OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAT BENAI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Sarjan Misja, Emilia Emharis, Desriadi desriadi, Shilvirichiyanti Shilvirichiyanti

Abstract


Pelayanan selalu menjadi sebuah pembicaraan ditengah-tengah masyarakat banyak atau sering disebut dengan issu publik. Menurut Kotler, setiap kegiatan dan juga tindakan yang ditawarkan oleh pihak yang satu kepada pihak yang lain selalu didasarkan pada hal yang tidak berwujud sehingga tidak mengakibatkan bentuk kepemilikan apapun. Semua proses produksi dapat dihubungkan satu produk fisik. Dari penjelasan itu, pengertian pelayanan bisa diartikan sebagai perilaku produsen untuk memenuhi kebutuhan konsumen demi tercapainya kepuasan. Dalam penyelenggaraan pelayanan oleh pemerintah, khususnya pada Kantor Camat Benai Kabupaten Kuantan Singingi, kepuasan masyarakat merupakan tolak ukur keberhasilan pemerintah khusus Kantor Camat Benai Kabupaten Kuantan Singingi dalam menyediakan pelayanan publik. Dengan cara mengetahui apakah layanan kepada masyarakat tersebut sudah terpenuhi dan sesuai dengan yang diwajibkan oleh Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi yang termuat dalam Standar Pelayanan Minimal terhadap kebutuhan masyarakat dan harapan atas layanan yang masyarakat terima yang memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi relatif terjangkau dan mutu pelayanan itu sendiri memiliki muatan yang transparan, adil, partisipatif dan dapat dipertanggungjawabkan produk layananannya. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan, dapat diktehui bahwa pelayanan publik di Kantor Camat Benai Kabupaten Kuantan Singingi sudah cukup Optimal.



Keywords


Optimalisasi, Pelayanan Publik, Kuantan Singingi

Full Text:

PDF

References


Achmadi, Abu dan Cholid Nurboko. (2010). Metode Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.

Agustino, Leo. (2008). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung, Alfa Beta.

Alwi, Hasan. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Anwar Prabu Mangkunegara. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Dantes, Nyoman. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Dewi, Irra Chrisyanti. (2011). Pengantar Ilmu Administrasi. PT Prestasi Jakarta Pustakaraya

Hasibuan, Malayu S.P. (2009). Manajemen (Dasar, Pengertian, dan Masalah). Jakarta: Bumi Aksara.

Kadarisman, M. (2013). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali Pers.

Syafiie, Inu kencana. (2005). Pengantar Ilmu Pemerintahan. Bandung: PT Refika Aditama

_________________. (2003). Sistem Administrasi Republik Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

_________________. (2006). Ilmu Administrasi Publik. Jakarta: Rineka Cipta.

_________________. (2003). Sistem Administrasi Negara Republik Indonesi. Bandung: Bumi Aksara.

Umam, Khaerul. (2010). Perilaku Organisasi CV. Pustaka Setia

Kumorotomo, Wahyudi. (2001). Etika Administrasi Negara. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Malayu, S.P. Hasibuan. (2005). Organisasi dan motivasi, dasar peningkatan produktivitas. Bumi Pusaka

Manulang. (2004). Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta : Gajah Mada University

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Tead, Ordway. (2002). Organisasi dan Management. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Astuti, Retno Sunu. (2014). Penguatan Governance dan Kelembagaan dalam meningkatkan daya saing bangsa. Semarang: UNDIP

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

________. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

________. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharto, Edi. (2005). Formulasi Kebijakan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulistio, Eko Budi dan Rahayu Sulistiowati. (2015). Azas-azas Manajemen. Bandar Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja (AURA).

Sutrisno, Edi. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Kencana Prenada Media Group.

Terry, George. (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta. PT. Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.33373/jtp.v6i1.3975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Web Analytics

View JTP Statistic

 

Office:

Department of Government Studies, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Riau Kepulauan

unit E

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: jurnaltriaspolitika2017@gmail.com 

________________________________________________________________________________________________________________________________

 

In Cooperation with:                      Powered By:

  

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Trias Politika (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.