INTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA BAGI GEN Z DALAM MENGHADAPI KONTESTASI PEMILIHAN PRESIDEN 2024

Cecep Sobar Rochmat, Arifah Nursalsabila, Hurul Aini Fadlilah, Luthfi Aliyya Puspitasari

Abstract


Abstract : This paper aims to elaborate and internalize the values of Pancasila for generation Z to face the contestation of the 2024 Presidential Election to achieve SDG no. 16. The method used for this writing is qualitative descriptive research. Data were collected from documents, author observations, and interviews. The values of Pancasila must be instilled from an early age in every society, especially in Generation Z which is very synonymous with technological developments. For this reason, it is necessary to internalize Pancasila in every step of daily life to achieve a better life. Internalization of Pancasila values to Generation Z in facing Pancasila contestation through political socialization by representing Pancasila values during campaigns, donations, socialization of the vision and mission of presidential and vice presidential candidates or discussions with the KPU, BAWASLU, and MK whose output is expected to be democratic elections and make peace, justice, and strong institutions for Indonesia. It is hoped that Generation Z knows the ins and outs of elections or makes their own choices based on what they believe and can restore awareness of both Pancasila and political awareness. Finally, to raise awareness and foster political values, internalization of Pancasila is very necessary, especially for Generation Z.
Keywords : internalization; pancasila; presidential election; gen z.

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan urgensi nilai-nilai dalam setiap sila pancasila yang harus dijiwai oleh generasi Z dalam pelaksanaan pemilihan presiden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dari dokumen dan pengamatan penulis. Nilai Pancasila sebagai dasar negara perlu diinternalisasikan sejak dini di setiap lapisan masyarakat dan dijadikan landasan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Terutama pada generasi Z yang akrab dengan perkembangan teknologi. Internalisasi nilai-nilai Pancasila pada generasi ini dilakukan dalam rangka menghadapi pemilihan presiden agar dapat memilih pemimpin yang tepat. Internalisasi nilai-nilai Pancasila perlu dilakukan selama kampanye, donasi, sosialisasi visi dan misi kandidat presiden dan wakil presiden atau diskusi dengan KPU, BAWASLU, dan Mahkamah Konstitusi yang hasilnya diharapkan akan menjadi pemilihan demokratis dan untuk membuat perdamaian, keadilan, dan lembaga-lembaga yang kuat bagi Indonesia. Selain itu dapat dilakukan dengan cara mengedukasi di platform-platform digital yang mudah diakses gen z, menyelipkan dalam materi wajib lembaga pendidikan, dan membuat asosiasi kelompok-kelompok generasi z untuk membicarakan permasalahan terkait dengan pemilu. Diperkirakan bahwa Generasi Z akan tahu dari pemilu atau membuat pilihan mereka sendiri berdasarkan apa yang mereka yakini dan dapat memulihkan kesadaran Pancasila dan kesedaran politik. Akhirnya, untuk meningkatkan kesadaran dan mempromosikan nilai-nilai politik, internalisasi Pancasila sangat diperlukan, terutama pada Generasi Z. Selain itu nilai pancasila yang mengandung nilai-nilai moral diperlukan untuk menjaga stabilitas politik.
Kata Kunci : internalisasi; pancasila; pemilihan presiden; gen z.

Keywords


internalization; pancasila; presidential election; gen z.

Full Text:

PDF

References


Ardipandanto, A. (2020). Dampak Politik Identitas Pada Pemilihan Presiden 2019: Perspektif Populisme. Politica, 1(1), 43-64. doi:doi: 10.22212/jp.v11i1.1582

Afryand, A. I., & Sapriya. (2018). Internalisasi Nilai-nilai Pancasila Melalui Pusat Studi Pancasila Sebagai Upaya Penguatan Ideologi Bangsa Bagi Generasi Muda. Untirta Civic Education Journal, 3(2), 158-168.

