IMPLEMENTASI SLOGAN "JABAR JUARA" DALAM CITY BRANDING SEKTOR PARIWISATA BERBAGAI KOTA DI JAWA BARAT

Susilowati Susilowati, Devy Putri Kussanti

Abstract


ABSTRACT

West Java Province uses the slogan "Jabar Champion" as a city branding step with the aim of achieving West Java Champion both physically and mentally, through innovation and collaboration, namely to realize the 9 main program missions of RINDU, and the fourth mission is "to increase the productivity and competitiveness of the national economy prosperous and just by using digital technology and collaborating with centers of innovation and development activities, one of which is "Tourism Champion". This research is to see how a series of activities to realize the slogan "Jabar Champion" to realize the city branding of several cities in West Java in the tourism sector. The research uses descriptive research methods with qualitative data analysis, with in-depth interpretation based on existing literature. The research tradition used is documentary analysis to analyze documents/libraries in depth to find out the meaning behind the literature. The results of the research are the development of tourism in the West Java region in accordance with the slogan "West Java Champion" a lot of development has been carried out in the tourism sector in accordance with what is contained in the details of the fourth mission in the main program of RINDU and one of them is the 5 programs in "Tourism Champion" all of which have carried out by the West Java Provincial Government, but in the fifth program there is still not much development of tourism human resources available. As the application of the three key strategies in carrying out city branding in the tourism sector, of the three key City Branding strategies, there are still many reports that broadcast about problems that occur in newly inaugurated tourist attractions.

ABSTRAK

Provinsi Jawa Barat menggunakan slogan “Jabar Juara” sebagai langkah branding kota dengan tujuan untuk meraih Jawa Barat Juara lahir dan batin, melalui inovasi dan kolaborasi, yaitu untuk mewujudkan 9 misi program utama RINDU, dan misi keempat adalah “meningkatkan produktivitas dan daya saing perekonomian nasional yang sejahtera dan berkeadilan dengan menggunakan teknologi digital serta berkolaborasi dengan pusat-pusat inovasi dan kegiatan pembangunan, salah satunya “Pariwisata Juara”. penelitian ini  untuk melihat bagaimana sebuah rangkaian dari aktifitas guna mewujudkan slogan “Jabar Juara” untuk mewujudkan city branding beberapa kota di Jawa Barat  dalam sektor pariwisata. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif dengan analisa data kualitatif, dengan interpretasi mendalam berdasarkan studi pustaka yang ada. Tradisi penelitian yang digunakan ialah documentary analysis guna menganalisis dokumen/pustaka secara mendalam untuk mengetahi makna dibalik pustaka tersebut. Hasil penelitian yaitu pengembangan wisata di wilayah Jawa Barat sesuai dengan slogan “Jabar Juara” telah banyak dilakukan pengembangan sector wisata sesuai dengan apa yang terdapat pada rincian dari misi keempat dalam program utama RINDU dan salah satunya adalah 5 program dalam  “Pariwisata Juara”  yang kesemuanya telah dilakukan oleh Pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat, akan tetapi pada program kelima masih belum banyak tersedianya pengembangan sumber daya manusia pariwisata. Sebagai penerapan tiga kunci strategi dalam melakukan branding kota dalam sektor pariwisata, dari ketiga kunci strategi City Branding tersebut masih banyaknya pemberitaan yang menyiarkan mengenai permasalahan yang terjadi pada tempat wisata yang baru diresmikan.


Keywords


Slogan; City Branding; Tourism.

Full Text:

PDF

References


Bapendajabar. (2015). Jangan Lupakan Sektor Pariwisata Sebagai Sumber PAD. Bapenda.jabarprov.go.id. diunduh pada https://bapenda.jabarprov.go.id/2015/11/02/jangan-lupakan-sektor-pariwisata-sebagai-sumber-pad/

Hendriyani, I. G. A. D. (2023a). Siaran Pers: Menparekraf Optimistis Pariwisata ASEAN Mampu Hadapi Tantangan Ekonomi Global. diunduh pada Https://kemenparekraf.go.id/. https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-menparekraf-optimistis-pariwisata-asean-mampu-hadapi-tantangan-ekonomi-global

Hendriyani, I. G. A. D. (2023b). Siaran Pers: Menparekraf: Wisman ke Indonesia pada Desember 2022 Naik 447,08 Persen. diunduh pada Https://kemenparekraf.go.id/. https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-menparekraf-wisman-ke-indonesia-pada-desember-2022-naik-44708-persen

Localise. (2018). jabar juara - Localise SDGs. Localisesdgs-Indonesia.org. diunduh pada https://localisesdgs-indonesia.org/asset/file/2018/10/visi-misi-gub-jabar.pdf

Luthfi, A., & Widyaningrat, A. I. (2018). Konsep City Branding Sebuah Pendekatan “The City Brand Hexagon” Pada Pembentukan Identitas Kota. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Bisnis III (SNMB3). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9178

Mihardja, E. J., Bintoro, K., Saleh, R., & Yusmanizar. (2019). City Branding Strategy and Local Government Readiness. Proceedings of the Third International Conference on Sustainable Innovation 2019 – Humanity, Education and Social Sciences (IcoSIHESS 2019), 353: 206–212.

