Pengembangan Media Pembelajaran ABBD Berbasis Unity Pada Materi Bangun Datar Kelas V

Gilang Prayogo, Hilyah Anugerah Kinanti, Kamilah Pascayuna Nurmalika, Ega Ayu Pramitasari

Abstract


Pengembangan media pembelajaran Asyiknya Belajar Bangun Datar (ABBD) berbasis Unity bertujuan untuk memudahkan siswa kelas V belajar materi bangun datar melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan. Media dirancang dalam bentuk aplikasi digital dan dapat diakses melalui perangkat komputer. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Development, Disseminate). Tahap define melibatkan kajian kebutuhan dari ketersediaan media pembelajaran. Tahap design melibatkan perancangan frame dan tampilan utama. Tahap pengembangan mencakup pembuatan konten interaktif, animasi, dan media yang dapat membantu siswa memahami konsep bangun datar. Tahap disseminate dilakukan dengan penyebaran media agar bisa dimanfaatkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ABBD mendapatkan respon positif dari guru dan siswa. Angket persepsi guru memperoleh skor total 60 dengan persentase 75% termasuk ke dalam kategori “praktis”. Angket siswa memperoleh skor total 600 dengan persentase 83,3% sehingga termasuk ke dalam kategori “sangat praktis”. Dapat disimpulkan bahwa ABBD dalam materi bangun datar di kelas V sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu dapat dipastikan guru dan siswa tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan ABBD sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk menjadikan pembelajaran lebih berkualitas. Dengan demikian, ABBD dapat menjadi salah satu solusi inovatif dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar, khususnya dalam materi bangun datar.

Keywords


aplikasi digital; bangun datar; interaktif; media pembelajaran

References


Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi geometri di sekolah dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27-35.

Hidayah, S., Mailani, E., Sitohang, R., Nurmayani, N., & Gandamana, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Luas Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Augmented Reality berbantuan Unity 3D Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 95–111. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i5.14781

Hasriadi. (2022). Strategi Pembelajaran.Bantul:Mata Kata Inspirasi. ISBN: 978-623-5607-90-0

Maydiantoro, A. (2021). Model-model penelitian pengembangan (research and development). Jurnal pengembangan profesi pendidik indonesia (JPPPI).

Meri, E. G. & Mustika, D., (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 200–208. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5197

Nashrullah, M., Maharani, O., Rohman, A., Fahyuni, E. F., & Untari, R. S. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan (Prosedur Penelitian, Subyek Penelitian, Dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data). Umsida Press, 1-64.

Nugroho, A. S., & Mawardi, M. (2021). Pengembangan instrumen penilaian sikap tanggungjawab dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 808-817.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri Kohod III. Pensa, 3(2), 243-255.

Pagarra, H., Syawaluddin, A., Kriswanto, W., Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. Badan Penerbit UNM. 1-113.

Jasmine, J., Tuti, I., & Arris, M. (2023). Penerapan Model Four-D dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 6(1), 372 - 378.

Andi, M. (2022). Analisis Validitas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 133-139.

Paulus, H., Riri, M., Suriati, L., Baso, S., Siti, H., & Baiq, F. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Untuk Memudahkan Guru dalam Penyampaian Materi dalam Pembelajaran. Community Development Journal, 4(2), 2862-2868.

Ritonga, A. P., Andini, N. P., & Iklmah, L. (2022). Pengembangan bahan ajaran media. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 343-348.

Rohmah, A. N. (2017). Belajar dan pembelajaran (pendidikan dasar). Cendekia, 9(02), 193-210.

Simbolon, S., & Sapri, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2510-2515.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Umihani, U., Nurwahidin, M., Pujianti, P., & Riswandi, R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Model Discovery Learning Menggunakan Media Digital di SMA N 1 Terbanggi Besar. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 164-172.

Wahab, G., & Rosnawati, R. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga, Bandung.

Widiasanti, I., Ramadhan, N. A., Alfarizi, M., Fairus, A. N., Oktafiani, A. W., & Thahur, D. (2023). Pemanfaatan Sarana Multimedia dan Media Internet sebagai Alat Pembelajaran yang Efektif. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1365-1375.

Winaryati, E. (2021). Cercular Model of RD&D (Model RD&D Pendidikan dan Sosial).




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v14i2.7481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.