Pengaruh model pembelajaran laps-heuristik dengan time token arends terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis

Mailan Ali, Netriwati Netriwati, Novian Riskiana Dewi

Abstract


Keterampilan penting yang seharusnya dikuasai peserta didik adalah keterampilan menyelesaikan permasalahan. Kurang beragamnya model selama pembelajaran membuat pembelajaran menjadi monoton dan membosankan. Hal ini menjadi kendala dalam menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara peserta didik yang diterapkan model LAPS-Heuristik dengan Time Token Arends (TTA) dan peserta didik yang diterapkan model konvensional. Penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode Quasy Experimental Design dengan rancangan Post-test Only Control Group. Populasi penelitian ini adalah peserta didik tingkat dua di MTs Daarul Maarif Natar dan dengan sampel kelas VIII A menjadi kelas percobaan dan kelas VIII B menjadi kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan soal berbentuk uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis terdapat perbedaan pengaruh antara peserta didik dengan penerapan model LAPS-Heuristik dengan TTA dan penerapan model konvensional. Dengan Effect Size sebesar 0,59 berarti bahwa model LAPS-Heuristik dengan TTA memberikan andil yang sedang terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Keywords


LAPS-Heuristik,Time Token Arends, Kemampuan Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Anggrianto, D., Churiyah, M., & Arief, M. (2016). Improving Critical Thinking Skills Using Learning Model Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic. Journal of Education and Practice, 7(9), 128–136.

Anisah, F. (2018). The students’ activity profiles and mathematic problem solving ability on the LAPS-Heuristic model learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(1), 72–77. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i1.17087

Azwardi, G., & Sugiarni, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Laps-Heuristik. Pi: Mathematics Education Journal, 2(2), 62–68. https://doi.org/10.21067/pmej.v2i2.3335

Ernanda, K., Hartanto, S., Gusmania, Y., (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (Tgt) Dengan Media Ludo Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kolese Tiara Bangsa Batam. PHYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 113–121.

Husna, U., Zubainur, C. M., & Ansari, B. I. (2018). Students’ creative thinking ability in learning mathematics through learning model of Logan Avenue Problem Solving (LAPS) - Heuristic. Journal of Physics: Conference Series, 1088, 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012067

Kandaga, T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Time-Token Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Disposisi Matematis Siswa SMA. Edumatica, 7(01), 21–28.

Lena, M. S., Padang, U. N., Netriwati, N., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2020). Metode Penelitian (Issue December 2019).

Purba, O. N., & Sirait, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Model LAPS-Heuristic di SMA Shafiyyatul Amaliyah. Jurnal Mathematic Paedagogic.

Rahayu, N., Karso, K., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran LAPS-Heuristik. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(2), 83. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i2.4536

Rahman, I. S., Murnaka, N. P., & Wiyanti, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Laps (Logan Avenue Problem Solving)-Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 48. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2556

Ramadhani, R. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sma Melalui Guided Discovery Learning Berbantuan Autograph. JPPM, 10(2), 72-81.

Saragih, S., & Habeahan, W.L. (2014). The improving of Mathematical Problem Solving Ability and Students' Creativity by Using Problem Based Learning in SMP Negeri 2 Siantar. Journal of Education and Practice, 5(35), 123-132

Sari, Maila. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament ( Tgt ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa PHYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika , 101–112.

Setiawan, R. H. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Time Token Arend. Akademik Pendidikan Matematika, 6(2), 78–85.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.

Siagian, M. V, Saragih, S., & Sinaga, B. (2019). Development of Learning Materials Oriented on Problem-Based Learning Model to Improve Students ’ Mathematical Problem Solving Ability and Metacognition Ability. 14(2), 331–340.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2.3456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.