Peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan model PBL berbantuan GeoGebra ditinjau dari kemampuan awal matematis
Abstract
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800
Amruddin, Priyanda, R., Agustina, T. S., Ariantini, N. S., Rusmayani, N. G. A. L., Aslindar, D. A., Ningsi, K. P., Wulandari, S., Putranto, P., Yuniati, I., Untari, I., Mujiani, S., & Wicaksono, D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Pradina Pustaka.
Ardiyanto, B., Chasanah, A. N., Hendrastuti, Z. R., & Rais, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas X pada Materi Persamaan Logaritma Ditinjau dari Kemandirian Belajar. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v2i1.1475
Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209
Batubara, I. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di Fkip Umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 152–159. https://doi.org/10.30743/mes.v4i2.1291
Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919–927. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/472
Chandra, A., Fitriana, S., Karmila, M., & Widiharto, C. A. (2023). Peningkatan Resiliensi dengan Project Based Leaning pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4295–4304. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4803
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019
Endrawati, P., & Aini, I. N. (2022). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dalam Pembelajaran Relasi dan Fungsi di SMP. 15.
Facione, P. A. (2013). Critical Thinking for Life. Inquiry: Critical Thinking Across the Disciplines, 28(1), 5–25. https://doi.org/10.5840/inquiryct20132812
Fadhilah, D. L., Isrokatun, I., & Syahid, A. A. (2024). Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Math Quiz untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis pada Materi Penjumlahan Pecahan Campuran Siswa Kelas V SD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 893–901. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.969
Fitriani, Maifa, T. S., & Bete, H. (2019). Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Penga M, 2(4), 460–465. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1441
Hastuti, F. F., Waluyo, M., & Sumadi. (2024). Penerapan problem based learning dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas X. 13(2), 98–110.
Hidayat, F., Akbar, P., Bernard, M., Siliwangi, I., Terusan, J. L., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematik Serta Kemandiriaan Belajar Siswa Smp Terhadap Materi Spldv. Journal on Education, 1(2), 515–523. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/106
Kasim, A., Muhammad, H., Kalamu, L. Y., Tinambah, S., & Lukman, A. (2024). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Tidore Kepulauan. Jurnal Ilmiah Matematika, 4(1), 22–44. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.13220331 e-ISSN:
Kodu, H. I., MUzaki, A., & Wahyudi, E. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX di SMP Swasta Rangga Rame pada Materi Statistika Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba, 2(1), 111–119.
Larasismoy, N., Mayasari, U., & Nasution, R. A. (2023). Uji Aktivitas Antibakteri pada Sediaan Masker Gel Variasi Produk Propolis terhadap Bakteri Staphylococcus aureus dan Propionibacterium acnes Antibacterial Activity Test on Gel Mask Preparations Variations of Propolis Products Against Bacteria and Propioni. Jurnal Biologi Edukasi, 15(2), 105–113.
Maharani, D., Rafianti, I., & Novaliyosi, N. (2024). Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(2), 913–924. https://doi.org/10.46306/lb.v5i2.638
Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70.
Narwastu, E. E., Ariyanto, L., & Supandi. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMP. Imajiner : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(6), 475–481. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2804
Novita, R., & Ramlah. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kratif Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Berdasarkan Kemampuan Awal. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan …, 8(2), 159–167.
Nurdin, E., Nayan, D. D., & Risnawati, R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Model Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Gantang, 5(1), 39–49. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.2151
Nurfadilah, I., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 152. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v2i2.9300
OECD. (2022). Survey International Program for International Student Assessment (PISA).
Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 74–87. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078
Putra, E. B. A., & Siswono, T. Y. E. (2021). Pengaruh Pembelajaran Pengajuan Masalah Berbantuan GeoGebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematika, Berpikir Kritis, dan Penalaran Adaptif Siswa. MATHEdunesa, 10(1), 157–161. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n1.p157-161
Putri, F. A. E., Syaiful, S., & Siburian, J. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Online Inquiry dan Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 274–285. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.450
Rahman, O., Usman, & Johar, R. (2021). Improving high school students’ critical thinking ability in linear programming through problem based learning assisted by GeoGebra. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012070
Rahmawati, L., Juandi, D., & Nurlaelah, E. (2022). STEM implementation in improving mathematical critical and creative thinking skills. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2002–2014.
Rohmah, N., Widodo, S., & Katminingsih, Y. (2022). Meta Analisis: Model Pembelajaran PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 945–963. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1254
Salamor, R., & Kempa, V. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Implementation Of Group Investigation Learning Model To Improve Mathematical Critical Thinking. 28–34.
Sari, S. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Serambi Ilmu, 21(2), 211–228. https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%0Ahttps://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/%0A???
Subaini, Irvan, & Nasution, M. D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(1), 16–20. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v2i1.742
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605
Ucisaputri, N., Nurhayati, N., & Pagiling, S. L. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Siswa Smp Negeri 2 Merauke. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 789. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2919
Weinhandl, R., Lavicza, Z., Hohenwarter, M., & Schallert, S. (2020). Enhancing flipped mathematics education by utilising GeoGeBrA. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 8(1), 1–15. https://doi.org/10.46328/IJEMST.V8I1.832
Welta, Hermansah, & Hartanto, S. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA. 13(2), 168–179.
Wulansari, N., Raditya, A., & Sukmawati, R. (2022). Penerapan Penggunaan Media Aplikasi GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika UMT, 1–8. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/6857
Yayuk, E., Purwanto, As’Ari, A. R., & Subanji. (2020). Primary school students’ creative thinking skills in mathematics problem solving. European Journal of Educational Research, 9(3), 1281–1295. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1281
Ziatdinov, R., & Valles, J. R. (2022). Synthesis of Modeling, Visualization, and Programming in GeoGebra as an Effective Approach for Teaching and Learning STEM Topics. Mathematics, 10(3). https://doi.org/10.3390/math10030398
DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v14i2.7712
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.