Efektivitas model problem based learning terhadap literasi matematis melalui pendekatan berdiferensiasi
Abstract
Keywords
References
Afni, N. (2023). Problem-Based Learning vs Project-Based Learning in Mathematical Literacy. Journal of Mathematics Education and Application (JMEA), 12(1), 45–60.
Ainia, D, K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.
Annisah, M., & Zauri, A. S. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Melalui Model PBL dengan Pendekatan PMR pada Matematika Bangun Datar Segitiga Kelas VII SMPN 1 Sukorejo. JP3 (Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran), 17(18), 1–15.
Ardillah, N. (2020). Efektivitas media pembelajaran my classroom creation wall dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Pena Karakter, 03(01). https://e-journal.hikmahuniversity.ac.id/index.php/jpk/article/view/11
Dewi, I. K. C. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Tegak. Proceeding International Conference on Lesson Study, 1(1), 527. https://doi.org/10.30587/icls.v1i1.7425
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
Erria, R., Buyung, B., Nirawati, R., & Paruntu, P. E. (2023). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Literasi Matematika. Journal of Educational Review and Research, 6(1), 78. https://doi.org/10.26737/jerr.v6i1.4690
Farinta, N., & Mahmudi, A. (2024). Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pedagogi Matematika, 10(1), 48–56. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jpm/article/view/19624
Frydenberg, M., & Andone, D. (2011). Learning for 21st century skills. International Conference on Information Society (i-Society 2011), 314–318. https://doi.org/https://doi.org/10.1109/i-Society18435.2011.5978460
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Huda, N., & Khotimah, N. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(02), 27–32. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/3528
Karomatunnisa, A.-Z. A., Sholih, J. A. U., Hanifah, N., & Prihantini, P. (2022). Meta Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 522. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.54755
Kemdikbud. (2017). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018.
Kusumawati, W., Purwosetiyono, F. D., & Handayani, S. H. R. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(1), 156–166. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i1.484
Lestari, & Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Mahrunnisya, D. (2023). Keterampilan Pembelajar Di Abad Ke-21. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(1), 101–109. https://doi.org/10.57218/jupenji.vol2.iss1.598
Masek, A., & Yamin, S. (2011). The Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking Ability: A Theoretical and Empirical Review. International Review of Social Sciences and Humanities, 2(1), 215–221. www.irssh.com
Mu’minah, I. H. (2021). Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 584–594.
Muhlisah, U., Misdaliana, M., & Kesumawati, N. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2793–2803. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2762
Muzaki, A. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. 8(September), 493–502.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. In Reston (Vol. 4, Issue 1).
Nisa’, Z., Sholiha, A., Soraya, I., & Hamdani, A. S. (2023). Implementasi Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Di Sekolah Menengah Pertama Al-Falah Deltasari Sidoarjo. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 10(4), 377–393. https://doi.org/10.31102/alulum.10.4.2023.377-393
OECD. (2018). Survey International Program for International Student Assessment (PISA).
OECD. (2022). Survey International Program for International Student Assessment (PISA).
Pratiwi, A., & Tita Rosita, N. (2024). Penerapam Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 10(1), 39–46. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v10i1.30176
Priwitasari, P., Sudiarta, I. G. P., & Sariyasa, S. (2021). Pengaruh Penerapan Model Problem-Based-Learning Berbantuan Computer-Based-Test Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 206. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9217
Pusmenjar. (2020). Asesmen Kompetensi Minimum. Online. Dari https://pusmenjar.kemdikbud. go.id/akm/.
Rohman, N., & Hendra. (2023). Peran Pendidikan dalam Pengembangan Keterampilan Abad Ke-21: Tinjauan Literatur Tentang Kurikulum dan Metode Pengajaran. Abdau:JurnalPendidikanMadrasahIbtidaiyah, 6(2), 113–149. https://jurnal.stpi-bim.ac.id/index.php/abdau/article/view/267
Salam, W. A., Mujib, A., & Noviyanti, M. (2023). Hubungan self-efficacy, gender dan KAM terhadap kemampuan literasi matematis siswa smp. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 106–115. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/5513/pdf
Sari, & Dewi. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Pembelajaran Diferensiasi Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Negeri 2 Blado. (Doctoral Dissertation, UIN Raden Fatah Palembang)., 411–420. http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8364%0Ahttp://etheses.uingusdur.ac.id/8364/2/2620093_Full Text.pdf
Sari, R., & Wijaya, A. (2022). The Impact of PBL on Students’ Mathematical Literacy Based on Prior Knowledge. International Journal of Instruction, 15(2), 321–340.
Sartika, D., Anim, & Sitorus, M. (2024). Analisis hasil belajar siswa pada materi perbandingan menggunakan model problem based learning di SMP negeri 4 kisaran. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 31–41. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/6119/pdf
Shidqiya, A. I., & Indraswari, T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Matematika Dan Keaktifan Peserta Didik SMPN 1 Semarang. 1–9.
Silaban, & Raviala. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi SPLDV Menggunakan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Adhyaksa Medan.
Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan Sd Untuk Menghadapi Tantangan Abad Ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281–288.
Tomlinson. (2014). The differentiated classroom: Responding to the needs of all learners. Ascd. https://url-shortener.me/40SN
Tomlinson, C. A. (2017). How to Differentiate Instruction in Academically Diverse Classrooms. In ASCD. https://url-shortener.me/40SU
Umriani, F., Suparman, Hairun, Y., & Sari, D. P. (2020). Analysis and design of mathematics student worksheets based on pbl learning models to improve creative thinking. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(7 Special Issue), 226–237.
Van de Walle, J. A., Karp, K. S., & Williams, M, J. (2013). Elementary and Middle School Mathematics. Boston: Pearson.
Van Geert, P., & Steenbeek, H. (2014). Interplay Between Educational Practice , Policy. Complicity: An International Journal of Complexity and Education, 11(2), 22–39.
Wahyuni, K. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(2), 1–10.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v14i2.7557
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.