AS, A. Z., & Kurnia, D. (2022). Implementasi Nilai-nilai Demokrasi dalam Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Academia Praja, 5(1), 1-12. doi:https://doi.org/10.36859/jap.xxxx.xxx

Asmaroini, AP (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 440. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1077

Ayu, D. (2023, Desember 17). Pandangan Gen Z sebagai Pemilih Pemula dalam Pemilu 2024. Retrieved from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/diahayu1176/657ed00f12d50f710709acd2/pandangan-saya-gen-z-sebagai-pemilih-pemula-dalam-pemilu-2024#:~:text=Generasi%20Z%2C%20kelompok%20yang%20lahir%20antara%20pertengahan%201990-an,dinamis%20dalam%20menghadapi%20proses%20politi

Azka Abdi Amrurobbi. (2021). Problematika Sampah Visual Media Luar Ruang: Tinjauan Regulasi Kampanye Pemilu dan Pilkada Waste Masalah Media Luar Ruang Visual: Review Pemilihan Umum dan Peraturan Kampanye Pemilihan Kepala Daerah. Jurnal Adhyasta Pemilu, 4(2), 66–78.

Erlina, T. (2020). Peranan Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia dan Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia Dalam Proses Peralihan Kepemimpinan Nasional Tahun 1965-1968. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(1), 95. https://doi.org/10.25157/wa.v7i1.3253

Fazrien, A., & Domai, T. (2014). Peran Pemimpin Dalam Pencapaian Kinerja Pegawai (Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik, 2(4), 603–607.

Febriyanti, D., & Pratama, M. J. (2017). Perbandingan Sistem Pemilihan Umum Presiden Amerika Serikat Dengan Indonesia. Jurnal Pemerintahan dan Politik, 2(1), 55-62.

Fikri, A. (2016). Konseptualisasi dan Internalisasi Nilai Profetik: Upaya Membangun Demokrasi Inklusif bagi Kaum Difabel di Indonesia. INKLUSI: Journal of Disability Studies, 3(1), 41-64. doi:10.14421/ijds.030107

Gafftar, A. (2019). Demokrasi Indonesia: Masa Lampau, Sekarang, Dan Masa Mendatang. 08230048, Gafftar, A. (2019). Demokrasi Indonesia: Masa Lamp.

Gumbira, S. W., & Wiwoho, J. (2019). The Implication of The Globalization on the Pancasila-Based Principles of Local Democracy in Indonesia. Padjajaran Journal Law, 6(2), 361-379. doi:https://doi.org/10.22304/pjih.v6n2.a8

Hanita, M., Permatasari, O. S., & Purwanto, H. (2023). Strategi Internalisasi Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Bidang Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik, 6(2), 101-118.

Hannan, A. (2022). Propaganda Politik Pascakebenaran (Post Truth) Menjelang Pemilu 2024 dan Ancamannya Terhadap Demokrasi di Indonesia Kontemporer. POLITEA: Jurnal Kajian Politik Islam, 6(1), 50-83.

Haryanto. (2016). Sosialisasi Politik Suatu Pemahaman Awal.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678

Hasyim, S. B., Nurbudiwati, & Fauzan, H. S. (2019). Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula Dalam Partisipasi Pelaksanaan Pemilihan Umum. Budaya dan Masyarakat: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-6.

Hidayat, A. S. N., & Dewi, D. A. (2021). Meningkatkan Kesadaran Generasi Muda Terhadap Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan, Psikologi, dan Konseling, 3(Nomer 1)

Kartiko. (2019). Sistem Pemilu dalam Perspektif Demokrasi di Indonesia. Jurnal Konstitusi, 2(1), 1-11

Kunantiyorini, A. (2018). Pancasila sebagai Sumber Hukum dalam Sistem Hukum Nasional Pancasila sebagai Sumber Hukum dalam Sistem Hukum Nasional. Jurnal Konstitusi, 15(1), 27–49. https://jurnalkonstitusi.mkri.id/index.php/jk/article/view/1512/351

Le Blanc, A. G., Gunnell, K. E., Pangeran, S. A., Saunders, T. J., Barnes, J. D., & Chaput, J.-P. (2017). Di mana-mana layar: Gambaran Umum Risiko dan Manfaat Waktu Layar di Dunia Modern Kita. Jurnal Translasional dari American College of Sports Medicine, 2(17), 104–113. https://doi.org/10.1249/tjx.0000000000000039

Lickona, T. (2013). Educating for character in the sexual domain. Peabody Journal of Education, 88(2), 198-211. doi: https://doi.org/10.1080/0161956X.2013.775873.

