Strategi Media Komunikasi Badan Informasi Geospasial Dalam Memberikan Informasi Kepada Masyarakat

Devy Putri Kussanti

Abstract


Bagi perusahaan, instansi pemerintah maupun masyarakat, informasi merupakan suatu hal yang bernilai dan sangat penting, terlebih di era new media dan globalisasi saat ini. Hal tersebut dikarenakan adanya tuntutan dari pihak terkait perihal transparansi informasi maupun edukasi yang diberikan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) mengenai pemetaan Indonesia. Badan Informasi Geospasial (BIG) lahir untuk menggantikan Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL) sebagai penuaian amanat pasal 22 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial (IG). Secara umum tugas BIG diantaranya ialah penyelenggaraan informasi geospasial dasar yang meliputi pengumpulan data, pengolahan, penyimpanan data dan informasi, dan penggunaan informasi geospasial dasar. Oleh sebab itulah perlu adanya media komunikasi yang efektif dan efisien dalam memperkenalkan dan menggandeng masyarakat agar lebih mengenal BIG lebih dekat. Melalui maksimalisasi Company Profile diharapkan dapat meminimalisir ketidaktahuan masyarakat terhadap BIG serta lebih mempererat kerjasama antara BIG dengan perusahaan, instansi pemerintah dan juga masyarakat. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian dengan menggunakan metode deskriptif. Dimana data-data yang diperoleh kemudian dianalisa dan disimpulkan secara detail dan jelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagai lembaga pemerintah non kementerian, tidak menutup kemungkinan BIG memaksimalisasi dan mewujudkan media komunikasi Company Profile yang lengkap, inovatif dan efektif.

Keywords


Strategi, Media Komunikasi, Informasi

Full Text:

PDF

References


Muri, Y. (2017). 2. Penelitian Deskriptif Kuantitatif. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (p. 62).

Ardianto, Elvinaro. (2010). Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Simbiosis Media.

Bungin, Burhan. (2012). Penelitian Kualitatif Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Florida Nirma Sanny Damanik. (2012). Menjadi Masyarakat Informasi. Jurnal SIFO Mikroskil. 13 (1)

Jasmi, K. A. (2012). kualitatif. Health Policy, Metodologi Pengumpulan Data Dalam Penyelidikan Kualitatif, 14(4) :4 – 6.

Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Syah, H. (2014). Penelitian Deskriptif. Int J Qual Health Care Metode Penelitian Bisnis. Edisi Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga. Retrieved from http://penalaran-unm.org/deskriptif-kuantitatif/

Piliang, Yasraf Amir. (2011). Dunia Yang Dilipat: Tamasya Melampaui Batas-Batas Kebudayaan. Bandung: Matahari.




DOI: https://doi.org/10.33373/jtp.v5i1.3182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Flag Counter

Web Analytics

View JTP Statistic

 

Office:

Department of Government Studies, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Riau Kepulauan

unit E

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: jurnaltriaspolitika2017@gmail.com 

________________________________________________________________________________________________________________________________

 

In Cooperation with:                     Powered By: 

   

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Trias Politika (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.