MANAJEMEN PEMERINTAHAN DESA: STUDI KASUS PENYELENGARAAN PEMERINTAHAN DESA MEKKATTA, KABUPATEN MAJENE

Rahmayandi Mulda, Nurhayati Nurhayati, Meri Enita Puspita Sari

Abstract


Manajemen sangat dibutuhkan dalam segala hal, utamanya dalam pengelolaan pemerintahan Desa, Desa memiliki banyak persoalan mulai dari sumber daya alam, sumber daya manusia, keuangan desa dan lain-lain, dengan adanya manajemen pemerintahan desa yang baik diharapkan bisa menjadi solusi dalam menyelesaikan persoalan yang ada didesa tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dimana peneliti mengobservasi secara langsung terhadap objek yang akan diteliti dengan melakukan pengkajian dan analisis mendalam terhadap data yang ditemukan dilapangan yang akan dituangkan dalam tulisan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mendorong kesejahteraan masyarakat pedesaan, hal utama yang harus dilakukan oleh pemerintah adalah memperbaiki kualitas sumber daya manusia yang ada di pedesaan, utamanya pola pikir masyarakat desa. Sumber daya alam yang melimpah dan pendanaan yang cukup tidak akan mampu mendorong masyarakat lebih sejahtera, jika sumber daya manusia dalam mengelola potensi tersebut mengalami keterbatasan.

Keywords


Manajemen, Pemerintahan, Desa.

Full Text:

PDF

References


Adisasmita, Raharjo. (2006). Pembangunan Pedesaan dan Perkotaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Anwar. (2007). Manajemen Pemberdayaan Perempuan : Perubahan Sosial Melalui Pemberdayaan Vocational Skill Pada Keluarga Nelayan, Bandung: Alfabeta.

Eko, Sutoro. (2011). Modal Sosial, Desentralisasi, Demokrasi Lokal. Draft makalah disajikan dalam Seminar Internasional IV “Dinamika Politik Lokal di Indonesia: Demokrasi dan Partisipasi”, yang digelar oleh Yayasan Percik dan The Ford Foundation, Salatiga, 15-18 Juli 2003.

Kertonegoro, Sentanoe. (1985). Prinsip dan Teknik Manajemen. Yogyakarta: Ananda.

Muluk, Khairul M.R. (2006). Desentralisasi & Pemerintahan Daerah, Malang: Bayumedia Publishing dan Center Indonesia Reform.

Purwosantoso. (2003). Pengembangan Modal Sosial dalam Rangka Pengembangan Otonomi Desa: Suatu Tantangan. Jurnal Dinamika Pedesaan dan Kawasan: 3 (1): 46-64.

Siagian, P Sondang. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Soetomo. (2008). Masalah Sosial dan Upaya Pemecahannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sufianti, Ely. (2014). Kepemimpinan dan Perencanaan Kolaboratif di dalam Masyarakat Non-Kolaboratif. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota: Vol 25 (1):78-96. diakses melalui http://reprository/itb.ac.id.

Syarifin & Jubaedah. (2005). Pemerintahan Daerah di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Wasistiono, S & Tahir, Irwan. (2006). Prospek Pengembangan Desa. Bandung, Fokusmedia-IKAPI.




DOI: https://doi.org/10.33373/jtp.v4i2.2788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Flag Counter

Web Analytics

View JTP Statistic

 

Office:

Department of Government Studies, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Riau Kepulauan

unit E

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: jurnaltriaspolitika2017@gmail.com 

________________________________________________________________________________________________________________________________

 

In Cooperation with:                     Powered By: 

   

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Trias Politika (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.