KINERJA PANITIA PEMILIHAN KECAMATAN (PPK) DALAM PEMILIHAN UMUM (UMUM) SERENTAK TAHUN 2019 DI KECAMATAN SAGULUNG

Ardyanti Ahmad, Muhammad Solihin, Linayati Lestari

Abstract


PPK dalam Pemilihan Umum dianggap unsur yang khusus karena termasuk sebagai ujung tombak penyelenggara dalam menyelesaikan masalah terkhusus data pemilih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja PPK terhadap penyelenggaraan pemilihan umum serentak tahun 2019 di Kecamatan Sagulung khususnya pada data pemilih yang bermasalah. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Kinerja PPK di Kecamatan Sagulung masih belum maksimal dikarenakan oleh adanya beberapa indikator yang belum termaksimalkan dalam segi pertama Kualitas yang kurang menyeluruh dalam hal sosialisasi PPK Sagulung terhadap Pantarlih yang melakukan pendataan Coklit di lapangan, KPPS yang melakukan rekapitulasi pleno dan masyarakat yang masih kurang paham akan adanya Pemilu Serentak 2019 yang berbasis E-KTP.  Kedua Kuantitas Kinerja PPK Sagulung belum cukup baik karena penyelenggara pemilu di Kecamatan Sagulung terkhusus PPK terkait sosialisasi bimbingan teknik (BIMTEK) terhadap KPPS yang masih belum optimal. Pada tahapan Data yang berlangsung lama juga membuat petugas lapangan menjadi kewalahan untuk memverifikasi di lapangan. Pada tahap rekapitulasi, memakan waktu yang lama dikarenakan gedung kurang memadai untuk dilakukan pleno dengan banyak panel akibatnya jadwal selesai pleno mundur tidak sesuai jadwal. Kemudian ketiga  dalam hal Efisiensi Pelaksanaan tugas PPK Sagulung telah melaksanakan semua tahapan-tahapan Pemilu sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang ada.

Keywords


Kinerja, Pemilihan Umum, Panitia Pemilihan Kecamatan

Full Text:

PDF

References


Alpikri, A dan Linayati Lestari (2017). Marketing Politik Pemenangan Jokowi-JK Pada Pemilihan Presiden Tahun 2014. Jurnal Trias Politika. 1 (1).

Ardipandanto, Aryojati. (2019). Permasalahan Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019. Jurnal Ilmu Pemerintahan. 11(11) : 25-30.

Chandra, Romi. (2019). Pemilu di Batam Banyak Masalah. Di unduh pada https://m.batamtoday.com/berita128563-Pemilu-di-Batam-Banyak-masalah tanggal 4 Oktober 2019 pukul 18:40 WIB.

Lestari, L., Lumbantobing, I.T., dan Johar, S.S. 2015. Political Behavior of Beginner Voters in Mayor Election Batam 2015 at Sagulung Kota. Journal of Techno Social. 10(2): 11-16.

Solihah, Ratnia. (2018). Peluang dan Tantangan Pemilu Serentak 2019 Dalam Perspektif Politik. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan. 3(1) : 73-88.

Triono. (2019). Menakar Efektivitas Pemilu Serentak Tahun 2019. Jurnal Wacana Politik. 2 (2) : 156-164.

Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.33373/jtp.v4i2.2706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Flag Counter

Web Analytics

View JTP Statistic

 

Office:

Department of Government Studies, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Riau Kepulauan

unit E

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: jurnaltriaspolitika2017@gmail.com 

________________________________________________________________________________________________________________________________

 

In Cooperation with:                     Powered By: 

   

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Trias Politika (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.