Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dengan Media Ludo terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Kolese Tiara Bangsa Batam

Kiki Ernada, Suryo Hartanto, Yesi Gusmania

Abstract


Hasil belajar matematika yang rendah diindikasikan karena siswa kurang aktif dan pembelajaran yang hanya berpusat pada guru. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran TGT menggunakan media ludo terhadap hasil belajar matematika siswa SMK Kolese Tiara Bangsa Batam dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar model pembelajaran TGT menggunakan media ludo dan konvensional. Jenis penelitian adalah Quasi Experimental Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMK Kolese Tiara Bangsa Batam tahun ajaran 2019/2020, dengan sampel penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling dengan banyak sampel 52 orang. Data yang diambil didapat dari soal tes uraian sebanyak 10 soal. Tes yang sudah valid dan reliabel. Teknik analisa data untuk hipotesis 1 dan 2 menggunakan uji t satu pihak (one sample t-test). Sedangkan hipotesis 3 menggunakan T-test Independent. Hasil penelitian menunjukkan terdapat efektifitas model pembelajaran TGT dengan menggunakan media ludo karena ( thitung 4,101 > tabel 1,729) dan dengan terdapat perbedaan hasil belajar siswa antarasiswa kelas XI SMK Kolese Tiara Bangsa yang diberi perlakuan model pembelajaran TGT dengan media ludo dan model pembelajaran konvensional pada.( thitung 3,223 > ttabel 1,676).
Kata Kunci: TGT, Media ludo, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran (Ed.Revisi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ardilla, Ayu. & Hartanto, S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Iskandar Muda Batam. Jurnal Pythagoras, 6(2), 175–186.

Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Bandung.

Baiti, Awaludin Ahmad. (2014). Pengaruh Pengalaman Praktik, Prestasi Belajar Dasar Kejuruan dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 164-180.

Hartanto, S. & Sriyani. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 11 Batam. Jurnal Pythagoras, 5(1), 12–19.

Hasanah, Uswatun, Wijayanti R & Liesdiani, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Tournament) dengan Permainan Ludo terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan mtaematika, 3(2), 104-111.

Lestari,K.E, & Yidhanegara, M. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refik Aditama

Lubis, S. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan (Rev. ed.). Padang: Sukabina Press.

Muhtarom, Nizaruddin, S. (2016). Pengembangan Permainan Teka Teki Silang dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP. Jurnal Pythagoras, 5(1), 20–31.

Muhtar, Mansyur Jusman, & Werdhiana Komang I. (2015). Keberhasilan Praktikum Siswa SMK Negeri 5 Palu ditinjau Dari Keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulo, 4(2), 1-7.

Rahmalina, Lady. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT(Teams Games Tournament) Dengan Bantuan Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Personality and Social Psychology, 1(1), 1188–1197.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Sindy, S., Mawarni, I., Tegeh, I. M., Putu, L., & Mahadewi, P. (2018). Pengembangan Media Ludo Word Game Siswa Kelas IV SDN 1 Banjar Bali Tahun Pelajaran 2017/2018 Universitas Pendidikan Ganesha, (3).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.3127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.