Efektivitas model LAPS-Heuristic berbantuan media flashcard terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematis peserta didik

Muthia Nurul Fathonah, Faisal Sadam Murron, Rosiana Mufliva

Abstract


Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu belum optimalnya kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah matematis yang disebabkan oleh pemilihan model pembelajaran serta media yang belum sepenuhnya memfasilitasi untuk mengembangkan kemampuan penyelesaian masalah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tingkat efektivitas model Laps-Heuristic berbantuan media Flashcard dalam meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah matematis pada peserta didik kelas V pada materi keliling persegi dan persegi panjang. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas V di salah satu SD Negeri Kota Bandung berjumlah 24 orang. Teknik dalam pengumpulan data terdiri dari tes berupa soal uraian non-rutin sebanyak 5 soal dan observasi. Analisis data yang dilakukan yaitu melalui statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan temuan penelitian, disimpulkan bahwa model Laps-Heuristic berbantuan media Flashcard cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah matematis peserta didik kelas V. Hal ini dibuktikan dengan skor N-Gain sebesar 0,63 termasuk pada kategori sedang dan persentase N-Gain sebesar 63,07% menunjukkan kategori cukup efektif.

Keywords


matematika; media flashcard; model pembelajaran laps-heuristic; penyelesaian masalah

References


Agustini, H., Nugraha, R. G., & Hanifah, N. (2024). Pengaruh penggunaan media pembelajaran padlet ULIK (Ular Tangga Interaktif Kreatif) terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD. Journal of Education Research, 5(1), 807-814.

Asih, A., Priatna, D., & Jawab, P. P. (2017). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa SD. Jurnal Antologi UPI, 5.

Aziza, M. (2019). Kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal tertutup dan terbuka pada pokok bahasan lingkaran. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 14(2), 126-138

Effendi, A., Huda, K., & Agustinah, A. (2024). Upaya meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas IV B pada mata pelajaran matematika melalui pengunaan media flashcard materi ciri-ciri bangun datar di SD Negeri 03 Klegen. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora, 3(3), 284-291.

Ermawati, D., & Zuliana, E. (2020). Implementation of open-ended problems on mathematical problem-solving skill of elementary school students. JPSD, 6(2).

Gyanthi, N. M. W., Agustiana, I. G. A. T., & Fristia, D. G. (2023). Laps-Heuristic learning model improves mathematical problem-solving ability. International Journal of Elementary Education, 7(1), 169-177.

Irawan, D. F., Dzakiroh, A., Pradana, D. A. P., Saputri, D. A. A., & Murron, F. S. (2024). Creative teacher's dictionary: Enhancing teacher competence in creating learning media to support Indonesia's SDGs program. Inovasi Kurikulum, 21(1), 109-124.

Jacob, F. A., & Tuaputty, H. (2019). Perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 9 Ambon menggunakan model pembelajaran laps-heuristic dan model pembelajaran meands-ends analysis dipadukan dengan media movie konsep ekosistem. Biopendix: Jurnal Biologi, Pendidikan dan Terapan, 5(2), 96-103.

Jediut, M., Ndiung, S., & Madu, F. J. (2023). Kemampuan matematisasi siswa SD dalam menyelesaikan soal non rutin. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1510-1518.

Kemendikbudristek. (2024). Salinan Keputusan Kepala Badan Nomor 032 Tahun 2024 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Mairing, J. P. (2017). Thinking process of naive problem solvers to solve mathematical problems. International Education Studies, 10(1), 1-11. https://doi.org/10.5539/ies.v10n1p1

Mufliva, R., Turmudi, T., Herman, T., Iriawan, S. B., & Fitriani, A. D. (2024). Problem-solving skills and productive struggle of students in solving mathematical problems in elementary school. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 14(1), 69-82.

