Implementasi Model Problem Based Learning dengan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Abstract
Keywords
References
Aimin, N. F., Adamura, F., & Maduretno, W. (2024). Problem Based Learning (PBL): Penerapan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar dengan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL). Journal on Education, 07(01), 5364–5374. http://jonedu.org/index.php/joe%0D
Aprilianto, M. F., & Sutarni, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 807–815. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4643
Cahyaningsih, A., Aulia, H., Ramadhani, L., Alwi, N. A., & Yarisdaningsih. (2025). Transformasi Kurikulum dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Abad 21. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3(3), 353–367. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/nakula.v3i3.1845
Darmayanti, N., Manurung, K. S. B., Hasibuan, H., Puspita, S., Ginting, M. F. S., & Harahap, M. A. (2023). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel dalam Pembelajaran Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 3388–3395. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11539
Dewanda, K. J., Dewi, I. A. M. R., & Hayati, L. (2025). Penerapan Model Pembelajaran PBL Terintegrasi Pendekatan TaRL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika, 7(1), 831–837. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/Goescienceed.v6i2.765 Article
Giriansyah, F. E., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2023). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 751–765. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1515
Hadiawati, N. M., Prafitasari, A. N., & Priantari, I. (2024). Pembelajaran Teaching at the Right Level sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 8. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.95
Izzati, N. (2012). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia. Universitas Pendidikan Indonesia.
Kaune, N., & Yahya, L. (2023). Problem based learning model with metacognitive approach to problem solving ability : is it effective ? RAFA Journal of Mathematics Education, 9(2), 207–214. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa
Lathifah, M., & Ndona, Y. (2024). Peran Pendidikan Dalam Membangun Kemanusiaan Yang Beradab. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(3), 184–193. https://doi.org/10.55606/lencana.v2i3.3764
Lestari, & Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT. Refika Aditama.
Makwana, D., Engineer, P., Dabhi, A., & Chudasama, H. (2023). Sampling methods in research: A review. International Journal of Trend in Scientific Research and Development (IJTSRD), 7(3), 762–768.
Munfarikhatin, A., Luden Pagiling, S., & Natsir, I. (2022). Fenomena Literasi Matematika Siswa Di Indonesia Berdasarkan Hasil Pisa. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika, 2(1), 49–58. https://doi.org/10.36733/pemantik.v2i1.3664
Pebrianti, M., Septiana, C., Faradillah, A., & Hadi, W. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK dalam Menyelesaikan Masalah Matematika berdasarkan Kemampuan Matematis. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 2(1), 90–99. https://doi.org/10.30598/snpmunpatti.2021.pp90-99
Putri, D. E. N., Maulana, M., & Irawati, R. (2024). Pengaruh Model Problem-based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1797–1804. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1307
Putri, M. A., Maulina, H., Soewardini, D., & Utami, S. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Terintegrasi Pendekatan Teaching At The Right Level Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 2(02), 47–56. https://doi.org/10.62426/pi.v2i2.73
Rizki, N., & Ningrum, E. C. (2024). Peran Guru dalam Kurikulum Merdeka : Upaya Penguatan Keterampilan Abad 21 Siswa di Sekolah Dasar. 9(2). https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.813
Samijo, S., Wenda, D. D. N., Jatmiko, J., & Handayani, A. D. (2023). Multimedia pembelajaran berbasis learning trajectory untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV sekolah dasar. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 11(2), 118–131. https://doi.org/10.30738/wd.v11i2.16411
Ulfa, Y. L., Roza, Y., & Maimunah. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Jarak pada Bangun Ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 415–424. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.732
Waluyo, E., & Nuraini, N. (2021). Pengembangan model pembelajaran creative problem solving terintegrasi TPACK untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 191–205. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i2.39354
Yosef, Ibrahim, A. R., Yusup, M., Wicaksono, D. T., & Amalia, P. (2023). Teaching at the Right Level: From Pre-service Teachers’ Perspective to Design of Teaching Material. Education Quarterly Reviews, 6(4), 158–171. https://doi.org/10.31014/aior.1993.06.04.794
DOI: https://doi.org/10.33373/pyth.v14i2.8236
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.



