Uji Validitas, Kepraktisan dan Efektivitas E-Modul Basikung untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IX

Ida Bagus Kade Adhiatma, I Made Sugiarta, Gusti Ayu Mahayukti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul terintegrasi GeoGebra pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IX. Metode penelitian ini mengadopsi model 4D dengan urutan tahapan sebagai berikut: define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (diseminasi). Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Seririt pada kelas IX D dengan jumlah 35 siswa. Terdapat 4 ahli yang terdiri dari 2 guru smp dan 2 dosen universitas pendidikan ganesha untuk menguji validitas dari e-modul yang telah dikembangkan, 2 ahli untuk menguji validitas materi yang memperoleh rata-rata skor 91% dengan kategori sangat valid, dan 2 ahli untuk menguji validitas media dengan skor rata-rata 88% dengan karegori valid. Selain itu untuk tampilan. Uji kepraktisan: rata-rata 81,37% (praktis) untuk siswa dan 91,91% (sangat praktis) untuk guru. Uji keefektifan menunjukkan peningkatan pemahaman matematis dengan n-gain 0,382 dan t-test lebih dari t tabel. Penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematis pada siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Seririt dengan penggunaan e-modul GeoGebra.

Keywords


E-Modul; Pemahaman Konsep Matematis; Bangun Ruang Sisi Lengkung

Full Text:

PDF

References


Afridiani, Widya, dan Anni Faridah. 2021. “Validitas Pengembangan E-modul Berbasis Android Mata Kuliah Food Control.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3(5):2450–58. doi:10.31004/edukatif.v3i5.780.

Aprianka, Salma, Ana Setiani, dan Aritsya Imswatama. 2021. “Validitas E-Modul Berbasis Open Ended Meteri Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Pembelajaran Daring untuk Siswa SMK.” 05(03):3111–22.

Dewi, Komang Santhi Santhi, I. Wayan Junko Arysutha Winata, dan I. Kadek Anugrah Dewa Mahaputra. 2024. “Efektivitas E-Modul Model Flipped Classroom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen.” Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran 4(3):1715–25. doi:10.51574/jrip.v4i3.2000.

Hanifah, Lisa Irfani. 2023. “Pengembangan Modul Berbasis Self Organized Learning Environment Berbantu Video Pembelajaran Pada Materi Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Kelas Ix Smp Negeri 1 Way Bungur.”

Isnaini, Nurul, Agung Listiadi, dan Waspodo Tjipto Subroto. 2022a. “Validitas dan Kepraktisan E-Modul berbasis Kontekstual Mata Pelajaran OTK Sarana dan Prasarana untuk Peserta Didik Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran 10(2):157–66.

Isnaini, Nurul, Agung Listiadi, dan Waspodo Tjipto Subroto. 2022b. “Validitas dan Kepraktisan E-Modul berbasis Kontekstual Mata Pelajaran OTK Sarana dan Prasarana untuk Peserta Didik Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran.” 10(2):157–66.

Linda, Roza, Zulfarina Zulfarina, Mas’ud Mas’ud, dan Teja Pratama Putra. 2021. “Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi E-Modul Interaktif IPA Terpadu Tipe Connected Pada Materi Energi SMP/MTs.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 9(2):191–200. doi:10.24815/jpsi.v9i2.19012.

Mulyatiningsih, Endang. 2015. “Model Penelitian Pengembangan.”

Nurazka, Rika Ar, Novi Sofia Fitriasari, dan Rr. Deni Widjayatri. 2022. “‘Pengembangan Aplikasi Giat Bergerak sebagai Desain Pembelajaran Abad 21 bagi Anak Usia 4-6 Tahun.’” Aulad: Journal on Early Childhood 5(2):242–52. doi:10.31004/aulad.v5i2.356.

Oktaria, Ima. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Materi Trigonometri Kelas X.” (1).

Riwayati, Selvi, Lili Rahmawati Lili, Ristontowi Ristontowi, dan Nyayu Masyita. 2023. “E-Modul Berbantuan Aplikasi GeoGebra untuk Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP.” Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika 6(1):80–92. doi:10.31851/indiktika.v6i1.12869.

Sagita, Gede Doni Harta, I. Komang Sudarma, dan Adrianus I. Wayan Ilia Yuda. 2018. “Pengembangan Media Interaktif Matematika Untuk Siswa Kelas Vii Di Sln Negeri Singaraja.” Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha 6(1):89–98.

Shiddiqy, Ash Isymayati, dan I. Nyoman Saputra. 2022. “Keberhasilan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Software Lectora Inspire dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” 10(1):94–106.

Syahputra, Hendrian, dan Dea Mustika. 2022. Validitas Bahan E-Module Berbasis Android Pada Operasi Count Fractional Kelas V Sd. Vol. 3.

Zaka, Ahmad Murtadlo, dan Supraptono. 2020. Pengembangan E-Modul Common Rail Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Kompetensi Perawatan Bahan Bakar Mesin Diesel Di Smk Negeri Jawa Tengah.




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v14i2.7791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.