DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KERJA KARYAWAN ALFAMART

Heny Fitriani

Abstract


Penelitian ini menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan Alfamart Nagoya Batam. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah survey. Sampel yang digunakan adalah 50 responden karywan Alfamart. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik koesioner. Sedangkan analisis terhadap data menggunakan analisis secara kuantitatif yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis koefisisen determinasi (R2) serta uji hipotesis melalui uji t (parsial) dan uji f (simultan). Penelitian ini memperoleh persamaan regresi linear berganda Y = (-0,451) + -0,255 + 0,316 + 0,152. Sedangkan uji hipotesis secara parsial (uji t) variabel gaya kepemimpinan (X1) berpengaruh terhadap kepuasan Kerja karyawan, di buktikan dari hasil nilai t hitung 2,970 > t tabel 2.011 dan Sig 0,005 < 0,05, variabel lingkungan kerja (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan , di buktikan dari nilai t  hitung  3,294  > t tabel 2.011,  dan Sig  0,002  < 0,05. Sedangkan secara simultan (uji f) gaya kepemimpinan (X1) dan lingkungan kerja (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, di buktikan dari nilai f hitung 155,551 > f tabel 0,2.80 dan Sig 0,000 < 0,05. Nilai R Square adalah 0,910, artinya variabel gaya kepemimpinan (X1) dan lingkungan  kerja  (X2)  menjelaskan  variabel kepuasan  kerja  karyawan sebesar 91,0%, sedangkan 9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja Karyawan.

Full Text:

PDF

References


Mila badriyah. (2015). “Strategic Management”. International Edition, New York: Mc Grow Hill.

Rivai, 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Edisi ke 6, PT. Raja Grafindo Persada, Depok, 16956.

Syaiyid, 2013. Manajemen Pemgambilan Keputusan, Bandung: Alfabeta

Rivai, 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Edisi ke 6, PT. Raja Grafindo Persada, Depok, 16956.

Sarwono,2005.Ilmu Kebidanan.Cetakan Keempat. Jakarta:Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Sudaryono, 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI

Sugiyono, (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v8i2.4928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.