ANALISIS KINERJA BADAN PUSAT STATISTIK DALAM PENETAPAN STANDAR MASYARAKAT MISKIN DI KOTA BATAM (Studi Kasus di Kecamatan Galang)

Hasanudin Hasanudin, Linayati Lestari, Dendi Sutarto

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk  mengetahui mengetahui analisis kinerja Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam dalam menetapkan standar masyarakat miskin dengan studi kasus di Kecamatan Galang. Penelitian  ini diharapkan  dapat menambah wawasan  dalam kajian ilmu Pemerintahan yang berkaitan dengan kinerja Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam dalam menetapkan standar masyarakat msikin dengan studi kasus di Kecamatan Galang tahun 2018. Adapun secara  akademis diharapkan skripsi ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi peneliti yang akan datang yang akan melakukan penelitian yang lebih luas tentang analisis kinerja Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam dalam menetapkan standar masyarakat msikin dengan studi kasus di Kecamatan Galang tahun 2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Penelitian yang berusaha menggambarkan kenyataan serta keadaan objek yang diteliti secara sistematis, faktual dan akurat untuk dianalisis secara mendalam. Berdasarkan pembahasan pada bab 3 dapat disimpulkan bahwa secara umum penetapan masyarakat miskin berdasarkan kriteria masyarakat misikin yang telah ditetapkan oleh BPS di Kecamatan Galang belum akurat. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pendataan, perilaku petugas dan masyarakat, komparatif atau membandingkan hasil sebelum dan setelah dilaksanakan pendataan terhadap rumah tangga sasaran maupun dari penetapan kriteria masyarakat miskin itu sendiri.


Keywords


Analisis, Kinerja BPS, Masyarakat Miskin

Full Text:

PDF

References


Moeheriono, (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Rajawali Pers, Ed. Revisi, Cet ke-1. Jakarta.

Lestari, Linayati. (2017). Civil Society Diaras Lokal. Universitas Riau Kepulauan: Jurnal Trias Politika. 01 (02).

Rahyudin. (2019). Kecamatan Galang Dalam Angka. Batam: BPS Kota Batam.

Wahid Rusli. (2010). Program Penanggulangan Kemiskinan Perdesaan Tahun 2011Melalui BLPS: Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementrian Sosial RI. Jakarta.

Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam Tahun 2019. Kantor Statistik Kecamatan (KSK) Kecamatan Galang.




DOI: https://doi.org/10.33373/jtp.v5i1.3076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Flag Counter

Web Analytics

View JTP Statistic

 

Office:

Department of Government Studies, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Riau Kepulauan

unit E

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: jurnaltriaspolitika2017@gmail.com 

________________________________________________________________________________________________________________________________

 

In Cooperation with:                     Powered By: 

   

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Trias Politika (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.