Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran kooperatif berbasis education for sustainable development

Jaya Dwi Putra, Didi Suardi, Dadang Juandi

Abstract


Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting bagi siswa dalam mencapai ketuntasan belajar matematika. Pemahaman yang baik akan suatu konsep sangat diperlukan dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika. Pentingnya pemahaman konsep matematis ini belum tercermin dari capaian hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan data hasil tes yang diberikan masih banyak siswa yang kemampuan pemahaman konsep matematisnya rendah. Salah satu faktor penyebab masih rendahnya kemampaun pemahaman konsep matematis siswa adalah penerapan model pembelajaran yang tidak tepat. Disamping itu hal ini juga disebabkan kurangnya kebermaknaan dalam belajar yang dirasakan oleh siswa. Oleh karena itu sebagai solusi agar permasalahan tersebut dapat diatasi, diperlukan model pembelajaran yang dapat membuat pembelajaran lebih bermakna sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Pada penelitian ini dipilih pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis education for sustainable development. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan peningkatan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis education for sustainable development dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI pada salah satu SMA Negeri di Kecamatan Harau Provinsi Sumatera Barat. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa bahwa peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis education for sustainable development lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Full Text:

PDF

References


Anna, V. (2017). Implementation of the education for sustainable development strategy in mathematics education through stakeholder cooperation. Contemporary Educational Researches Journal. 7(4). 174-185

Cobern, W. (1996). Constructivism and Non-Western Science Education Research. International Journal of Science Education, 4/3: 287-302.

Depdiknas (2009). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006.

Duffin, J. M., Simson. A.P. (2000). A Serach for Understanding. Journal of Mathematics Behavior. 18(4): 415-427

Juandi, D. (2006). Meningkatkan Daya Matematik Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi Pascasarjana UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Lie, A. (2002). Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia

Putra, J. D. (2014). Penerapan Accelerated Learning dalam Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pythagoras, 3(2), 85–98.

Putra. J. D., Martini, J. (2015). Pengaruh Penerapan Quantum Learning dengan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pythagoras, 4(2), 43–55.

Ruseffendi, H.E.T (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksata Lainnya. Bandung: Tarsito.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakrata: Rajawali Pers.

Schoenfeld, A. H. (1992). Learning to Think Mathematically: Problem Solving, Metacognition and Sense of Mathematics. Research on Mathematics Teaching and Learning (334-370). New York: Macmilan.

Slavin, R. E., (2005). Cooperative Learning (cara efektif dan menyenangkan pacu prestasi seluruh peserta didik). Bandung: Nusa Media

Sugianto. (2010). Model-model pembelajaran Inovatif. Surakarta. Yuma Pustaka.

Susanto, A. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Trianto. (2009). Mengembngkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Zaini, H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2.3130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.