Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Ingkau
Abstract
Keywords
References
Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). Https://Doi.Org/10.24176/Anargya.V4i2.6370
Apriyono, F., Rosyidah, E. A., Purnomo, T., Sulityo, J., Munir, M. M., & Safitri, V. W. (2019). Eksplorasi Ethnomatematika Pada Permainan Tradisional Egrang Di Tanoker Ledokombo Jember. Sigma, 4(2), 51–58.
Hasmawati, H., Usman, U., & Ahsan. (2022). Peningkatan Kemampuan Peserta Didik Dalam Menjumlah Bilangan Pecahan Dengan Menggunakan Media Gambar Luas Daerah Di Kelas Vii Mts.N 1 Enrekang. Journal Of Mathematics Learning Innovation (Jmli), 1(1), 17–32. Https://Doi.Org/10.35905/Jmlipare.V1i1.3259
Hodriani, H., Junaidi, J., & Alhudawi, U. (2023). Implementasi Pembelajaran Ppkn Berbasis Permainan Tradisional Pada Mahasiswa Pgsd. Journal Of Humanities And Civic Education, 1(1), 17–28. Https://Doi.Org/10.33830/Jhce.V1i1.5778.
Husnul Fauzan, & Khairul Anshari. (2024). Studi Literatur: Peran Pembelajaran Matematika Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 163–175. Https://Doi.Org/10.55606/Jurripen.V3i1.2802
Kholil, M., & Apriyono, F. (2018). Identifikasi Konsep Matematika Dalam Permainan Tradisional Di Kampung Belajar Tanoker Ledokombo Jember . Indonesian Journal Of Islamic Teaching, 1(1), 62–75.
Kholisa, F. N. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Terhadap Konsep Geometri Pada Rumah Joglo Pati. Circle : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(02), 89–108. Https://Doi.Org/10.28918/Circle.V1i02.4225
Koa, A. W., & Malessy, A. M. H. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Ingkau Di Bengkulu Dan Identifikasi Konsep Trigonometri Pada Sekolah Menengah. Jurnal Kependidikan Matematika, 3(1), 95–102.
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika [The Importance Of Mathematical Reasoning In Improving Mathematical Literacy Skills]. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.
Marfu, S. (2022). Model Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. 5, 50–54.
Merliza, P. (2021). Studi Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Matematika Pada Permainan Tradisional Provinsi Lampung. Suska Journal Of Mathematics Education, 7(1), 21. Https://Doi.Org/10.24014/Sjme.V7i1.12537
Nova, I. S., & Putra, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Cerita Rakyat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 67–76. Https://Doi.Org/10.31980/Plusminus.V2i1.1085
Okwita, A., & Sari, S. P. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional Egrang Pada Masyarakat Monggak Kecamatan Galang Kota Batam. Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 4(1), 19–33. Https://Doi.Org/10.33373/J-His.V4i1.1720
Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. Https://Doi.Org/10.33369/Jpmr.V5i2.11405
Rohmatin, T. (2020). Etnomatematika Permainan Tradisional Congklak Sebagai Teknik Belajar Matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 144–150. Http://Prosiding.Unipma.Ac.Id/Index.Php/Kid
Rumiati, R., Handayani, R. D., & Mahardika, I. K. (2021). Analisis Konsep Fisika Energi Mekanik Pada Permainan Tradisional Egrang Sebagai Bahan Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 131. Https://Doi.Org/10.24127/Jpf.V9i2.3570
Santoso, E., Pamungkas, M. D., Rochmad, & Isnarto. (2021). Teori Behaviour ( E . Throndike ) Dalam Pembelajaran Matematika. Prisma, 4, 174–178. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Prisma/
Sari, M. P., Wijaya, A. K., Hidayatullah, B., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Penggunaan Metode Etnografi Dalam Penelitian Sosial. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 84–90. Https://Doi.Org/10.47709/Jpsk.V3i01.1956
Sholikin, M., Fajrie, N., & Ismaya, E. A. (2022). Nilai Karakter Anak Pada Permainan Tradisional Gobak Sodor Dan Egrang. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(3), 1111–1121. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V8i3.3035
Zaenuri, & Dwidayati, N. (2018). Exploring Ethnomathematics: Mathematics As A Cultural Product. Prisma, Proceedings Of The National Mathematics Seminar,. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 471–476. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Prisma/%0ahttps://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Mathedunesa/Article/View/249%0ahttps://Sinta.Ristekbrin.Go.Id/Journals/Detail?Id=146
DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v14i2.7850
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.



