KEGIATAN LUNCHBOX FLATLAY PHOTO CHALLENGE SEBAGAI STRATEGI DIGITAL RELATIONS PT HEAVENLY NUTRITION INDONESIA

Susilowati Susilowati, Tomi Haryanto Putera

Abstract


Semakin pesatnya pertumbuhan bisnis di Indonesia menuntut kreatifitas perusahaan dalam menerapkan konsep dan strategi untuk mempromosikan produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana strategi  Digital Public Relations  PT Heavenly Nutrition Indonesia dalam Kegiatan kompetisi foto dengan tema Lunch Box Flatlay Photo Challenge. Semakin bertambahnya perusahaan serupa, maka semakin ketat juga persaingan bisnis perusahaan. Peran praktisi Public Relations sangat dibutuhkan untuk semakin kreatif dalam membuat program dan kegiatan guna informasi kepada khalayak maupun konsumen agar mendapatkan opini yang baik terhadap perusahaan. Kualitatif deskriptif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan mengamati account sosial media Instagram heavenlyblushyogurt yang dijabarkan dan dianalisis  menggunakan model perencanaan POSTAR yang dikemukakan oleh Morris dan Goldsworthy.  Hasil yang diperoleh adalah menunjukan bahwa Strategi digital public relations  yang dilakukan oleh Public Relations PT Heavenly Nutrition Indonesia dengan menggunakan Instagram dapat memudahkan dan membantu dalam menyebarkan informasi, publikasi  dari produk Heavenly Blush, hal ini dikarenakan memiliki sifat yang cepat, terbuka, memudahkan dalam penggunaannya yang menjadikan kebutuhan utama dari masyarakat milenial, serta didalam menyebarkan informasinya dilakukan  dengan cara real time dan bersifat dua arah. Didalam kegiatannya,  Lunch Box Flatlay Photo Challenge dilakukan untuk mengedukasi kepada para orangtua agar peduli kepada anak dengan mengkonsumsi yoghurt sejak usia dini.


Keywords


Strategi Digital Public Relations, Public Relations, Instagram

Full Text:

PDF

References


Aprinta, G. (2019). Strategi Cyber Public Relations dalam Pembentukan Citra Institusi Pendidikan Tinggi Swasta. Jurnal The Messenger, 6(1). Retrieved from https://journals.usm.ac.id/index.php/the-messenger/article/view/161/133

Goldsworthy, S., & Morris, T. (2012). PR Today: The Authoritative Guide To Public Relations. London: Palgrave Macmillan.

Handika, M. R., Maradona, A. F., & Darma, G. S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer. 15(2), 192–203.

Kartikasari, N. (2017). Viral Gebrakan Kekinian Public Relations di Era Digital. Cara Jitu Memenangkan Hati Konsumen dan Meningkatkan Sales E-book (1st ed.; B. Consulting, ed.). Retrieved from

https://books.google.co.id/books?id=xstGDwAAQBAJ&printsec=copyright

Kriyantono, R. (2012). NTeknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Kussanti, D. P., & Leliana, I. (2018). Efektifitas Program Employee Relations Terhadap Motivasi Kerja Karyawan PT Adira Dinamika Multifinance. Cakrawala, 18(2), 179–184. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jc.v18i2.4160

Nova, F. (2017). Crisis Public Relations (1st, cetakan ed.). Depok: PT RajaGrafindo Persada, Depok.

Romadhan, M. I. (2018). Personal Branding Jokowi Dalam Mempertahankan Brand Iamge Melalui Video Blog Youtube. METACOMMUNICATION; JOURNAL OF COMMUNICATION STUDIES, 3(2). https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.20527/mc.v3i2.5446

Santosa, B. F., Romadhon, M. I., & Ayodya, B. P. (2019). Strategi Digital Public Relation Dalam Membangun Brand Awareness Melalui Media Sosial Vox Populi Coffee. Prologia, 5(2). https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6413

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suminar, J. R., Soemirat, S., & Ardianto., E. (2015). Dasar-dasar Komunikasi Organisasional: Pengertian, Ruang Lingkup, dan Peranan Komunikasi. In SKOM4329 Universitas Terbuka. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/4501/2/SKOM4329-M1.pdf

Susilo, A., & Sari, E. (2020). Implementasi Program Cyber Public Relations Pt. Kereta Api Indonesia Dalam Mengelola Informasi Publik Di Media Sosial Instagram. Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.25299/medium.2020.vol8(1).4792




DOI: https://doi.org/10.33373/jtp.v6i2.4477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Flag Counter

Web Analytics

View JTP Statistic

 

Office:

Department of Government Studies, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Riau Kepulauan

unit E

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: jurnaltriaspolitika2017@gmail.com 

________________________________________________________________________________________________________________________________

 

In Cooperation with:                     Powered By: 

   

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Trias Politika (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.