Etnomatematika pada bangunan rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmara, A. (2023). Literasi Budaya Lokal Model Basurek. Deepublish.
Adiatama, D. (2019). Pengembangan Produk Wisata Heritage Situs Megalitik Gunung Padang. Tourism Scientific Journal, 4(1), 23. https://doi.org/10.32659/tsj.v4i1.47
Akbar, A., Haidar, I., & Hidayati, U. (2021). Eksplorasi Konsep Etnomatematika pada Alat Pertanian Tradisional Suku Bugis di Kabupaten Pinrang. January 2022, 121–128. https://doi.org/10.26418/pipt.2021.14
Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589
Geni, putri reno lenggo, & Hidayah, I. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. 6(1), 11–17.
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika : Aplikasi Bangun Datar. Aksioma, 8(2), 99–110.
Husnaidah, M., Hrp, M. S., & Sofiyah, K. (2024). Konsep dasar matematika fondasi untuk berpikir logis. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(12), 41–47.
Jumri, R., & Murdiana. (2019). Eksplorasi Etnomatematika di Bumi Sekundang Setungguan (Manna-Bengkulu Selatan ). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 86–92.
Kou, D., & Deda, Y. N. (2020). Range: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 1 Tahun 2020 Dominikus Kou, dkk. 2(1), 1–7.
Mailani, E., Rarastika, N., Manurung, H. O., Gaol, R., Sihombing, I. I., & Perbina, S. D. (2024). Analisis Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar dalam Konsep Luas dan Keliling Persegi serta Persegi Panjang. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP) , 02(02), 749–755.
Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Menengok Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu Baca artikel detiksumbagsel, “Menengok Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu” selengkapnya https://www.detik.com/sumbagsel/wisata/d-6731975/menengok-rumah-pengasingan-bung-karno-di-bengkulu. IndoMath: Indonesia Mathematics Education. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2212
Maskar, S., & Anderha, R. R. (2019). Pembelajaran transformasi geometri dengan pendekatan motif kain tapis lampung. MATHEMA Journal Pendidikan Matematika, 1(1), 40–47.
Mataheru, E. E. (2025). Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik pada Materi Kesebangunan dengan Menggunakan Aktivitas Math Trail. 5(June), 634–644.
Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 327–338. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.905
Okti Yolanda, F., & Putra, A. (2022). Systematic Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Batik. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 188–195. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i2.1533
Patri, S. F. D., & Heswari, S. (2022). Etnomatika dalam Seni Anyaman Jambi sebagai Sumber Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2705–2714.
Rahmadani, S. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Kue Tradisional Khas Rejang Lebong. http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5979
Ranali, R., & Astuti, H. P. (2023). Etnomatematika Pada Gerak Tari Kembang Tanjung. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 111–121. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.484
Sarassanti, Y. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 60. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2311
Sari, N. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Bangunan Bersejarah Istana Maimun Di Medan. Prosiding Seminar Nasional PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial dan Hukum), 1, 44-1 44-12.
Setyani, Y. L., & Amidi. (2022). Telaah Model PBL-RME Bernuansa Etnomatematika pada Outdoor Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 520–536. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v14i2.8282
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.