Lovett, B. J., & Jordan, A. H. (2005). Moral Values, Moralism, and the 2004 Presidential Election. Analyses of Social Issues and Public Policy, 5(1), 165-175.

Mariska, R., Kusmanto, H., & . (2020). Tata Kelola Logistik Pemilu 2019 dan Malpraktek Pemilu. TALENTA Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts, 3, pp. 35-44. doi:10.32734/lwsa.v3i3.927

Muhadam, L., & Teguh, I. (2015). Partai Politik Dan Sistem Pemilihan Umum Di Indonesia. PT Raja Grafindo Persada.

Muhammad, N. (2023, 05 07). KPU: Pemilih Pemilu 2024 Didominasi oleh Kelompok Gen Z dan Milenial. Retrieved from databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/05/kpu-pemilih-pemilu-2024-didominasi-oleh-kelompok-gen-z-dan-milenial#:~:text=Sedangkan%20pemilih%20dari%20generasi%20Z%20adalah%20sebanyak%2046.800.161,pada%20orang%20yang%20lahir%20mulai%201995%20hing

Mujahidah, I., & Dewi , D. A. (2022). Internalisasi Nilai Pancasila Terhadap Generasi Muda Sebagai Wujud Mempertahankan Budaya Bangsa. JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI DAN HUMANIORA, 13(2), 431-437. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPSH/index

Mulyono, G. P., & Fatoni, R. (2019). Demokrasi Sebagai Wujud Nilai-Nilai Sila Keempat Pancasila Dalam Pemilihan Umum Daerah Di Indonesia. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(2), 97-108. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/Citizenship

Nindhika, C. C., & Sodiq, I. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Sosial Budaya Melalui Pembelajaran Sejarah Pada Kelas X SMA Semesta Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 6(1), 14–20.

Noviati, C. E. (2013). Demokrasi dan Sistem Pemerintahan. Jurnal Konstitusi, 10(2), 334.

Nurizka, R., & Rahim, A. (2020). Internalisasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Elementary School, 7, 38-49.

Pakaya, S., Dumalangi, K., & Aprilia, N. (2023). Memahami Internalisasi Nilai-nilai Agama dalam Pancasila. Sultan Adam: Jurnal Hukum dan Sosial, 1(2), 231-239.

Pakpahan, G. K., Salman, I., Setyobekti, A. B., Sumual, I. S., & Christi, A. M. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Upaya Mencegah Radikalisme. Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 7(2), 435-445. doi:: https://doi.org/10.30995/kur.v7i2.351

Patnistik, E. (2024, 01 26). Kompas.com. Retrieved from Mengenal Tahapan Proses Pemilu 2024 di Amerika Serikat: https://internasional.kompas.com/read/2024/01/26/193811470/mengenal-tahapan-dan-proses-pemilu-as-2024?page=2

Prakasa, A., Syaodih, E., & Mariyana, R. (2023). Program Unggulan Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembiasaan Beribadah: Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6165-6176. doi: 10.31004/obsesi.v7i5.5203

Putri, S. A. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Meningkatkan Kesadaran Bela Negara pada Generasi Milenial. DIKTUM: Jurnal Syariah Hukum, 19(1), 57-74.

Rahayu, M. P., & Herawati, R. (2017). Sistem Proporsional dalam Pemilihan Umum Legislatif di Indonesia. Diponegoro Law Journal, 6(3), 1-11.

Rahman, R. (2008). Minimalisasi Konflik di Daerah: Mewujudkan Pemilu Secara Demokratis dengan Moral Agama. Demokrasi, 7(2), 177-189.

Rakhman, S. (2020). Internalisasi Nilai-nilai Pengawasan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengawasan Pemilu Provinsi DKI Jakarta(1), 5-34.

Rasyid, T. (n.d.). Apa Yang Bisa Diharapkan dari Para Boneka.