Mihardja, E. J., Mulyasari, P., Widiastuti, T., & Bintoro, K. (2019). Strategi City Branding (A. Setioningrum (ed.); 1st ed.). Penerbit Universitas Bakrie.

Pratama, B. E. (2022a). Cycling De Jabar 2022 Resmi Digelar, Ajang Promosi Potensi Jawa Barat Bagian Selatan. Diunduh pada Https://disparbud.jabarprov.go.id/. https://disparbud.jabarprov.go.id/cycling-de-jabar-2022-resmi-digelar-ajang-promosi-potensi-jawa-barat-bagian-selatan/

Pratama, B. E. (2022b). Disparbud Jabar Siap Tindak Lanjuti Rencana Pengembangan Kawasan Serta Infrastruktur Prioritas Di Jawa Barat. Https://disparbud.jabarprov.go.id/. diunduh pada https://disparbud.jabarprov.go.id/disparbud-jabar-siap-tindak-lanjuti-rencana-pengembangan-kawasan-serta-infrastruktur-prioritas-di-jawa-barat/

Rahmadi. (2011). Pengantar Metedologi Penelitian (Syahrani (ed.); 1st ed.). Antasari Press.

Romli, R., & Romli, N. A. (2020). Implementasi strategi komunikasi “Bandung Juara” sebagai bagian dari city branding Kota Bandung. PRofesi Humas-Universitas Padjadjaran, 4(2): 263–289. http://jurnal.unpad.ac.id/profesi-humas/article/view/23547/12685

Sarasa, A. B. (2022). Ridwan Kamil Luncurkan Calender of Event 2022, Dongkrak Sektor Pariwisata Jabar. Celebrities.id. diunduh pada https://www.celebrities.id/read/ridwan-kamil-luncurkan-calender-of-event-2022-dongkrak-sektor-pariwisata-jabar-43C1LZ?page=2

Sayoko, J., & Wikantiyoso, R. (2019). Kajian Citra Kota Dalam Branding City Beautiful Malang. Mintakat Jurnal Arsitektur, 20(1): 19–31. https://www.researchgate.net/publication/338175055_KAJIAN_CITRA_KOTA_DALAM_BRANDING_CITY_BEAUTIFUL_MALANG

Sopiatno, B. (2015). Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Tingkat Sekolah Menengah Atas Di Kota Pekanbaru Tahun 2011-2013. Jom FISIP, 2(1): 1–14. https://media.neliti.com/media/publications/32132-ID-implementasi-kebijakan-penerimaan-peserta-didik-baru-ppdb-online-tingkat-sekolah.pdf

Sudrajat, A. (2023). Tahun 2023 Disparbud Jawa Barat fokus kembangkan Desa Wisata. Antaranews.com. diundah pada https://jabar.antaranews.com/berita/426393/tahun-2023-disparbud-jawa-barat-fokus-kembangkan-desa-wisata?page=all

Sudrajat, A., & A, Z. (2023). 108 Duta Pariwisata diharapkan tingkatkan promosi wisata Jawa Barat. Diunduh pada Https://jabar.antaranews.com. https://jabar.antaranews.com/berita/389697/108-duta-pariwisata-diharapkan-tingkatkan-promosi-wisata-jawa-barat?page=all

Sumardi, A. P., Priyowidodo, G., & Tjahjo, J. D. W. (2021). Citra Pemerintah Kota Surabaya Pasca Surabaya Menjadi Zona Merah COVID-19 Di Mata Masyarakat Surabaya. JURNAL E-KOMUNIKASIUNIVERSITAS KRISTEN PETRA, SURABAYA, 9(2): 1–12. https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/download/11522/10129

Syah, H. (2014). Penelitian Deskriptif. Int J Qual Health Care Metode Penelitian Bisnis. Edisi Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga. Retrieved from http://penalaran-unm.org/deskriptif-kuantitatif/

Syarif, M. (2023). Disbudpar Cianjur Gencarkan Promosi Wisata Aman Melalui Medsos. Https://www.neraca.co.id/. diunduh pada https://www.neraca.co.id/article/174374/disbudpar-cianjur-gencarkan-promosi-wisata-aman-melalui-medsos

Wikan, A., Kartika, R., Salsabila, A., & Vardya, R. (2019). PR Indonsia - 74tahun SDM Unggul Indonesia Maju - Digahayu Indonesia - Saatnya rayakan kemerdekaan, saatnya mandiri. In PR Indonesia Megazine (53rd ed., pp. 1–76). PT Media Piar Indonesia. https://m.prindonesia.co/upload/201908.pdf

Yoga, Wi. B. (2018). Perancangan Elemen City Branding Sebagai Upaya Peningkatan Citra Pariwisata Kabupaten Trenggalek. https://repository.its.ac.id/49530/




DOI: https://doi.org/10.33373/jtp.v7i1.5025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Flag Counter

Web Analytics

View JTP Statistic

 

Office:

Department of Government Studies, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Riau Kepulauan

unit E

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: jurnaltriaspolitika2017@gmail.com 

________________________________________________________________________________________________________________________________

 

In Cooperation with:                     Powered By: 

   

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Trias Politika (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.