Pengembangan E-Modul Aritmatika Sosial Berbasis PMRI Di Madrasah Tsanawiyah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Sa’dun. (2022). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Alfira, Izzati, Nur, & Azmi, Roma Doni. (2024). Pengembangan E-LKPD dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education menggunakan Software Articulate Storyline 3 pada Materi Trigonometri Kelas X SMA. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 77–87.
Branch, RM. (2009). Desain Instruksional: Pendekatan ADDIE. Springer Science & Business Media.
Dewi, Ni Putu Wulan Pratami, & Agustika, Gusti Ngurah Sastra. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan PMRI Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204–214. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781
Dwi Lestari, Hilmania, & Putu Parmiti, Desak Putu Parmiti. (2020). Pengembangan E-Modul Ipa Bermuatan Tes Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73–79. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095
Ekasari, Shelvina Mei, Chrisnawati, Henny Ekana, & Kurniawati, Ira. (2025). Pengembangan E-Modul Matematika Interaktif dengan Canva dan Flipping Book : Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Geometri. 09(01), 149–163.
Finariyati, Nindy. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 89–97. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458
Handayani, Meridian, & Adel, Adevi Murni. (2020). Kevalidan Mengembangkan Buku Saku Berbasis PMRI Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMPN 2 Kota Solok. Theorems, 5(2), 164–168.
Hikam, Najib Iqom El, & Malasari, Putri Nur. (2023). Pengembangan E-Modul Aritmetika Sosial Berpendekatan Realistic Mathematic Education Berbasis Teori Multiple Intelligences : Kelayakan Dan Kepraktisan. Mathedunesa, 12(1), 148–165. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v12n1.p148-165
Nurhandayani, Eti Fitri, Mulyono, Dodik, & Yanto, Yufitri. (2022). Pengembangan E-Modul Matematika Materi Barisan dan Deret dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 5, 126–137.
Pohan, Sovarina Yasarifa, & Sagala, Prihatin Ningsih. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Matematika Realistik Di Kelas VIII SMP Swasta Palapa Telagah. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (JURRIMIPA), 2(2), 120–134. https://doi.org/https://doi.org/ 10.55606/jurrimipa.v2i2.1518
Pramana, Budi Wahyu Agung, Susanto, Suwito, Abi, Lestari, Nurcholif Diah Sri, & Murtikusuma, Randi Pratama. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantuan Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30656/gauss.v5i2.5694
Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif : Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.
Ratnasari, Yuliana, Suastika, I. Ketut, & Sesanti, Nyamik Rahayu. (2025). Pengembangan E-LKPD Berbasis Game Edukasi Wordwall Pada Materi Luas Bangun Datar Siswa Kelas V SD. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 14(1), 78–89.
Rejeki, Sri, Leksono, Ibut Priono, & Rohman, Ujang. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Canva Model ADDIE Mata Pelatihan Pembuatan Konten Video Interaktif dalam Pembelajaran pada Pelatihan TIK MTS di Balai Diklat Keagamaan Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1697–1704.
Safitri, Laila, Novaliyosi, & Jaenudin. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Aritmatika Sosial untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 7(20), 60–73.
Satria, Arek, & Sutabri, Tata. (2025). Pengembangan Pembelajaran Virtual Reality Berbasis Metaverse Menggunakan Metode ADDIE. Jurnal Teknik Informatika Dan Terapan, 3(2), 01–09. https://doi.org/https://doi.org/10.62951/router.v3i2.409
Sholiha, Rohmatus, & Rizal, Maulfi Syaiful. (2023). Pelaksanaan dan Hambatan Evaluasi Formatif dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi di SMK PGRI 3 Malang. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(1), 192–209. https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i1.5719
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Syahid, Ibrahim Maulana, Istiqomah, Nur Annisa, & Azwary, Khoula. (2024). Model Addie Dan Assure Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Journal of International Multidisciplinary Research Model, 2(5), 258–268. https://doi.org/https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr
Yani, Putri, Izaati, Nur, & Liana, Metta. (2024). Pengembangan LKPD Elektronik Interaktif Berbasis Realistic Mathematic Education Pada Materi Peluang Kelas VIII SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 54–66.
DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v14i2.7937
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.