EVALUASI PROGRAM KELOMPOK ASUH KELUARGA BINANGUN (KAKB) DI KECAMATAN GIRIMULYO, KABUPATEN KULON PROGO

Nur Mareta Hartanti Putri, Nur Fitri Mutmainah

Abstract


Kurangnya kesejahteraan seringkali dikaitkan dengan kemiskinan. Kabupaten Kulon Progo dengan tingkat kemiskinan sebesar 18,3% pada tahun 2019 menduduki peringkat pertama di DIY membuat pemerintah mengeluarkan program Kelompok Asuh Keluarga Binangun (KAKB) sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat. Program akan berjalan baik apabila dilakukan evaluasi program yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana program berjalan. Pemerintah melakukan evaluasi terakhir pada tahun 2018 dan Kec. Girimulyo merupakan Kec. dengan angka perkembangan modal paling tinggi di Kab. Kulon Progo. Menganalisa evaluasi program KAKB dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program KAKB sebagai upaya peningkatan di Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan evaluasi Actual and planned comparisons. Lokasi penelitian bertempat di 4 (empat) KAKB di Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. penelitian ini menggunakan teknik analisa data melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan lapangan menunjukkan bahwa actual atau kondisi program KAKB sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo sudah dilaksanakan sesuai dengan planning atau perencanaan dilihat dari indikator pokok evaluasi program. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini yaitu evaluasi IPO (Input, Process, Output, dan Outcomes). Program KAKB sudah cukup baik dalam meningkatkan kesejahteraan anggota KAKB di Kec.Girimulyo, Kab. Kulon Progo meskipun ada beberapa faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program KAKB di Kec.Girimulyo, Kab. Kulon Progo. Diharapkan pemerintah melakukan evaluasi secara berkala untuk dapat mengatasi faktor-faktor penghambat program sejak dini.

Keywords


Kelompok Asuh Keluarga Binangun (KAKBK), Pemberdayaan Masyarakat, Kesejahteraan Masyarakat, Evaluasi Program

Full Text:

PDF

References


Anggreswari, Ni Putu Y, A.A. Raka J. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Objek Wisata Hidden Canyon Beji Guwang, Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 4 (1). 30-40. Doi: http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v4i7.13952.

BAPPEDA DIY. (2020). Aplikasi Dataku Daerah Istimewa Yoyakarta. www.bappeda.jogjaprov.go.id. Diakses tanggal 12 juni 2020.

BPS Kulon Progo. (2014). Indikator Kesejahteraan Masyarakat Tahun 2014. Kulon Progo.

Ilyas. (2016). Pendidikan Karakter Melalui Homeschooling, Jurnal Of Non Formal Education. 2 (1). 91-98. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jne/article/viewFile/5316/4226.

L, Idrus. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 9 (2). 920-935. Doi: 10.35673/ajmpi.v9i2.427.

Lintjewas, Olga Y.L dkk. (2016). Evaluasi Kebijakan Pemberian Bantuan Pengembangan Usaha Mina Perdesaan di Kabupaten Minahasa, Jurnal Ilmu Sosial & Pengelolaan Sumber daya Pembangunan. 2 (20). 82-95.

Mardikanto, Totok dan Poerwoko Soebidanto. (2019). Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Moleong, Lexy J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munawaroh, Munjiati, dkk. (2016). Kewirausahaan. Yogyakarta: Percetakan Muhammadiyah “Gramasurya”.

Murdiyanti, Dhevy. (2017). Proses Implementasi Program Posdaya Kelompok Asuh Keluarga Binangun di Dusun Pereng, Desa Bumirejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo (KAKB) Sadewa Ekonomi Produktif. Artikel Publikasi Ilmiah Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Patton, C. V., dkk. (2016). Basic Methods of Policy Analysis and Planning. London and New York: Taylor & Francis Group.

Peraturan Daerah Kulon Progo No. 19 Tahun 2015 Tentang Penanggulangan Kemiskinan.

Suryabrata, Sumadi. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.33373/jtp.v5i2.3430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Flag Counter

Web Analytics

View JTP Statistic

 

Office:

Department of Government Studies, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Riau Kepulauan

unit E

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: jurnaltriaspolitika2017@gmail.com 

________________________________________________________________________________________________________________________________

 

In Cooperation with:                     Powered By: 

   

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Trias Politika (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.