Muthmainnah, R., Putri, I., & Fitriyani, W. (2023). Promoting college student’s twenty-first century skills through a STEM learning project. Journal of Bioterdidik: Scientific Expression Media, 11(1), 13–24. https://doi.org/10.23960/jbt.v11.i1.id27046

Novitasari, N. T., & Shodikin, A. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran logan avenue problem solving (LAPS-Heuristik) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita barisan dan deret aritmetika. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 153-162.

Nurkaeti, N. (2018). Polya’s strategy: An analysis of mathematical problem-solving difficulty in 5th grade elementary school. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 140. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10868

OECD. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia PUBE. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.

Okdiansyah, O., Satria, T. G., & Aswarliansyah, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran flashcard pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 4 Srikaton. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3), 148–154. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i3.1183

Pasya, H. R., Mufliva, R., Lestari, D. A., & Andriani, N. (2024). Pengembangan media interaktif “Tantangan Mystery Box” materi luas bangun datar untuk siswa kelas III sekolah dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 249-257.

Polya, G. (1973). How To Solve It. United States of America: Princeton University Press.

Purba, O. N., & Sirait, S. (2017). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan model LAPS-Heuristic di SMA Shafiyyatul Amaliyah. Jurnal Mathematic Paedagogic, 2(1), 31-39.

Putra, D. A., Faradita, M. N., & Anita, V. (2023). Unleashing the power of LAPS-Heuristic learning: Enhancing mathematical problem solving abilities in grade 3 students. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 12(2), 92–127. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v12i2.1603

Putra, S. D., Andrijati, N., & Nurharini, A. (2025). Pengembangan media flashcard berbasis augmented reality untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pecahan kelas IV. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 10(1), 28-44.

Rahmawati, A., & Warmi, A. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi teorema pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 365-374.

Satuti, H. W. D., Fajriyah, K., & Damayani, A. T. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan tahapan Polya dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar kelas IV SD Negeri 2 Sumberagung. Wawasan Pendidikan, 3(2), 595–608. https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.12299

Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh model pembelajaran open ended terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644–2652. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1250

Sartika, S. A. E., Suharta, I. G. P., & Astawa, I. W. P. (2024). Analisis faktor penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan prosedur Newman. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 13(1), 1-8.

Siahaan, J. H., Sihombing, S., & Simamora, B. A. (2022). Studi komparasi kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP Negeri 10 Pematangsiantar TA 2022/2023. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 188-195.

Siagian, M. V., Saragih, S., & Sinaga, B. (2019). Development of learning materials oriented on problem-based learning model to improve students’ mathematical problem solving ability and metacognition ability. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2). https://doi.org/10.29333/iejme/5717

Supriatna, I., Asmahasanah, S., Rachmadtullah, R., Khair Asdar, A., Fahrudin, & Rasmitadila. (2019). The Effect of learning methods and self regulation on problem-solving ability of mathematics in elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012139

Suryani, M., dkk. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kemampuan awal matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 9(1). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Suryani, S., & Iqbal, I. (2018). Pengaruh model pembelajaran logan avenue problem solving (Laps-Heuristik) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Langsa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 2(2), 50-56.

Suseelan, M., Chew, C. M., & Chin, H. (2022). Research on mathematics problem solving in elementary education conducted from 1969 to 2021: A bibliometric review. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(4), 1003–1029. https://doi.org/10.46328/ijemst.2198

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13-23.

Widodo, S., & Kusuma Wardani, R. (2020). Mengajarkan keterampilan Abad 21 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation) di Sekolah Dasar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2).

Winditasari, M., & Soegiyanto, S. K. (2018). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada materi waktu, jarak, dan kecepatan melalui penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) pada siswa sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 6(8).

Yavuz, G., Deringöl, Y., & Arslan, Ç. (2017). Elementary school students perception levels of problem solving skills. Universal Journal of Educational Research, 5(11), 1896–1901. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.051106

Yayuk, E., Purwanto, As’Ari, A. R., & Subanji. (2020). Primary school students’ creative thinking skills in mathematics problem solving. European Journal of Educational Research, 9(3), 1281–1295.




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v14i2.7892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.