Regiani, E., & Dewi, D. A. (2021). Pudarnya Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Masyarakat Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 30–38. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1402

Revalina, A., Moeis, I., & Indrawati, J. (2023). Degradasi moral siswa dalam penerapan nilai-nilai Pancasila ditinjaui dari makna dan hakikat pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 53-62. doi:10.21831/jpka.v14i1.57131

Riyanti, D., & Prasetyo, D. (2019). Internalisasi Nilai-nilai Pancasila di Perguruan Tinggi. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(2), 82-97. doi:http://e-journal.unipms.ac.id/index.php/citizenship

Rochmat, CS, Yoranita, A. S. P., Prihatini, M., & Wibawa, B. A. (2023). Kualitas Pendidikan dari Perspektif Islam Analisis Kurikulum Merdeka Belajar dalam Menghadapi Masyarakat 5. 0 Era. Jurnal Tarbiyatuna, 14(1), 75–93.

Rohman, A. N. (2018). Internalisasi Nilai-nilai Islam dalam Praksis Demokrasi di Indonesia. Jurnal Himmah, 2(2), 86-98.

Saleh, A. M., Shaleh, A. I., & Adyatma, I. (2022). Kontroversi Sistem Pemilihan Presiden Secara Langsung Dan Tidak Langsung Ditinjaui Dari Sila Keempat Pancasila. Mimbar Keadilan, 15(1), 123-135.

Sandel, M. J. (2005). Filsafat publik: Esai tentang Moralitas dalam Politik. Cambridge: Universitas Harvard.

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan P, 6(1), 41-54.

Schwieger, D., & Ladwig, C. (2018). Jurnal Pendidikan Sistem Informasi Penghargaan untuk Bart Longenecker: Maverick Pendidikan IS dan Visioner 45. Menjangkau dan Mempertahankan Generasi Berikutnya: Beradaptasi dengan Harapan Gen Z di Kelas 55. Meningkatkan Advokasi untuk Sistem Informasi. Sistem Informasi & Komputasi Professioals Akademik, 16(3), 45–54.

Shofa, F. N. (n.d.). Pakar Komunikasi Politik Sebut Generasi Z Penentu Pemilu 2024. https://www.unesa.ac.id/pakar-komunikasi-politik-sebut-generasi-z-penentu-pemilu-2024

Sukmana, S. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengimplementasian Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sosial dan Budaya di Indonesia. Jurnal EduPsyCouns: Jurnal Pendidikan, Psikologi, dan Konseling, 3(1).

Susilawati, E., Sarifuddin, S., & Muslim, S. (2021). Internalization of Pancasila Values in Learning through Implementation of Pancasila Student Profile with “Merdeka Mengajar” Platform. Jurnal Teknodik, 25(2), 155-167.

Tambupolon, F. D., Amin, M., & Harahap, H. (2021). Pengaruh Informasi Sistem Penghitungan Nasional Online pada Hasil Pemilu 2019 terhadap Kepercayaan Publik Kota Medan. Jurnal Perspektif, 10(2), 399-415. doi: https://doi.org/10.31289/perspektif.v10i2.4601'

Utami, SGA, & Najicha, FU (2022). Kontribusi Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan Dalam Penerapan Nilai-Nilai Pancasila pada Kehidupan Bermasyarakat. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(3).

Wardhana, A. F. (2020). Politik Uang dalam Pemilihan Umum: Kajian Perspektif Demokrasi dan Islam. Journal of Islamic and Law Studies, 4(2), 49-62. doi: https://dx.doi.org/ 10.18592/jils.v4i2.3812

Wardhani, P. S. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam Pemilihan Umum. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 57-62. Retrieved from http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis

Wibowo, A. P., Wardhana, E. W., & Nurgiansah, T. H. (2022). Pemilihan Umum di Indonesia dalam Perspektif Pancasila. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3217-3226.

Winarni, L. (2014). The Political Identity Of Ulama In The 2014 Indonesian Presidential Election. Al-Jāmi‘ah: Journal of Islamic Studies, 52(2). doi:doi: 10.14421/ajis.2014.522.257-269

Widodo, W. (2015). Pelaksanaan Pilkada Berdasarkan Asas Demokrasi dan Nilai-nilai Pancasila. Jurnal Ilmiah CIVIS, 5(1), 667-692.




DOI: https://doi.org/10.33373/jtp.v8i1.6117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Flag Counter

Web Analytics

View JTP Statistic

 

Office:

Department of Government Studies, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Riau Kepulauan

unit E

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: jurnaltriaspolitika2017@gmail.com 

________________________________________________________________________________________________________________________________

 

In Cooperation with:                     Powered By: 

   

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Trias Politika (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.