Etnomatematika pada bangunan rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Delia Dwi Anjelia, Ristontowi Ristontowi, Adi Asmara

Abstract


Etnomatematika merupakan pendekatan pembelajaran matematika yang mengintegrasikan unsur-unsur budaya lokal dalam proses pembelajarannya. Pendekatan ini bertujuan untuk mengaitkan konsep-konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari dan budaya masyarakat setempat, sehingga matematika menjadi lebih kontekstual dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep-konsep matematika yang terdapat dalam arsitektur Rumah Pengasingan Bung Karno, yang merupakan salah satu warisan budaya dalam bentuk bangunan bersejarah. Fokus utama dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis bentuk-bentuk bangunan yang mengandung unsur matematika pada Rumah Pengasingan Bung Karno. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi, yang dilakukan langsung di lokasi rumah pengasingan. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Bapak Roni Wibowo, yang berperan sebagai pemandu lokal, serta Bapak Liyon Sigitra, S.S., selaku kepala unit rumah pengasingan tersebut. Data diperoleh melalui observasi langsung dan wawancara dengan para informan. Proses analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi, hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bagian atap, ventilasi, dan teras pagar rumah tersebut terdapat berbagai bentuk geometris yang mencerminkan konsep matematika seperti belah ketupat, segitiga sama kaki, persegi, segitiga siku-siku, persegi panjang, serta konsep transformasi seperti kesebangunan, kekongruenan, refleksi, translasi, dan kesejajaran.

Keywords


Etnomatematika; Rumah Pengasingan; Konsep matematika

Full Text:

PDF

References


Asmara, A. (2023). Literasi Budaya Lokal Model Basurek. Deepublish.

Adiatama, D. (2019). Pengembangan Produk Wisata Heritage Situs Megalitik Gunung Padang. Tourism Scientific Journal, 4(1), 23. https://doi.org/10.32659/tsj.v4i1.47

Akbar, A., Haidar, I., & Hidayati, U. (2021). Eksplorasi Konsep Etnomatematika pada Alat Pertanian Tradisional Suku Bugis di Kabupaten Pinrang. January 2022, 121–128. https://doi.org/10.26418/pipt.2021.14

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589

Geni, putri reno lenggo, & Hidayah, I. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. 6(1), 11–17.

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika : Aplikasi Bangun Datar. Aksioma, 8(2), 99–110.

Husnaidah, M., Hrp, M. S., & Sofiyah, K. (2024). Konsep dasar matematika fondasi untuk berpikir logis. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(12), 41–47.

Jumri, R., & Murdiana. (2019). Eksplorasi Etnomatematika di Bumi Sekundang Setungguan (Manna-Bengkulu Selatan ). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 86–92.

Kou, D., & Deda, Y. N. (2020). Range: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 1 Tahun 2020 Dominikus Kou, dkk. 2(1), 1–7.

Mailani, E., Rarastika, N., Manurung, H. O., Gaol, R., Sihombing, I. I., & Perbina, S. D. (2024). Analisis Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar dalam Konsep Luas dan Keliling Persegi serta Persegi Panjang. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP) , 02(02), 749–755.

Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Menengok Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu Baca artikel detiksumbagsel, “Menengok Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu” selengkapnya https://www.detik.com/sumbagsel/wisata/d-6731975/menengok-rumah-pengasingan-bung-karno-di-bengkulu. IndoMath: Indonesia Mathematics Education. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2212

Maskar, S., & Anderha, R. R. (2019). Pembelajaran transformasi geometri dengan pendekatan motif kain tapis lampung. MATHEMA Journal Pendidikan Matematika, 1(1), 40–47.

Mataheru, E. E. (2025). Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik pada Materi Kesebangunan dengan Menggunakan Aktivitas Math Trail. 5(June), 634–644.

Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 327–338. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.905

Okti Yolanda, F., & Putra, A. (2022). Systematic Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Batik. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 188–195. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i2.1533

Patri, S. F. D., & Heswari, S. (2022). Etnomatika dalam Seni Anyaman Jambi sebagai Sumber Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2705–2714.

Rahmadani, S. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Kue Tradisional Khas Rejang Lebong. http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5979

Ranali, R., & Astuti, H. P. (2023). Etnomatematika Pada Gerak Tari Kembang Tanjung. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 111–121. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.484

Sarassanti, Y. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 60. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2311

Sari, N. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Bangunan Bersejarah Istana Maimun Di Medan. Prosiding Seminar Nasional PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial dan Hukum), 1, 44-1 44-12.

Setyani, Y. L., & Amidi. (2022). Telaah Model PBL-RME Bernuansa Etnomatematika pada Outdoor Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 520–536. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v14i2.8282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.