PENGEMBANGAN MODUL STATISTIK PENDIDIKAN BERBASIS CTL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN BATAM

Yudhi Hanggara, Fitrah Amelia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul statistik pendidikan yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP Unrika Batam pada mata kuliah Statistik pendidikan. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan tambahan bahan ajar berupa modul statistik pendidikan berbasis CTL yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa sehingga dapat memudahkan mahasiswa dalam mempelajari statistik pendidikan. Rancangan penelitian berupa penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D atau Four-D (Define, Design, Development, Dissemination). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahan ajar berupa modul statistik pendidikan berbasis CTL yang dihasilkan telah valid, praktis dan efektif dengan tingkat kevalidan sebesar 85,71% dengan kategori sangat baik, tingkat kepraktisan sebesar 81,73% dengan kategori baik dan persentase ketuntasan secara kalsikal sebesar 72,73% dalam kategori baik sehingga dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan efektif.

Keywords


Modul Statistik Pendidikan; CTL

Full Text:

PDF

References


Anwar, Ilham. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori UPI. BandungKahle. D. 2014. Animating Statistics: A New Kind of Applet for Exploring Probability Distributions. Journal of Statistics Education Volume 22, Number 2.

Nasiroh, Dewi. 2014. “Pengembangan Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Barisan dan Deret untuk Siswa SMP Terbuka Kelas IX”. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Régnier, Jean C. & Kuznetsova, Ekaterina. 2014. Teaching of Statistics: Formation of Statistical Reasoning. Procedia social and behavioral sciences, 154, 99-103. http://ac.els-cdn.com/S1877042814055694/1-s2.0-S1877042814055694-main.pdf?_tid=182a2b3c-53b0-11e7-8a1b-00000aacb35d&acdnat=1497740324_3ebb06f72cddd24cff2b82b7999b075c

Shahidayanti, Tutik., Dhoruri, Atmini & MS. (2014). Pengembangan Modul pada Materi Segi Empat untuk Siswa Kelas VII SMP Berdasarkan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i2.1261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.