MARKETING POLITIK PEMENANGAN JOKOWI-JK PADA PEMILIHAN PRESIDEN TAHUN 2014

Linayati Lestari, Alpikri Alpikri

Abstract


Election of President and Vice President of the Republic of Indonesia Year 2014 (2014 presidential election) was held on July 9, 2014 to elect the President and Vice President of Indonesia for the period 2014-2019. Efforts towards the award process, the politicians do the propaganda and agitation against the people (voters) in order that the candidate from the party that wins diusungnya at a general election. This is where the strategy is needed as a vehicle for political dynamic development and as a means to the goal in question.

The problems of research that is how political marketing Joko Widodo-Jusuf Kalla on winning the presidential election of 2014 in the city of Batam. The purpose of this study was to determine political marketing Joko Widodo - Jusuf Kalla on winning the presidential elections in 2014 in the city of Batam. The benefits of this research is theoretically and practically.

The method used in this research is using the qualitative approach with descriptive approach. Data collection techniques used in this study is observation, interview and dokumnetasi.

The results of the study describes the Winning Strategy Joko Widodo-Jusuf Kalla On Presidential Elections of 2014 in the city of Batam (Case Study Sagulung Subdistrict, District Batam City and District Bengkong). Victory Joko Widodo-Jusuf Kalla in the 2014 presidential election in Batam will be seen from the process of political marketing that product offered, promotion is done, the selling price, a prioritized and market segmentation. From the research that has been done can be concluded that the victory of Joko Widodo-Jusuf Kalla at the presidential election in 2014 in the city of Batam, influenced by products that offer is to build elektabilitas candidate in the eyes of society, promotion done is to convey the benefits of its products to the public in the form of banners, billboards , tabloids and pamphlets. Selling prices here focuses on the psychological price to image nationally be a price to pay. Place priority aims to establish communication with the voters as the campaign must touch all levels of society. Market segmentation is done is to investigate complaints of people who are not uniform. To get the victory Joko Widodo-Jusuf Kalla, the more accurate the 2014 presidential election should be held for further research in terms of other strategies.


Keywords: election, marketing, strategy, politic, presidential election

 

Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Tahun 2014 (Pilpres 2014) dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2014 untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden Indonesia untuk periode 2014-2019. Upaya menuju proses pemenangan, para politisi melakukan propaganda dan agitasi terhadap masyarakat (pemilih) agar calon dari partai yang diusungnya menang pada saat pemilihan umum. Di sinilah strategi dibutuhkan sebagai wahana perkembangan dinamika politik dan sebagai alat menuju cita-cita yang dimaksud.

Rumusan masalah dari penelitian yaitu bagaimana marketing politik Joko Widodo-Jusuf Kalla pada pemenangan pemilihan Presiden Tahun 2014 di Kota Batam. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui marketing politik  Joko Widodo-Jusuf Kalla pada pemenangan pemilihan presiden tahun 2014 di Kota Batam. Manfaat dari penelitian ini yaitu secara teoritis dan secara praktis.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunkan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumnetasi.

Kemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla pada Pilpres 2014 di Kota Batam akan dilihat dari proses marketing politik yaitu produk yang ditawarkan, promosi yang dilakukan, harga jual, tempat yang diprioritaskan dan segmentasi pasar. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla pada  pilpres 2014 di Kota Batam, di pengaruhi oleh produk yang tawarkan adalah untuk membangun elektabilitas calon dimata masyarakat, Promosi yang dilakukan adalah untuk menyampaikan keunggulan produknya kepada masyarakat  baik berupa spanduk, baliho, tabloid dan pamplet. Harga Jual disini menitik beratkan pada harga secara psikologis hingga citra secara nasional menjadi harga yang harus dibayar. Tempat yang diprioritaskan bertujuan untuk membangun komunikasi dengan pemilih karena kampanye harus menyentuh semua lapisan masyarakat.  Segmentasi pasar  dilakukan adalah untuk mengetahui keluhan-keluhan masyarakat yang tidak seragam. Untuk mendapatkan proses kemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla yang lebih akurat pada pilpres 2014 perlu diadakan penelitian lebih lanjut yang ditinjau dari strategi lainnya.

