PEMANFAATAN GOOGLE DRIVE DALAM PENILAIAN MANDIRI PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI (PMPRB) DI PEMERINTAH PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Askarmin Harun

Abstract


Reformasi 1998 menunjukkan adanya gerakan sosial masyarakat yang mendorong adanya perubahan terhadap krisis multidimensi dalam bidang ekonomi, politik, hukum dan Birokrasi. Perubahan tersebut dilandasi oleh keinginan untuk mewujudkan pemerintahan yang demokratis, bersih dan mempercepat terwujudnya kesejahteraan rakyat. Reformasi pada bidang birokrasi menjadi bagian yang cukup penting dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang bersih. Reformasi Birokrasi dapat mewujudkan penyelenggaraan tata kelola Pemerintahan yang baik (good governance), profesional dan berintegritas tinggi baik pada pemerintahan pusat maupun daerah. Penilaian pelaksanaan reformasi birokrasi pada pemerintah daerah adalah bentuk kongkrit penerapan nilai-nilai reformasi birokrasi yang akuntabel dan terukur. Seiring perkembangan zaman yang didorong dengan kemajuan teknologi, pemanfaatan media dapat digunakan sebagai penunjang pelaksanaan reformasi birokrasi. Pemanfaatan media juga dapat membuat pelaksanaan reformasi birokrasi terlaksana secara transparan dan akuntabel.


Keywords


Reformasi Birokrasi, good governance, Media.

Full Text:

PDF

References


Wardana, Data dan Geovani Meiwanda. (2017). Reformasi Birokrasi Menuju Indonesia Baru, Bersih dan Bermartabat. Wedana: Jurnal Pemerintahan Politik dan Birokrasi. 3 (1).

Ismawan, Fiqih, Puput Irfansyah, dan Dwi Dani Apriyani. (2018). Pengoptimalan Cloud Storage-Google Drive Sebagai Media Pembelajaran Untuk Guru SMP dan SMA. Jurnal: Pengabdian Kepada Masyarakat. 1 (1).

Darto, Muhammad. (2011). Asa Baru Reformasi Birokrasi Gelombang Kedua. Jurnal Borneo Administrator: 7 (3).

Harahap, Siti Romida. (2013). Deteksi Dini Krisis Nilai Tukar Indonesia : Identifikasi

Periode Krisis Tahun 1995-2011. Economics Developments Analysis Journal: 2 (4).

Gigih Prasisko, Yongky. (2016). Gerakan Sosial Baru Indonesia: Reformasi 1998 dan Proses Demokratis Indonesia. Jurnal Pemikiran Sosiologi: 3 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.33373/jtp.v3i1.2408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.