PENGARUH KONFLIK INTERPERSONAL, BEBAN KERJA, DAN KOMUNIKASI TERHADAP STRES KERJA KARYAWAN PT. VIKING ENGINEERING BATAM

Esther Endang Dwi Lestari, Sri Langgeng Ratnasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konflik interpersonal, beban kerja, dan komunikasi baik secara simultan maupun parsial terhadap stres­ kerja karyawan PT. Viking Engineering Batam. Sampel penelitian ini adalah 57 karyawan. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji R2. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu pengukuran data statistik obyektif dengan pengolahan data menggunakan ­software SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik interpersonal, beban kerja, dan komunikasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap stress kerja karyawan PT. Viking Engineering Batam, hal ini dibuktikan dengan uji F yang menunjukkan nilai signifikan 0,003 lebih kecil dari 0,05. Hasil uji t menunjukkan bahwa konflik interpersonal dan beban kerja secara parsial berpengaruh tetapi tidak signifikan, hal ini dibuktikan dengan uji t yang menunjukkan hasil nilai signifikan lebih dari 0,05 yaitu sebesar 0,552 untuk variabel konflik interpersonal dan 0,590 untuk variabel beban kerja. Tetapi hasil uji t menunjukkan bahwa komunikasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap stress kerja, hal ini dibuktikan dengan uji t yang menunjukkan  nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,002.

Keywords


Konflik Interpersonal, Beban Kerja, Komunikasi, Stress Kerja.

Full Text:

PDF

References


Ashrahenny & Sri Langgeng Ratnasari. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Hi-Test (Laboratory Of Mechanical Testing). Jurnal Zona Manajemen. 8 (3).

Dewi, Tyas Hapsari & Agustin Handayani. (2013). Kemampuan Mengelola Konflik Interpersonal di Tempat Kerja Ditinjau dari Persepsi terhadap Komunikasi Interpersonal dan Tipe Kepribadian Ekstrovet. Jurnal Psikologi Undip. 12 (1): 34-43.

Fitri, A. M. (2013). Analisa faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian stresskerja pada karyawan bank. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2 (1).

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro,

Handoko, Hani. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan keduapuluhdua. Yogyakarta: BPFE.

Haryanti, Faridah Aini, Puji Purwaningsih. (2013). Hubungan antara Beban Kerja dengan Stres Kerja Perawat di Instalasi Gawat Darurat RSUD Kabupaten Semarang. Jurnal Manajemen Keperawatan. 1 (1): 48-56.

Hasby. 2017. Pengaruh Konflik Kerja, Beban Kerja, dan Komunikasi Terhadap Stres Kerja Perawat Bagian Rawat Inap (Pada RSD. Petala Bumi Pekanbaru). JOM Fekon. 4 (1).

Ratnasari, Sri Langgeng. (2013). Manajemen Kinerja. Surabaya: Semesta Anugrah.

Samsudin, Sadili. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Sari, Ria Puspita. (2015). Pengaruh Stres Kerja dan Konflik Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Jambuluwuk Malioboro Boutique Hotel Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Scannell, Marry. (2010). The Big Book of Conflict Resolution Games. United States of America: McGraw-Hill Companies, Inc.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuliawan, Eko. (2012). Pengaruh Stres Dan Konflik Terhadap Kinerja Pada PT. Pindad Bandung. Jurnal Wira Ekonomi Mikrosil. 2 (1): 11-21.

Wicaksono, Bayu Dimas & Sri Langgeng Ratnasari. (2017). Determinasi Komunikasi, Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaan Umum (Perum) Bulog Sub Divre Kota Batam. Jurnal Bening. 4 (1).




DOI: https://doi.org/10.33373/jtp.v2i2.1466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Flag Counter

Web Analytics

View JTP Statistic

 

Office:

Department of Government Studies, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Riau Kepulauan

unit E

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: jurnaltriaspolitika2017@gmail.com 

________________________________________________________________________________________________________________________________

 

In Cooperation with:                     Powered By: 

   

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Trias Politika (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.