 

Kata Kunci : Pemilihan Umum, Marketing, Strategi, Politik, Pemilihan Presiden

 


Full Text:

PDF

References


Abu Nashr Muhammad Al-Iman, Membongkar Dosa-dosa Pemilu, Jakarta, Prisma Media, 2004.

Anman Nursal, Political Marketing, Strategi Memenangkan Pemilu sebuah pendekatan baru kampanye Pemilihan DPR, DPD, Presiden, Jakarta, Gramedia, 2004.

Bogdan dan Biklen, Qualitative Research For An Introduction The Teory And Method, London. 1982

Cangara, Komunikasi Politik: Konsep Teori & Strategi., Jakarta, Raja Grafindo Persada 2014.

Cravens, David W., Strategic Marketing (Fifth Edition). USA: Mc-Graw Hill, 2000.

Firmanzah, Marketing Politik: Antara Pemahaman dan Realitas Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.

--------------, Marketing Politik; Antara Pemahaman dan Realita, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2007.

Haryatmoko, Etika Politik dan Kekuasaan Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2003

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi, Metode Penelitian Survei, Jakarta, LP3ES, 1989.

Maurice Duverger, Sosiologi Politik, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2010

Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2006.

Nasution, Metode Research : Penelitian Ilmiah, Jakarta, Bumi Aksara, 2003.

Richard Harker, dkk. (Habitus x Modal + = Praktek) Pengantar Paling Komprehensif kepada Pemikiran Pierre Boudieu, Yogyakarta, Jalasutra, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2012.

------------, Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Ketujuh, Bandung, Alfabeta. 2006.

Sutopo, H.B. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta : UNS Press, 2002.

B. Undang-undang

Undang-undang Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

Undang-undang Nomor 42 Tahun 2008 Tentang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden

C. Makalah, Karya Ilmiah, Jurnal, Website

Agus Satmoko Adi, Lihat di https://www.scribd.com/doc/254127001/Strategi-Pemenangan-Jokowi- JK- Pada- Pemilu- Ppresiden- 2014 - Studi- Pada- Tim- Pemenangan- Koalisi - Indonesia-Hebat-Jawa-Timur. diakses pada hari Jumat tanggal 13 Mei 2016 jam 22.15 Wib.

Aima, Marketing Politik, lihat di http://teratae.blogspot.co.id/2011/12/marketing-politik.html , diakses pada hari Kamis Tanggal 12 Mei 2016 jam 21,10 Wib.

http://www.republika.co.id/berita/pemilu/menuju-ri-1/14/ 04 / 11 / n3 umy5- ini- daftar- nama- kandidat-cawapres-jokowi-versi-pdip diakses tanggal 23 oktober 2014, pukul 09:24 WIB.

Joko Utomo Hadibroto, “Strategi Komunikasi Politik SBY-MJK dalam Menggunakan Media Massa pada Pilpres putaran pertama 5 Juli 2004 di Surakarta”( Surakarta: FISIP UNS , 2005) Skripsi Ilmu Komunikasi, hlm. 5.

Kristina, Isu Strategis Dalam Penyelenggaraan Pilihan Kepala Daerah Langsung. Dalam Jurnal Dinamika VOL. 5 NO.1 Th.2005.

Pangi Syawi Chaniago, Political Marketing, Lihat di http: // www. Pangisyarwi .com, diakses pada hari Minggu tanggal 7 Februari 2016 jam 8.15 Wib.

Rauf, Maswadi. Perkembangan UU Politik Pasca Amandemen UUD 1945. Makalah yang disajikan dalam Seminar dan Lokakarya Pembangunan Hukum Nasional VIII yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional di Denpasar, Bali, pada tanggal l4-18 Juli 2003.

Saldi Isra, Jurnal Konstitusi Pusat Studi Konstitusi Universitas Andalas (PUSAKO): Pemilihan Presiden Langsung dan Problematik Koalisi Dalam Sistem Presidensial. (Jakarta: Mahkamah Konstitusi RI, 2008), Volume II No. 1 Edisi Juni 2009.

Wikpedia, Lihat di http://id.wikipedia.org/wiki/Pemilihan _umum_Presiden_ Indonesia_2014 di akses pada hari minggu tanggal 5 Oktober 2014 pada pukul 9.18 Wib.




DOI: http://dx.doi.org/10.33373/jtp.v1i1.720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.