Analisis Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X Materi Persamaan Pertidaksamaan Nilai Mutlak

Septia Nur, Kartini Kartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA IT Imam Syafi’i Batam berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes tertulis berbentuk uraian berjumlah 5 soal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis inferensial untuk mengukur instrumen, serta analisis deskriptif untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman matematis yang dimiliki siswa siswa lebih baik dibanding kemampuan pemecahan masalah matematis. Rata-rata persentase kemampuan pemahaman matematis siswa kelas X untuk materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak adalah 90%, sedangkan rata-rata persentase kamampuan pemecahan masalah siswa hanya 28%. Selanjutnya, ditemukan pula hasil bahwa siswa kesulitan memahami soal permasalahan kontekstual, serta kesulitan menerapkan konsep persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak ke dalam prosedur penyelesaian masalah.


Full Text:

PDF

References


Amelia, F. (2017). Hubungan Antara Kemampuan Komunikasi Lisan Dan Kemampuan Pemahaman Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 4 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(1).

Cipta, R. (2014). Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta Andartari, Susanti, Santi., & Andriani, Vidia. 2013. Pengaruh kemampuan intelektual (IQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran aku. Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Fitria, N. F. N., Hidayani, N., Hendriana, H., & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat: Problem Solving Skills. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(01), 49–57.

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode pemecahan masalah menurut polya untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematis di sekolah menengah pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian pembelajaran matematika. Bandung: Refika Aditama.

Husna, A. (2017). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Lembah Gumanti Kabupaten Solok dengan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Hollywood Squares Review. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2).

Mz, Z. A. (2013). Perspektif gender dalam pembelajaran matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15–31.

Santrock, J. W., & Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan edisi kedua. Kencana Prenada Media Group.

Sumarmo, U., Hendriana, H., & Rohaeti, E. E. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana prenada media group.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.