Peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan model PBL berbantuan GeoGebra ditinjau dari kemampuan awal matematis

Nurul Izah Zahra, Yumiati Yumiati, Idha Novianti

Abstract


Berpikir kritis adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa pada abad ke-21, karena dengan berpikir kritis, siswa mampu menyelesaikan masalah yang diberikan dengan menganalisis, mengevaluasi, dan membuat kesimpulan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menentukan : (1) Perbedaan pada peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan model PBL berbantuan GeoGebra, PBL tanpa GeoGebra, dan pembelajaran langsung yang ditinjau dari KAM (2) Interaksi antara KAM dan model pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Riset ini dengan menerapkan metode quasi-experiment dengan Pretest posttest Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII.1 dan VIII. 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik dalam mengambil sampel adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada proses pengumpulan data adalah tes kemampuan awal matematis dan tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data menggunakan uji N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji anova satu arah, dan uji anova dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat perbedaan pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh PBL GeoGebra, PBL tanpa GeoGebra dan Pembelajaran Langsung yang ditinjau dari KAM tinggi dengan nilai sig 0,032, KAM sedang dengan nilai sig 0,000, dan KAM rendah dengan nilai sig 0,005. Tidak adanya interaksi antara KAM dan model pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan nilai sig 0,334. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terlihat bahwa PBL dengan berbantuan GeoGebra dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

References


Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Amruddin, Priyanda, R., Agustina, T. S., Ariantini, N. S., Rusmayani, N. G. A. L., Aslindar, D. A., Ningsi, K. P., Wulandari, S., Putranto, P., Yuniati, I., Untari, I., Mujiani, S., & Wicaksono, D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Pradina Pustaka.

Ardiyanto, B., Chasanah, A. N., Hendrastuti, Z. R., & Rais, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas X pada Materi Persamaan Logaritma Ditinjau dari Kemandirian Belajar. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v2i1.1475

Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209

Batubara, I. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di Fkip Umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 152–159. https://doi.org/10.30743/mes.v4i2.1291

Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919–927. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/472

Chandra, A., Fitriana, S., Karmila, M., & Widiharto, C. A. (2023). Peningkatan Resiliensi dengan Project Based Leaning pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4295–4304. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4803

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019

Endrawati, P., & Aini, I. N. (2022). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dalam Pembelajaran Relasi dan Fungsi di SMP. 15.

Facione, P. A. (2013). Critical Thinking for Life. Inquiry: Critical Thinking Across the Disciplines, 28(1), 5–25. https://doi.org/10.5840/inquiryct20132812

Fadhilah, D. L., Isrokatun, I., & Syahid, A. A. (2024). Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Math Quiz untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis pada Materi Penjumlahan Pecahan Campuran Siswa Kelas V SD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 893–901. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.969

Fitriani, Maifa, T. S., & Bete, H. (2019). Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Penga M, 2(4), 460–465. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1441

Hastuti, F. F., Waluyo, M., & Sumadi. (2024). Penerapan problem based learning dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas X. 13(2), 98–110.

Hidayat, F., Akbar, P., Bernard, M., Siliwangi, I., Terusan, J. L., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematik Serta Kemandiriaan Belajar Siswa Smp Terhadap Materi Spldv. Journal on Education, 1(2), 515–523. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/106

Kasim, A., Muhammad, H., Kalamu, L. Y., Tinambah, S., & Lukman, A. (2024). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Tidore Kepulauan. Jurnal Ilmiah Matematika, 4(1), 22–44. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.13220331 e-ISSN:

Kodu, H. I., MUzaki, A., & Wahyudi, E. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX di SMP Swasta Rangga Rame pada Materi Statistika Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba, 2(1), 111–119.

Larasismoy, N., Mayasari, U., & Nasution, R. A. (2023). Uji Aktivitas Antibakteri pada Sediaan Masker Gel Variasi Produk Propolis terhadap Bakteri Staphylococcus aureus dan Propionibacterium acnes Antibacterial Activity Test on Gel Mask Preparations Variations of Propolis Products Against Bacteria and Propioni. Jurnal Biologi Edukasi, 15(2), 105–113.

Maharani, D., Rafianti, I., & Novaliyosi, N. (2024). Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(2), 913–924. https://doi.org/10.46306/lb.v5i2.638

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70.

Narwastu, E. E., Ariyanto, L., & Supandi. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMP. Imajiner : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(6), 475–481. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2804

Novita, R., & Ramlah. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kratif Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Berdasarkan Kemampuan Awal. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan …, 8(2), 159–167.

Nurdin, E., Nayan, D. D., & Risnawati, R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Model Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Gantang, 5(1), 39–49. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.2151

Nurfadilah, I., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 152. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v2i2.9300

OECD. (2022). Survey International Program for International Student Assessment (PISA).

Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 74–87. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078

Putra, E. B. A., & Siswono, T. Y. E. (2021). Pengaruh Pembelajaran Pengajuan Masalah Berbantuan GeoGebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematika, Berpikir Kritis, dan Penalaran Adaptif Siswa. MATHEdunesa, 10(1), 157–161. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n1.p157-161

Putri, F. A. E., Syaiful, S., & Siburian, J. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Online Inquiry dan Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 274–285. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.450

Rahman, O., Usman, & Johar, R. (2021). Improving high school students’ critical thinking ability in linear programming through problem based learning assisted by GeoGebra. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012070

Rahmawati, L., Juandi, D., & Nurlaelah, E. (2022). STEM implementation in improving mathematical critical and creative thinking skills. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2002–2014.

Rohmah, N., Widodo, S., & Katminingsih, Y. (2022). Meta Analisis: Model Pembelajaran PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 945–963. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1254

Salamor, R., & Kempa, V. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Implementation Of Group Investigation Learning Model To Improve Mathematical Critical Thinking. 28–34.

Sari, S. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Serambi Ilmu, 21(2), 211–228. https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%0Ahttps://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/%0A???

Subaini, Irvan, & Nasution, M. D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(1), 16–20. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v2i1.742

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Ucisaputri, N., Nurhayati, N., & Pagiling, S. L. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Siswa Smp Negeri 2 Merauke. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 789. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2919

Weinhandl, R., Lavicza, Z., Hohenwarter, M., & Schallert, S. (2020). Enhancing flipped mathematics education by utilising GeoGeBrA. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 8(1), 1–15. https://doi.org/10.46328/IJEMST.V8I1.832

Welta, Hermansah, & Hartanto, S. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA. 13(2), 168–179.

Wulansari, N., Raditya, A., & Sukmawati, R. (2022). Penerapan Penggunaan Media Aplikasi GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika UMT, 1–8. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/6857

Yayuk, E., Purwanto, As’Ari, A. R., & Subanji. (2020). Primary school students’ creative thinking skills in mathematics problem solving. European Journal of Educational Research, 9(3), 1281–1295. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1281

Ziatdinov, R., & Valles, J. R. (2022). Synthesis of Modeling, Visualization, and Programming in GeoGebra as an Effective Approach for Teaching and Learning STEM Topics. Mathematics, 10(3). https://doi.org/10.3390/math10030398




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v14i2.7712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.