.noveltyjournals.




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v14i2.6615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.