Pengembangan E-Modul Aritmatika Sosial Berbasis PMRI Di Madrasah Tsanawiyah

Cahya Maisura, Nuralam Syamsuddin

Abstract


Matematika memiliki peran strategis dalam membentuk kemampuan berpikir logis, analitis, dan pemecahan masalah. Namun, pembelajaran matematika, khususnya materi aritmatika sosial, masih menghadapi kendala seperti rendahnya minat belajar, dan kurangnya inovasi dalam penyajian bahan ajar. Di era digital saat ini, pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran menjadi suatu keharusan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan e-modul serta mendeskripsikan kelayakan hasil pengembangan e-modul aritmatika sosial berbasis PMRI di madrasah tsanawiyah. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengikuti tahapan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Lokasi penelitian di MTsN 2 Aceh Besar, dengan melibatkan 32 siswa di kelas VII sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar kepraktisan oleh guru dan lembar kepraktisan oleh siswa. Hasil dari penelitian ini berupa E-modul Berbasis PMRI pada Materi Aritmatika Sosial di MTs. Hasil kevalidan dari segi isi materi menunjukkan tingkat persentase sebesar 89,5% dengan kategori “sangat valid”, sedangkan kevalidan dari segi media menunjukkan tingkat persentase sebesar 92,2% dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji kepraktisan oleh guru terhadap e-modul menunjukkan tanggapan tingkat persentase sebesar 94,7% yang “sangat praktis”, begitu juga hasil uji kepraktisan oleh siswa menunjukkan tingkat persentase sebesar 92,3% yang “sangat praktis”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis PMRI pada materi aritmatika sosial di MTs yang telah dikembangkan dinilai memenuhi kriteria valid dan praktis digunakan sebagai bahan ajar interaktif dengan pemanfaatan IT dalam pembelajaran.

Keywords


Pengembangan E-Modul; Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI); Model ADDIE; Aritmatika Sosial

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. (2022). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Alfira, Izzati, Nur, & Azmi, Roma Doni. (2024). Pengembangan E-LKPD dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education menggunakan Software Articulate Storyline 3 pada Materi Trigonometri Kelas X SMA. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 77–87.

Branch, RM. (2009). Desain Instruksional: Pendekatan ADDIE. Springer Science & Business Media.

Dewi, Ni Putu Wulan Pratami, & Agustika, Gusti Ngurah Sastra. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan PMRI Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204–214. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781

Dwi Lestari, Hilmania, & Putu Parmiti, Desak Putu Parmiti. (2020). Pengembangan E-Modul Ipa Bermuatan Tes Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73–79. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095

Ekasari, Shelvina Mei, Chrisnawati, Henny Ekana, & Kurniawati, Ira. (2025). Pengembangan E-Modul Matematika Interaktif dengan Canva dan Flipping Book : Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Geometri. 09(01), 149–163.

Finariyati, Nindy. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 89–97. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458

Handayani, Meridian, & Adel, Adevi Murni. (2020). Kevalidan Mengembangkan Buku Saku Berbasis PMRI Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMPN 2 Kota Solok. Theorems, 5(2), 164–168.

Hikam, Najib Iqom El, & Malasari, Putri Nur. (2023). Pengembangan E-Modul Aritmetika Sosial Berpendekatan Realistic Mathematic Education Berbasis Teori Multiple Intelligences : Kelayakan Dan Kepraktisan. Mathedunesa, 12(1), 148–165. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v12n1.p148-165

Nurhandayani, Eti Fitri, Mulyono, Dodik, & Yanto, Yufitri. (2022). Pengembangan E-Modul Matematika Materi Barisan dan Deret dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 5, 126–137.

Pohan, Sovarina Yasarifa, & Sagala, Prihatin Ningsih. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Matematika Realistik Di Kelas VIII SMP Swasta Palapa Telagah. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (JURRIMIPA), 2(2), 120–134. https://doi.org/https://doi.org/ 10.55606/jurrimipa.v2i2.1518

Pramana, Budi Wahyu Agung, Susanto, Suwito, Abi, Lestari, Nurcholif Diah Sri, & Murtikusuma, Randi Pratama. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantuan Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30656/gauss.v5i2.5694

Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif : Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Ratnasari, Yuliana, Suastika, I. Ketut, & Sesanti, Nyamik Rahayu. (2025). Pengembangan E-LKPD Berbasis Game Edukasi Wordwall Pada Materi Luas Bangun Datar Siswa Kelas V SD. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 14(1), 78–89.

Rejeki, Sri, Leksono, Ibut Priono, & Rohman, Ujang. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Canva Model ADDIE Mata Pelatihan Pembuatan Konten Video Interaktif dalam Pembelajaran pada Pelatihan TIK MTS di Balai Diklat Keagamaan Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1697–1704.

Safitri, Laila, Novaliyosi, & Jaenudin. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Aritmatika Sosial untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 7(20), 60–73.

Satria, Arek, & Sutabri, Tata. (2025). Pengembangan Pembelajaran Virtual Reality Berbasis Metaverse Menggunakan Metode ADDIE. Jurnal Teknik Informatika Dan Terapan, 3(2), 01–09. https://doi.org/https://doi.org/10.62951/router.v3i2.409

Sholiha, Rohmatus, & Rizal, Maulfi Syaiful. (2023). Pelaksanaan dan Hambatan Evaluasi Formatif dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi di SMK PGRI 3 Malang. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(1), 192–209. https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i1.5719

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Syahid, Ibrahim Maulana, Istiqomah, Nur Annisa, & Azwary, Khoula. (2024). Model Addie Dan Assure Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Journal of International Multidisciplinary Research Model, 2(5), 258–268. https://doi.org/https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr

Yani, Putri, Izaati, Nur, & Liana, Metta. (2024). Pengembangan LKPD Elektronik Interaktif Berbasis Realistic Mathematic Education Pada Materi Peluang Kelas VIII SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 54–66.




DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v14i2.7937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.