Efektivitas model problem based learning terhadap literasi matematis melalui pendekatan berdiferensiasi

Sahri Ali, Abdul Mujib, Endang Wahyuningrum

Abstract


Literasi matematis merupakan kompetensi kunci abad 21 yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah kontekstual secara logis dan efesien. Rendahnya tingakt literasi matematis siswa di Indonesia menunjukkan perlunya inovasi dalam strategi pembelajaran. Penelitian ini untuk menganalisis efektivitas model problem based learning melalui pendekatan diferensiasi dalam meningkatkan literasi matematis siswa. Riset ini tergolong penelitian quasi eksperimen dengan non-equivqlent control group design. Penelitian ini, menerapkan pretest dan posttest untuk kelompok eksperimen pada kelas VIII-C dan kelompok kontrol pada kelas VIII-F di SMP Negeri 29 Batam. Sampel pada masing-masing kelas berjumlah 44 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen tes digunakan untuk teknik pengumpulan data dengan teknik analisis menggunakan uji Paired Samples T-test dan uji Independent sample t-test. Hasil perhitungan memperoleh nilai signifikansi 0,00<0,05 berdasarkan uji Paired Samples T-test. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa literasi matematis siswa setelah pembelajaran dengan model problem based learning melalui pendekatan berdiferensiasi lebih efektif dari sebelumnya. Nilai signifikansi 0,00 < 0,05 berdasarkan uji Independent sample t-test, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan literasi matematis antara siswa pada kelas eksperimen dan kontrol.

Keywords


Literasi Matematis, Problem Based Learning, Pendekatan Berdeferensiasi

References


Afni, N. (2023). Problem-Based Learning vs Project-Based Learning in Mathematical Literacy. Journal of Mathematics Education and Application (JMEA), 12(1), 45–60.

Ainia, D, K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Annisah, M., & Zauri, A. S. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Melalui Model PBL dengan Pendekatan PMR pada Matematika Bangun Datar Segitiga Kelas VII SMPN 1 Sukorejo. JP3 (Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran), 17(18), 1–15.

Ardillah, N. (2020). Efektivitas media pembelajaran my classroom creation wall dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Pena Karakter, 03(01). https://e-journal.hikmahuniversity.ac.id/index.php/jpk/article/view/11

Dewi, I. K. C. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Tegak. Proceeding International Conference on Lesson Study, 1(1), 527. https://doi.org/10.30587/icls.v1i1.7425

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Erria, R., Buyung, B., Nirawati, R., & Paruntu, P. E. (2023). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Literasi Matematika. Journal of Educational Review and Research, 6(1), 78. https://doi.org/10.26737/jerr.v6i1.4690

Farinta, N., & Mahmudi, A. (2024). Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pedagogi Matematika, 10(1), 48–56. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jpm/article/view/19624

Frydenberg, M., & Andone, D. (2011). Learning for 21st century skills. International Conference on Information Society (i-Society 2011), 314–318. https://doi.org/https://doi.org/10.1109/i-Society18435.2011.5978460

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Huda, N., & Khotimah, N. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(02), 27–32. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/3528

Karomatunnisa, A.-Z. A., Sholih, J. A. U., Hanifah, N., & Prihantini, P. (2022). Meta Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 522. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.54755

Kemdikbud. (2017). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018.

Kusumawati, W., Purwosetiyono, F. D., & Handayani, S. H. R. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(1), 156–166. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i1.484

Lestari, & Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Mahrunnisya, D. (2023). Keterampilan Pembelajar Di Abad Ke-21. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(1), 101–109. https://doi.org/10.57218/jupenji.vol2.iss1.598

Masek, A., & Yamin, S. (2011). The Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking Ability: A Theoretical and Empirical Review. International Review of Social Sciences and Humanities, 2(1), 215–221. www.irssh.com

Mu’minah, I. H. (2021). Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 584–594.

Muhlisah, U., Misdaliana, M., & Kesumawati, N. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2793–2803. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2762

Muzaki, A. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. 8(September), 493–502.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. In Reston (Vol. 4, Issue 1).

Nisa’, Z., Sholiha, A., Soraya, I., & Hamdani, A. S. (2023). Implementasi Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Di Sekolah Menengah Pertama Al-Falah Deltasari Sidoarjo. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 10(4), 377–393. https://doi.org/10.31102/alulum.10.4.2023.377-393

OECD. (2018). Survey International Program for International Student Assessment (PISA).

OECD. (2022). Survey International Program for International Student Assessment (PISA).

Pratiwi, A., & Tita Rosita, N. (2024). Penerapam Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 10(1), 39–46. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v10i1.30176

Priwitasari, P., Sudiarta, I. G. P., & Sariyasa, S. (2021). Pengaruh Penerapan Model Problem-Based-Learning Berbantuan Computer-Based-Test Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 206. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9217

Pusmenjar. (2020). Asesmen Kompetensi Minimum. Online. Dari https://pusmenjar.kemdikbud. go.id/akm/.

Rohman, N., & Hendra. (2023). Peran Pendidikan dalam Pengembangan Keterampilan Abad Ke-21: Tinjauan Literatur Tentang Kurikulum dan Metode Pengajaran. Abdau:JurnalPendidikanMadrasahIbtidaiyah, 6(2), 113–149. https://jurnal.stpi-bim.ac.id/index.php/abdau/article/view/267

Salam, W. A., Mujib, A., & Noviyanti, M. (2023). Hubungan self-efficacy, gender dan KAM terhadap kemampuan literasi matematis siswa smp. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 106–115. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/5513/pdf

Sari, & Dewi. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Pembelajaran Diferensiasi Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Negeri 2 Blado. (Doctoral Dissertation, UIN Raden Fatah Palembang)., 411–420. http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8364%0Ahttp://etheses.uingusdur.ac.id/8364/2/2620093_Full Text.pdf

Sari, R., & Wijaya, A. (2022). The Impact of PBL on Students’ Mathematical Literacy Based on Prior Knowledge. International Journal of Instruction, 15(2), 321–340.

Sartika, D., Anim, & Sitorus, M. (2024). Analisis hasil belajar siswa pada materi perbandingan menggunakan model problem based learning di SMP negeri 4 kisaran. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 31–41. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/6119/pdf

Shidqiya, A. I., & Indraswari, T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Matematika Dan Keaktifan Peserta Didik SMPN 1 Semarang. 1–9.

Silaban, & Raviala. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi SPLDV Menggunakan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Adhyaksa Medan.

Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan Sd Untuk Menghadapi Tantangan Abad Ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281–288.

Tomlinson. (2014). The differentiated classroom: Responding to the needs of all learners. Ascd. https://url-shortener.me/40SN

Tomlinson, C. A. (2017). How to Differentiate Instruction in Academically Diverse Classrooms. In ASCD. https://url-shortener.me/40SU

Umriani, F., Suparman, Hairun, Y., & Sari, D. P. (2020). Analysis and design of mathematics student worksheets based on pbl learning models to improve creative thinking. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(7 Special Issue), 226–237.

Van de Walle, J. A., Karp, K. S., & Williams, M, J. (2013). Elementary and Middle School Mathematics. Boston: Pearson.

Van Geert, P., & Steenbeek, H. (2014). Interplay Between Educational Practice , Policy. Complicity: An International Journal of Complexity and Education, 11(2), 22–39.

Wahyuni, K. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(2), 1–10.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v14i2.7557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.