IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN POSYANDU TERKAIT KESADARAN HIDUP SEHAT PADA MASA PANDEMI DIDESA BUATAN II KECAMATAN KOTO GASIB

Nadia Sofianis, Rury Febrina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Layanan Kesehatan Bayi dan Balita dan gambaran pelaksanaan posyandu selama masa pandemi Covid-19 Di Desa Buatan II. Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif yang  mendeskripsikan dan mengetahui partisipasi masyarakat dalam mengikuti kegiatan Posyandu Di Desa Buatan II. Posyandu tetap dilaksanakan setiap 1 bulan sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan, pada masa  pandemi Covid-19 anggota kader dan pembina posyandu lebih berkreatif  dalam melakukan pelayanan karena adanya pandemi tersebut masyarakat khawatir akan berdatangan ke posyandu. Oleh karena itu sangat diperlukan bentuk kreativitas yang berbasis teknologi informasi sehingga pemantauan dan pelayanan kesehatan pada bayi dan balita dapat terus dilakukan. Perlu tntutan untuk meningkatkan strategi pelayanan pada masa covid-19 juga menunjukan bahwa kebutuhan layanan belajar melalui posyandu penting bagi masyarakat, yang hendak secepatnya menjadi dasar menyusun pola dan strategi pelayanan oleh kader yang merupakan fasilitator pelayanan posyandu dan tuntutan warga belajar dalam hal ini peserta posyandu perlu mendapat apresiasi karen ini membuktikan bahwa Posyandu Di Desa Buatan II. Melalui kinerja para kader dan berbagai pihak telah mampu memberikan pembelajaran yang bermakna bagi masyarakat terutama kesadaran akan pentingnya kesehatan keluarga.


Keywords


Covid 19, Pemberdayaan, Implementasi.

Full Text:

PDF

References


Rihanto, Sugeng dkk. (2011). Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Kesehatan , gambaran peran kader posyandu dalam upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi di Kota Manado dan Palangkaraya. 14 (2): 174–182.

Chasanah. Siti Uswatun. (2015). Peran Petugas Kesehatan Masyarakat Dalam Upaya Penurunan Angka Kematian Ibu Pasca Mdgs 2015. 9(2): 73-79.

Juwita. Dewi Ratna. (2020). Makna Posyandu Sebagai Sarana Pembelajaran Non-Formal Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal MERETAS. 7 (1)

Candarmaweni, Amy Yayuk Sri Rahayu. (2020). Tantangan Pencegahan Stunting Pada Era Adaptasi Baru “New Normal” Melalui Pemberdayaan Masyarakat Di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia. 9(3): 136-146.

Kamaryati. Ni Putu dkk. (2016). Ipteks Bagi Masyarakat (Ibm) Kelompok Kader Posyandu Lanjut Usia (Lansia) Di Desa Pererenan.

Abidin. Zaenal. Nur Hafifah. (2020). Peran Posyandu dalam Meningkatkan Kualitas Kesehatan Ibu dan Anak di Desa Sukawening, Kabupaten Bogor. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat. 2(5): 893‒900.




DOI: https://doi.org/10.33373/jtp.v5i1.2903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Flag Counter

Web Analytics

View JTP Statistic

 

Office:

Department of Government Studies, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Riau Kepulauan

unit E

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: jurnaltriaspolitika2017@gmail.com 

________________________________________________________________________________________________________________________________

 

In Cooperation with:                     Powered By: 

   

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Trias Politika (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.