STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA DI GEOSITE BATU KASAH KABUPATEN NATUNA

Kardiman Kardiman, Faizal Madya, Joko Rizkie Widokarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data atau informasi untuk dianalisis secara mendalam mengenai Strategi Pengembangan Pariwisata di Geosite Batu Kasah terkait aktifitas pengembangan pariwisata sesuai dengan potensi daerah yang direncanakan dalam Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten (RIPPARKAB) Natuna Tahun 2018-2025. Sehingga Pengembangan Pariwisata di Geosite Batu Kasah dapat dilakukan secara memaksimal. Metode penelitian yang dipergunakan adalah berupa analisis kualitatif deskriptif untuk menggambarkan karakter, keunikan dan kualitas atraksi, aksesibilitas dan amenitas. Potensi atraksi, aksesibilitas dan amenitas tersebut juga dihubungkan dengan karakteristik wisatawan yang berkunjung ke Geosite Batu Kasah sesuai dengan upaya pengembangan yang telah dilakukan. Hasil penelitian diketahui bahwa Geosite Batu Kasah sangat potensial untuk dikembangkan sebagai objek wisata. Saat ini pengembangan Geosite Batu Kasah belum sesuai dengan tujuan yang diharapkan karena belum dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Atraksi dan amenitas yang ada di Geosite Batu Kasah masih perlu pembenahan. Belum tersedia transportasi reguler yang dibutuhkan wisatawan menuju Geosite Batu Kasah, diperparah dengan jaringan internet yang belum 4G. Strategi pengembangan yang perlu dilakukan adalah meningkatkan peran Pemerintah Kabupaten Natuna agar lebih memprioritaskan pengembangan pariwisata di Geosite Batu Kasah, apalagi salah satu geosite yang disiapkan untuk diusulkan ke Unesco Global Geopark

Keywords


Geosite Batu Kasah, Wisata Bahari, Strategi Pengembangan Pariwisata.

Full Text:

PDF

References


Ahimsa-Putra, H.S. (2004). Mengembangkan Wisata Budaya dan Budaya Wisata Sebuah Refleksi Antropologis. Yogyakarta: Pusat Studi Pariwisata Universitas Gadjah Mada.

Arida, N S. (2017). Ekowisata Pengembangan, Partisipasi Lokal, dan Tantangan Ekowisata. Bali: Penerbit Cakra Press.

Baretto & Giantari. (2015). Strategi Pengembangan Objek Wisata Air Panas di Desa Marobo, Kabupaten Bobonaro, Timor Leste. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. 4 (11): 773-796.

Damanik, J & Weber, H. F. (2006). Perencanaan Ekowisata Dari Teori Ke Aplikasi. Yogyakarta: Pusat Studi Pariwisata UGM dan Penerbit Andi.

Effendi, Winda Roselina., Lestari, Linayati & Renol, R. (2019). Strategi Pemerintah Dalam Mempromosikan Wisada Bersepeda di Pulau Air Raja, Batam. Jurnal Dimensi, 8 (2), 360-371.

Fandeli, C Muhammad. (2009). Prinsip-prinsip Dasar Mengkonservasi Lanskap. Yogyakarta: Penerbitan Gadjah Mada University Press.

Farhan & Anwar. (2016). The Tourism Development Strategy Based on Rural and Local Wisdom, Asian Social Science; Journal of Sustainable Development. Education Department of Religion, University of Muhammadiyah Gresik. 9 (3).

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Ilmu

Isdarmanto. (2017). Dasar-dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Wisata. Yogyakarta: Penerbit Gerbang Media Aksara dan STiPrAm Yogyakarta.

Nieamah, K, F., Noviana Utami, N., Fiddienika, A., & Purwoko, Y. (2018). Strategi Pengembangan Desa Ekowisata Pampang untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan. Jurnal Khasanah Ilmu. 9 (2).

Pitana & Gayatri. (2005). Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit PT. Andi.

Polnyotee & Thadaniti. (2015). Community-Based Tourism: A Strategy for Sustainable Tourism Development of Patong Beach, Phuket Island, Thailand, Asian Social Science. Chulalongkorn University Social Research Institute. 11 (27).

Purnamasari, Andi Maya. (2011). Pengembangan Masyarakat Untuk Pariwisata di Kampung Wisata Toddabojo Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota. 22 (01).

Ridwan, M. (2012). Perencanaan & Pengembangan Pariwisata. Medan: Penerbit PT. Sofmedia.

Riyady, Fasco Siregar & Nurhayati. (2019). Aspek Yuridis Kewenangan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat dalam Pengelolaan Kawasan Geowisata Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhan Ratu. Jurnal Hukum. 2 (1).

Saputra. I.M. (2015). Pengembangan Geopark Ciletuh Berbasis Partisipasi Masyarakat Sebagai Kawasan Geowisata Di Kabupaten Sukabumi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &. D. Bandung: Penerbit Alpabeta.

Syahiddin, dkk. (2018). Strategy Development of Community Base Tourism in Tidung Island, University of Indraprasta PGRI. 5 (4): 17-21.

Wahyudi, Isa. (2021). Konsep Pengembangan Pariwista. Diakses dari http://cvinspireconsulting.com/konsep-pengembangan-pariwisata/ pada tanggal 8 Mei 2021.

Wazan, S Astuti., R, S Kismartini & Teuku Afrizal, T. (2020). Pengelolaan Kawasan Wisata Suku Anak Dalam Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal PERSPEKTIF. 9 (2) : 418-427.

Zaenuri, M. (2012). Perencanaan Strategis Kepariwisataan Daerah Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: e-Gov Publishing.




DOI: https://doi.org/10.33373/jtp.v6i1.4013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.