Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Ingkau

Reana Oktavia, Selvi Riwayati, Mardiah Syofiana

Abstract


Etnomatematika merupakan unsur budaya yang terdapat pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas etnomatematika dan konsep matematika yang terdapat dalam permainan tradisional Ingkau di Bengkulu Tengah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode etnografi. Penelitian ini dilakukan di Desa Taba Lagan, Bengkulu Tengah. Informasi dari penelitian ini adalah Ketua Adat dan masyarakat lokal Desa taba Lagan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap masyarakat lokal, terutama ketua adat dan pelaku permainan. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Ingkau memuat berbagai konsep matematika, seperti pengukuran panjang, menghitung, perbandingan, segitiga siku-siku, sudut, kesejajaran, dan pythagoras.

Keywords


Etnomatematika, Permainan Tradisional Ingkau, Konsep Matematika

References


Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). Https://Doi.Org/10.24176/Anargya.V4i2.6370

Apriyono, F., Rosyidah, E. A., Purnomo, T., Sulityo, J., Munir, M. M., & Safitri, V. W. (2019). Eksplorasi Ethnomatematika Pada Permainan Tradisional Egrang Di Tanoker Ledokombo Jember. Sigma, 4(2), 51–58.

Hasmawati, H., Usman, U., & Ahsan. (2022). Peningkatan Kemampuan Peserta Didik Dalam Menjumlah Bilangan Pecahan Dengan Menggunakan Media Gambar Luas Daerah Di Kelas Vii Mts.N 1 Enrekang. Journal Of Mathematics Learning Innovation (Jmli), 1(1), 17–32. Https://Doi.Org/10.35905/Jmlipare.V1i1.3259

Hodriani, H., Junaidi, J., & Alhudawi, U. (2023). Implementasi Pembelajaran Ppkn Berbasis Permainan Tradisional Pada Mahasiswa Pgsd. Journal Of Humanities And Civic Education, 1(1), 17–28. Https://Doi.Org/10.33830/Jhce.V1i1.5778.

Husnul Fauzan, & Khairul Anshari. (2024). Studi Literatur: Peran Pembelajaran Matematika Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 163–175. Https://Doi.Org/10.55606/Jurripen.V3i1.2802

Kholil, M., & Apriyono, F. (2018). Identifikasi Konsep Matematika Dalam Permainan Tradisional Di Kampung Belajar Tanoker Ledokombo Jember . Indonesian Journal Of Islamic Teaching, 1(1), 62–75.

Kholisa, F. N. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Terhadap Konsep Geometri Pada Rumah Joglo Pati. Circle : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(02), 89–108. Https://Doi.Org/10.28918/Circle.V1i02.4225

Koa, A. W., & Malessy, A. M. H. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Ingkau Di Bengkulu Dan Identifikasi Konsep Trigonometri Pada Sekolah Menengah. Jurnal Kependidikan Matematika, 3(1), 95–102.

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika [The Importance Of Mathematical Reasoning In Improving Mathematical Literacy Skills]. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.

Marfu, S. (2022). Model Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. 5, 50–54.

Merliza, P. (2021). Studi Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Matematika Pada Permainan Tradisional Provinsi Lampung. Suska Journal Of Mathematics Education, 7(1), 21. Https://Doi.Org/10.24014/Sjme.V7i1.12537

Nova, I. S., & Putra, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Cerita Rakyat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 67–76. Https://Doi.Org/10.31980/Plusminus.V2i1.1085

Okwita, A., & Sari, S. P. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional Egrang Pada Masyarakat Monggak Kecamatan Galang Kota Batam. Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 4(1), 19–33. Https://Doi.Org/10.33373/J-His.V4i1.1720

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. Https://Doi.Org/10.33369/Jpmr.V5i2.11405

Rohmatin, T. (2020). Etnomatematika Permainan Tradisional Congklak Sebagai Teknik Belajar Matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 144–150. Http://Prosiding.Unipma.Ac.Id/Index.Php/Kid

Rumiati, R., Handayani, R. D., & Mahardika, I. K. (2021). Analisis Konsep Fisika Energi Mekanik Pada Permainan Tradisional Egrang Sebagai Bahan Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 131. Https://Doi.Org/10.24127/Jpf.V9i2.3570

Santoso, E., Pamungkas, M. D., Rochmad, & Isnarto. (2021). Teori Behaviour ( E . Throndike ) Dalam Pembelajaran Matematika. Prisma, 4, 174–178. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Prisma/

Sari, M. P., Wijaya, A. K., Hidayatullah, B., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Penggunaan Metode Etnografi Dalam Penelitian Sosial. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 84–90. Https://Doi.Org/10.47709/Jpsk.V3i01.1956

Sholikin, M., Fajrie, N., & Ismaya, E. A. (2022). Nilai Karakter Anak Pada Permainan Tradisional Gobak Sodor Dan Egrang. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(3), 1111–1121. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V8i3.3035

Zaenuri, & Dwidayati, N. (2018). Exploring Ethnomathematics: Mathematics As A Cultural Product. Prisma, Proceedings Of The National Mathematics Seminar,. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 471–476. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Prisma/%0ahttps://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Mathedunesa/Article/View/249%0ahttps://Sinta.Ristekbrin.Go.Id/Journals/Detail?Id=146




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v14i2.7850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.