IMPLEMENTASI KEBIJAKAN INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT : STUDI TERHADAP APLIKASI SMART IN PIRT DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN BANGKA

Bagas Pati, Komang Jaka Ferdian, Bustami Rahman

Abstract


Perkembangan teknologi informasi di era digitalisasi dan globalisasi berdampak terhadap bidang pelayanan publik dan pemerintahan yang ikut bertransformasi ke arah elektronik atau dikenal dengan e-government. Transformasi digitalisasi pada bidang pelayanan publik dan pemerintah menghadirkan berbagai inovasi untuk mewujudkan transparansi, pengurangan korupsi, peningkatan kenyamanan, pertambahan pendapatan dan pengurangan serta terciptanya tata kelola pelayanan publik dan pemerintahan yang optimal dan lebih baik atau good governance, sehingga diperlukan kebijakan atau relugasi yang tepat agar dalam proses implementasi dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Salah satu inovasi di bidang pelayanan publik yang ada di Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka yang mendapatkan penghargaan dibidang inovasi pelayanan publik yaitu Aplikasi SMART IN PIRT pada tahun 2019, untuk memudahkan pelaku usaha dalam mendapatkan perizinan atau sertifikasi pangan bagi produk industri rumah tangga. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu wawancara, observasi serta dokumentasi dalam menganalisis fenomena. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Implementasi Kebijakan dari Merilee S. Grindle. Hasil dari penelitian ini yaitu implementasi kebijakan inovasi berbasis e-government yaitu aplikasi SMART IN PIRT cukup baik karena dinilai tepat dan memberikan perubahan yang cukup signifikan dalam jumlah penerbitan sertifikat PIRT. Serta dapat mencapai luaran yang diharapkan yaitu memberikan dampak terhadap masyarakat baik secara individu maupun kelompok dan memberikan perubahan serta dapat diterima oleh kelompok sasaran. Namun dipengaruhi oleh integrasi regulasi pusat dan daerah serta beberapa faktor pendorong dan penghambat lainnya.


Keywords


Implementasi Kebijakan; e-government; SMART IN PIRT

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. (1988). Perkembangan dan Penerapan Studi Implementasi. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara RI.

Alim, S., Nisa, A. K., & Hair, A. (2019). New Public Service Kota Bandung Melalui Konsep Smart City. Journal of Politics and Policy, 95-108.

Atthahara, H. (2018). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government: Studi Kasus Aplikasi Ogan Lapian Dinas Komunikasi dan Informatika Di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Politikom Indonesia, 66-77.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. (2020). Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Bangka Tahun 2019-2023. Bangka.

Badan POM RI. (2022). Badan POM RI APLIKASI SPPIRT. Retrieved from Badan POM RI APLIKASI SPPIRT: https://sppirt.pom.go.id/Home

Badan Pusat Statistik. (2020). Statistika Telekomunikasi Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangka. (n.d.). Kabupaten Bangka Dalam Bangka 2022.

Bangka Pos. (2020, Desember Senin). Pemerintah Kabupaten Bangka Berhasil Raih Penghargaan Inovation Government Award (IGA). Retrieved from bangka.tribunmews.com: https://bangka.tribunnews.com/2020/12/21/pemerintah-kabupaten-bangka-berhasil-raih-penghargaan-inovation-government-award-iga

BANGKAPOS. (2019, Mei Senin). BANGKAPOS.COM. Retrieved from bangka.tribunnews.com: https://bangka.tribunnews.com/2019/05/20/permudah-perizinan-pangan-industri-rumah-tangga-dinkes-inisiasi-inovasi-smart-in-pirt

Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka. (2021). Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tahun 2020. Sungailiat: Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka.

Grindle, M. (2017). Politics and Policy Implementation in the Third World. New Jersey: Princeton University Press.

Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pontianak: Perpustakaan Nasional.

Indrajit, R. E. (2002). Electronic Government, Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Tehnologi Digital. Yogyakarta: Andi Offset.

Jati, W. R. (2012). Inkonsistensi Paradigma Otonomi Daerah di Indonesia: Dilema Sentralisasi atau Desentralisasi. Jurnal Konstitusi, 9-15.

Junaidi. (2005). E-Government Dalam Bingkai Reformasi Administrasi Publik Menuju Good Governance. Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik, 58.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara. (2003). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/Kep/M.Pan/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara. (2003). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/Kep/M.Pan/7/2003 TENTANG PEDOMAN UMUM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK. Jakarta.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (2019). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Di Lingkungan Kementrian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, Dan Badan Usaha Milik Daerah. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Bangka. (2019, May 20). Pemkab Bangka Lounching Aplikasi SMART-IN PIRT. Retrieved from bangka.go.id: https://www.bangka.go.id/?q=content/pemkab-bangka-lounching-aplikasi-smart-pirt

Peraturan Bupati Bangka Nomor 25 tahun 2019 Tentang Pengunaan Aplikasi Smart-IN PIRT Dalam Sertifikasi Pangan Industri Rumah Tangga Di Kabupaten Bangka . (2019).

Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2004 Tentang Keamanan Mutu Dan Gizi Pangan. (n.d.).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Kemudahan, Perlindungan, Dan Pemberdayaan Koperasi Dan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. (2021).

Putri, K. A., & Amal, I. (2019). E-PERELEK: PENGUATAN PANGAN MELALUI INOVASI KEBIJAKAN BERBASIS MODAL SOSIAL DAN TEKNOLOGI DI KABUPATEN PURWAKARTA, JAWA BARAT. SIMULACRA, 65-73.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. (2020).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. (2009)

The World Bank. (2015, May 19). The World Bank. Retrieved from e-Government: https://www.worldbank.org/en/topic/digitaldevelopment/brief/e-government




DOI: https://doi.org/10.33373/jtp.v6i2.4600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Flag Counter

Web Analytics

View JTP Statistic

 

Office:

Department of Government Studies, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Riau Kepulauan

unit E

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: jurnaltriaspolitika2017@gmail.com 

________________________________________________________________________________________________________________________________

 

In Cooperation with:                     Powered By: 

   

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Trias Politika (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.