STRATEGI PEMASARAN POLITIK ASAAT ABDULLAH DALAM PEMILU LEGISLATIF PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT TAHUN 2019

Joni Firmansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran politik yang dilakukan Asaat Abdullah dalam pemilihan umum legislatif Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2019. Peneliti mencoba untuk menjelaskan strategi apa saja yang dilakukan oleh Asaat Abdullah sehingga dapat meningkatkan perolehan suara Partai Nasdem di daerah pemilihan 5 NTB, setelah pada pemilu sebelumnya Partai Nasdem tidak memperoleh kursi di dapil tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui studi pustaka, pengumpulan dokumen-dokumen dan wawancara mendalam (depth interview) kepada beberapa informan kunci (key informan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Asaat Abdullah menjalankan pemilu dengan mengedepankan tiga strategi utama, yaitu push marketing, pass marketing dan pull marketing. Asaat Abdullah memaksimalkan potensi dan kekuatan politik yang ia miliki, menyusun peta politik, melibatkan elit dan aktor politik secara masif serta membangun citra atau brand di media sosial dengan mengedepankan tagline Politik Tanpa Mahar. Penelitian ini kemudian menghadirkan beberapa temuan, di antaranya adalah kekuatan figur dan aktor politik menjadi faktor yang paling dominan di dalam proses pemenangan pemilu. Jaringan relawan dan jaringan kekerabatan serta adanya peta politik yang terbagi dalam tiga zonasi, memberikan peluang yang besar bagi kemenangan kandidat dikarenakan kecenderungan menguatnya politik identitas di dalam pemilu 2019 pada dapil 5 NTB tersebut.


Keywords


Strategi Pemasaran Politik, Asaat Abdullah, Pemilu Legislatif NTB 2019.

Full Text:

PDF

References


Firmanzah. (2007). Marketing Politik, Antara Pemahaman dan Realitas, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Gufron Kharima, Achmad. (2017). Strategi Pemasaran Politik DPC Partai Gerindra Kota Semarang dalam Pemilu Legislatif Tahun 2014. Journal of Politic and Government Studies, Undip

Hary Perdana, Inco. (2012). Political Marketing Partai Politik Baru Menuju Pemilu 2014 Studi Kasus: Pemenangan Partai Nasdem, Tesis. Universitas Indonesia

Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Neuman, Lawrence. (2000). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approach. Boston: Boston Allyn and Bacon.

Nursal, Adman. (2004). Political Marketing: Strategi Memenangkan Pemilu: Sebuah Pendekatan Baru Kampanye Pemilihan DPR, DPD, Presiden. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Payerli Pasaribu. (2017). Peranan Partai Politik dalam Melaksanakan Pendidikan Politik, JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA, Vol. 5 (1): 51-59

Pramono Anung Wibowo. (2013). Mahalnya Demokrasi Memudarnya Ideologi, Potret Komunikasi Politik Legislator-Konstituen, Jakarta: Kompas Gramedia

Sutarso, Joko. (2011). Pendekatan Pemasaran Politik (Political Marketing) Dalam Pemilihan Umum, Jurnal Komuniti Vol. III, NO. 1, Juli 2011

Sutrisno, Neneng Yani Yuningsih & Leo Agustino. (2018). Komparasi Teori Marketing Politik 4p Menurut Niffenegger dan 3p Menurut Adman Nursal, JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA

T. Pureklolon, Thomas. (2016). Komunikasi Politik, Mempertahankan Integritas Akademisi, Politikus dan Negarawan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Zamaahsari. (2014). Strategi Pemenangan Calon Anggota Legislatif Dari Kalangan Selebriti Dalam Pemilu Legislatif Tahun 2014. Studi Kasus: Anang Hermansyah dan Desy Ratnasari dari Partai Amanat Nasional, FISIP Universitas Indonesia

Wawancara bersama Asaat Abdullah, Anggota DPRD Terpilih Partai Nasdem Dapil 5 NTB, 9 September 2019

Wawancara bersama Zulfikar Demitri, Ketua Tim Pemenangan Asaat Abdullah, 9 Desember 2019

Wawancara bersama Miftahul Arzak, Direktur MY Institute, lembaga survei yang membantu Asaat Abdullah, 4 Oktober 2019

Wawancara bersama Saleh, Ketua DPC Partai Nasdem Kecamatan Batu Lanteh, 12 September 2019

Wawancara bersama Brilian Daify, Tokoh Pemuda yang mendukung Asaat Abdullah dalam pencalonan kepala daerah tahun 2015, 22 September 2019

Wawancara bersama Jon Bas, Tokoh Masyarakat yang mendampingi Asaat Abdullah, 29 September 2019




DOI: https://doi.org/10.33373/jtp.v4i2.2688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Flag Counter

Web Analytics

View JTP Statistic

 

Office:

Department of Government Studies, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Riau Kepulauan

unit E

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: jurnaltriaspolitika2017@gmail.com 

________________________________________________________________________________________________________________________________

 

In Cooperation with:                     Powered By: 

   

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Trias Politika (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.